ANALISIS PEMAHAMAN SISWA MENENGAH PERTAMA MENGENAI SOAL PERSAMAAN GARIS SINGGUNG PERSEKUTUAN DALAM DUA LINGKARAN DALAM TINGKATAN TAKSONOMI BLOOM C4-C6

Main Article Content

Suci Frisnoiry
Silvia Dwi Putri
Viola Sari Br Ginting
Winda Hutahaean

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagimana pemahaman siswa SMP mengenai permasalahan/soal tentang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran dalam level c4-c6 taksonomi bloom. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan subyek penelitian adalah siswa SMPN 8 Pematang siantar yang diambil berdasarkan instrument tes. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan lembar kerja kepada para siswa. Untuk analisis data dilakukan dengan memeriksa lembar kerja siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang belum bisa menjawab soal dalam tingkatan c4-c6 taksonomi bloom. Kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal hots sebagian besar karena kesalahan dalam memahami maksud dari soal yang diberikan, kemudian kesalahan transformasi dan keterampilan proses, sehingga menyebabkan penulisan jawaban akhirnya menjadi salah.

Article Details

How to Cite
Frisnoiry, S., Putri, S. D. ., Ginting, V. S. B. ., & Hutahaean, W. . (2023). ANALISIS PEMAHAMAN SISWA MENENGAH PERTAMA MENGENAI SOAL PERSAMAAN GARIS SINGGUNG PERSEKUTUAN DALAM DUA LINGKARAN DALAM TINGKATAN TAKSONOMI BLOOM C4-C6. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(8), 1835–1843. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3300
Section
Articles

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom Dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika Smp. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika , 72-78.

Gumilang, G. S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2).

Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 21-32.

Lumbantobing, L. M. D. (2021). Studi Literatur: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Meningkatkan Hasil Belajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa (Doctoral Dissertation, Unimed).

Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan. Edisi: Jurnal Edukasi Dan Sains, 133-139.

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Harfa Creative.

Paloloang, M. F. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran Di Kelas Viii Smp Negeri 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako.

Rani, S. P. (2022). Pengembangan Instruments Tes Berbasis Hots (High Order Thinking Skill) Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X Di Ma Al-Makhrusiyah Kota Kediri Tahun 2021/2022 (Doctoral Dissertation, Iain Kediri).

Ruwaida, H. (2019). Proses Kognitif Dalam Taksonomi Bloom Revisi: Analisis Kemampuan Mencipta (C6) Pada Pembelajaran Fikih Di Mi Miftahul Anwar Desa Banua Lawas. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 51-76.

Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Iffah, J. D. N., ... & Sulistiana, D. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Unisma Press.

Sartika, G. P., & Puspitasari, N. (2013). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Antara Yang Mendapatkan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Dengan Model Pembelajaran Guided Note Taking. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 87-98.

Suprianto, S., Prayitno, S., Karim, K., Darmadi, D., & Wihardjo, E. (2020). Profil Pemahaman Siswa Sma Level Iq Normal Tentang Konsep Jarak Titik Ke Garis Ditinjau Dari Perbedaan Gender.

Widodo, S. A., & Sujadi, A. A. (2015). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Trigonometri. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora.

Most read articles by the same author(s)