MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN PLOTAGON STORY

Main Article Content

Bunga Aulia Syafira Mulita
Fauziah Azizah Batubara
Romastrika Enjelika Manik
Suci Frisnoiry

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar para siswa setelah menonton video pembelajaran pada materi himpunan, siswa diberikan video pembelajaran yang dibuat menggunakan aplikasi plotagon story. Kemudian Siswa di berikan beberapa soal untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menonton video pembelajaran. Kemudian diambil 6 orang siswa untuk dijadikan subjek penelitian. penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data melalui google formulir data yang terkumpul di analisis dengan teknik kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa hanya sedikit pengerjaan soal yang salah dan selebihnya benar. Dari angket pertanyaan, jawaban positif dari siswa yang mana video pembelajaran sangat membantu pembelajaran. Pada Penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa video pembelajaran bisa dijadikan bahan ajar oleh guru karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Article Details

How to Cite
Syafira Mulita, B. A., Batubara, F. A., Manik, R. E., & Frisnoiry, S. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN PLOTAGON STORY. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1074–1081. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3259
Section
Articles

References

Aditya Rahmawati, H. (2021). Penerapan Video Pembelajaran Untukmeningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas Vii Smp Negeri 2 Kota Bengkulu. Pendipa Journal Of Science Education, 251-255.

Amir Mahmud, R. W. (2020). Himpunan Teori Dan Contoh Soal. Malang: Ahlimedia Press.

Assagaf, G. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 56-67.

Azhar, S. (2015). Media Pembelajaran. Grup Media Prenada.

Darwanto, K. B. (2020). Teori Himpunan. Lampung: Universitas Muhammadiyah Kotabumi .

Frila Delima, E. S. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Himpunan Menggunakan Pendekatan Open Ended Berbantuan Video Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, Vol 5.

Mirawati Hutuji, A. N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Matematika Terhadaphasil Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Educator : Directory Of Elementary Education Journal, 43-57.

Mohammad Faizal Amir, M. B. (2016). Buku Ajar Matematika Dasar. Sidoarjo: Umsida Press.

Mustofa, M. A. (2021). The Effectiveness Of Plotagon Story Aplication In Improving Students' Understanding Of Set Consepts. . Journal Of Physics Conference Series.

Ponidi. S.Pd, M. N. (2020). Modul 3 Himpunan. Jakarta: Direktorat Sekolah Menengah Pertama.

Rahmawati, I. &. (2021). Pengaruh Media Video Pembelajaran Plotagon Story Terhadap Pemahaman Konsep Himpunan Pada Siswa Sma. Edusains, 1-16.

Rini, R. &. (2016). Teori Himpunan. Universitasterbuka.

Suparno, S. (2013). Diskrit Matematika Untuk Informatika. Penerbit Andi.

Suprijono, A. (2010). Teori Pembelajaran Kooperatif Dan Aplikasi Paikem. Pustaka Pelajar.

Williams, R. (2018). Animation In The Classroom: Creative Approaches For Learning. Routledge.

Most read articles by the same author(s)