PENGARUH PERMINTAAN DAN PENAWARAN TERHADAP PEREKONOMIAN

Main Article Content

Nela Emelia Samosir
Nuraifah Siagian
Rahmi Radita Nst
Suci Frisnoiry

Abstract

Permintaan dan penawaran adalah faktor utama yang mempengaruhi perekonomian. Dalam sistem perekonomian, permintaan dan penawaran merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dipahami, agar mengetahui apa saja yang terjadi dalam suatu pasar. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh permintaan dan penwaran terhadap ekonomi. Dalam penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan memperoleh dan menganalisis informasi dari berbagai buku dan jurnal. Hasil penelitian yaitu permintaan dan penawaran berpengaruh terhadap harga, permintaan dan penawaran berpengaruh terhadap produksi, permintaan dan penawaran berpengaruh terhadap lapangan kerja, permintaan dan penawaran berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Dalam menentukan strategi bisnis, produsen dan konsumen harus memperhitungkan faktor-faktor permintaan dan penawaran agar dapat beradaptasi dengan perubahan pasar yang terus berubah.

Article Details

How to Cite
Samosir, N. E., Siagian, N. ., Radita Nst, R. ., & Frisnoiry, S. . (2023). PENGARUH PERMINTAAN DAN PENAWARAN TERHADAP PEREKONOMIAN. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(8), 1799–1805. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3340
Section
Articles

References

Arida, A., Zakiah, Z., & Julaini, J. (2015). Analisis Permintaan Dan Penawaran Tenaga Kerja Pada Sektor Pertanian Di Provinsi Aceh. Jurnal Agrisep, 16(1), 66-78.

Baharuddin. (2017). Mikroekonomi. Bogor : IPB Press.

Dinar, M. dan Hasan M.(2018). Pengantar Ekonomi: Pengantar dan Aplikasi. Makasar: CV. Nur Lina

Fatimah, A. T., Effendi, A., & Amam, A (2018). Koneksi Matematis Pada Konsep Ekonomi Permintaan dan Penawaran). Jurnal Teori dan Riset Matematika (Teorema), 2(2): 107-116.

Febianti, Y. N. (2014). Permintaan dalam ekonomi mikro. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1).

Guiso, L., Herrera, H., Morelli, M., & Sonno, T. (2017). Demand and supply of populism. London, UK: Centre for Economic Policy Research.

Kartiningsih, E. D. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. Mojokerto: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit Mojokerto.

Kasdi, A. (2016). Permintaan dan Penawaran dalam Mempengaruhi Pasar (Studi Kasus di Pasar Bintoro Demak). Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 4(2), 18-34.

Marlina, E., & Ruhiat, D. (2018). Penerapan sub pokok fungsi pada matematika ekonomi terhadap fungsi permintaan dan fungsi penawaran. Jurnal Ilmiah Akuntansi FE UNIBBA, 9(2), 90-96.

Septiadi, D., & Joka, U. (2019). Analisis Respon dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Beras Indonesia. AGRIMOR, 4(3), 42-44

Sibuea, S., Sebayang, T., & Lubis, S. N. (2013). Analisis Keseimbangan Penawaran dan Permintaan Jagung di Sumatera Utara. Journal of Agriculture and Agribusiness Socioeconomics, 2(10), 15137.

Siregar, dkk. (2022). Matematika Ekonomi Case Methode. Medan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNIMED

Soegiarto, H. E., & Sunarto, H. (2019). Pengantar Teori Ekonomi ( Ekonomi Mikro, Ekonomi Makro). Tangerang : Indocamp.

Venny, S., Asriati, N., (2022). Permintaan dan Penawaran dalam Ekonomi Mikro. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(1), 185-194.

Zamili, N., Harahap, G., & Siregar, R. S. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran Cabe Merah. Jurnal IlmiahPertanian(JIPERTA), 2(1), 77- 86.

Most read articles by the same author(s)