MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DENGAN MENGGUNAKAN BEBERAPA MODEL PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF

Main Article Content

Ria Agustina
Salsabilah Daryani
Suci Frisnoiry
Syaharani Sunggu Aritonang

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan informasi kepada guru mengenai model pembelajaran yang efektif agar dapat merangsang siswa belajar aktif, berorientasi pada proses, mengarahkan sendiri, mencari sendiri, dan reflektif sehingga siswa memiliki sikap mandiri dalam belajar serta mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan (Library Research). Pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, yaitu melacak sumber tertulis yang berisi berbagai tema dan topik yang dibahas. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari hasil-hasil penelitian yang sudah dilakukan dan diterbitkan dalam jurnal penelitian yang dipublikasikan di internet menggunakan Research Gate dan Schoolar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan mengatasi suatu kesulitan pada matematika dengan serangkaian proses dan strategi untuk mencapai tujuan tertentu. Strategi pembelajaran yang lebih berorientasi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Relasi dan Fungsi dapat menggunakan beberapa model pembelajaran yang efektif, antara lain yaitu model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT), dan Model Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS).

Article Details

How to Cite
Agustina, R., Daryani, S. ., Frisnoiry, S. ., & Aritonang, S. S. . (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DENGAN MENGGUNAKAN BEBERAPA MODEL PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1062–1073. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3298
Section
Articles

References

Aini, J., Suryawati, & Umam, K. (2017). Hasil Belajar Siswa melalui Model Problem based Learning pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematik, 2(2), 45-55.

Ambarwati, S., & Hali, F. (2021). Keefektifan Think Pair Share (TPS) Dalam Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 181-190.

Angelika, E., & Surya, E. (2020). Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematis melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM).

Arafani, E. L., Herlina, E., & Zanthy, L. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa SMP Dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika, 03(02), 323-332.

Asrika, N., Harini, E., & Agustito, D. (2020). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 185-192.

Damayanti, R. (2021). Relasi dan Fungsi. Jawa Timur: Pemeral Edukreatif.

Darwani, Harun, M., & Suhartati. (2019). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Materi Relasi dan Fungsi Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 3(2), 41-47.

Fadillah, S., & Surya, E. (n.d.). Analisis Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Kubus. 2019.

Harefa, M., & Surya, E. (2020). Beberapa Model Pembelajaran Yang Efektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa.

Hasanah , A. U., & Imami, A. I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis SiswaKelas IX SMP Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Educatio, 8(1), 290-302.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1-27.

Latifah, S. S., & Luritawaty, I. P. (2020). Think Pair Share Sebagai Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 35-46.

Martin, R., & Surya, E. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Geometri. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 104-111.

Pandiagan , L. W., & Surya, E. (2020). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Swasta Santa Maria Medan. Jurnal Inspiratif, 6(1), 1-13.

Pendy, A., & Mbagho, H. M. (2021). Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Pada Materi Pokok Relasi dan Fungsi. Jurnal Basicedu, 5(1), 165-177.

Pratiwi, R., & Musdi, E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 10(1), 85-91.

Putri, N. E., Syahputra, E., & Mulyono. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Budaya Minangkabau Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Journal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 339-348.

Roziq, M. F., & Trimurtini. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran CTL Dengan Tangram Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Joyful Learning Journal, 8(1), 31-37.

Sholeka, I. K., Zainudin, M., & Mujahidin, A. (n.d.). Studi Meta-Analisis Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together). Jurnal Pendidikan Edutama, 1-14.

Siahaan, E., & Surya, E. (2020). Analisis Pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Pelajaran Matematika.

Sinurat, G. M., & Surya, E. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga.

Syahfitri, K., & Saputri, A. (2017). Perbedaan Hasil Belajar siswa yang Diajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dan Tipe Students Team Achievement Division (Stad) Pada Materi Relasi Dan Fungsi Di Kelas VIII SMP. SEMNASTIKA UNIMED.

Tinambunan, D. D., Fathurrohman, M., & Khaerunnisa, E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 2(1), 30-55.

Yulia, N., & Surya, E. (2017). Dampak Numbered Head Together Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP.

Zebua, F. J. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP Negeri 2 Toma Tahun Pembelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-15.

Most read articles by the same author(s)