ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL PELUANG SEBAGAI PENGUASAAN DASAR MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI
Keywords:
Kesalahan mahasiswa, Peluang, Persentase kesalahan, Matematika ekonomiAbstract
Peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika bertajuk peluang sebagai penguasaan dasar pada mata kuliah matematika ekonomi. faktor kesalahan ini harus diketahui agar lebih mudah mendapatkan solusi dan bagian yang perlu ditekankan saat pembelajaran. Penelitian ini meruapakan penelitian deskriptif kualitatif untuk menganalisis dan menguraikan jenis-jenis kesalahan yang mahasiswa lakukan ketika mengerjakan pertanyaan matematika peluang. Subjek penelitian ini ialah 5 mahasiswa PSPM 2021 Universitas Negeri Medan. Tes tertulis menjadi teknik pengumpulan data. Hasil analisis kesalahan siswa yang diperoleh 100% kesalahan konseptual dengan standar kesalahan “sangat tinggi”, 33,3% kesalahan prinsip dengan standar kesalahan “sangat rendah”, 50% kesalahan operasi dengan tingkat kesalahan “sangat rendah”. Hal ini mengarah pada kesimpulan bahwa kesalahan pengerjaan mahasiswa tentang materi peluang rendah, dan pendidik harus memperhatikan pengetahuan, menekankan pada bagian-bagian penting yang digunakan mahasiswa.
References
Damayana, R., Andinasari, & Lusiana. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Peluang Melalui Model Discovery Learning. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 223-232.
Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 215-240.
Kim, H., Sefcik, J. J., & Bradway, C. (2016). Characteristics Of Qualitative Descriptive Studies: A Systematic Review. Research In Nursing And Health.
Kusnayat, A., Muiz, M. H., Mansyur, A. S., & Zaqiah, Q. Y. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran , 153-165.
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 33-39.
M Nasution Dan J Mursel. (1995). Mengajar Dengan Sukses (Succesful Teacing). Jakarta: Bumi Aksura.
Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resilensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 819-826.
Nurlita Rosma, U. B. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Proses Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Peka, 53-60.
Polit, D. F., & Beck, C. T. (2004). Nursing Research: Principles And Methods (7th Ed.). Philadelphia, Pa: Lippincott Williams & Wilkins. Polit, D. F., & Beck, C. T. (2009). International Differences In Nursing Research, 2005–2006. Journal Of Nursing Scholarship, 41, 44–53. Doi: 10.1111/J.1547–5069.2009. 01250.X
Ridwan, M. (2017). Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 193-205.
Rosma. 2007. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Integral Pada Siswa Kelas Xi Smu Muhammadiyah 6 Makassar. Skripsi. Makassar: Fkip Universitas Muhammadiyah Makassar.
Rosyidi, A. M., & Madya, W. A. (2017). Model Dan Strategi Pembelajaran Diklat (Kajian Alternatif Yang Efektif). Andragogi Jurnal Diklat Teknis, 100-111.
Saadati, B. A. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar Muhamad Sadli. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 151-164.
Siregar, T. M., Ritonga, A., Ruslan, D., & Indah, N. (2022). Matematika Ekonomi Case Methode Edisi 2. Medan: Lppm Unimed.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabet
Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Desktriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling. Quanta, 83-91.
Yusanto, Y. (2019). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal Of Scientific Communication, 1-13.
Zain, A. N., Supardi, L., & Lanya, H. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Materi Trigonometri. Sigma, 12-16.