IDENTIFIKASI KESALAHAN JAWABAN SISWA KELAS VII SMP DALAM MEMECAHKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI DERET GEOMETRI

Main Article Content

Boreki Ambarita
Paguita Hura
Suci Frisnoiry
Tria Angrelina Simanullang

Abstract

Tujuan dari penelitian ialah untuk mengidentifikasi jenis kesalahan yang dilakukan siswa serta faktor penyebab dalam memecahkan soal materi deret geometri. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yaitu menggunakan metode Studi Kasus dengan tujuan peneliti yang ingin mengkaji secara mendalami mengenai faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal deret geometri. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah dari tes soal yang berikan siswa secara online. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes soal yang telah dibuat oleh peneliti. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan triangulasi teknik. Kesalahan yang dilakukan siswa meliputi kesalahan konsep, kesalahan prosedural, dan kesalahan operasi bilangan. Hasil dalam penelitian ini yaitu terdapat faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan yaitu kesalahan konsep, procedural, serta kesalahan dalam operasi.

Article Details

How to Cite
Ambarita, B., Hura, P. ., Frisnoiry, S. ., & Simanullang, T. A. . (2023). IDENTIFIKASI KESALAHAN JAWABAN SISWA KELAS VII SMP DALAM MEMECAHKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI DERET GEOMETRI . Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(8), 1774–1781. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3338
Section
Articles

References

Afriansyah, E. A. (2012). Implementasi PMRI dalam Materi Sifat Komutatif dan Assosiatif pada Bilangan Bulat untuk Level Siswa SD/MI. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 67-72.

Sudoyono, E. (2017). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Analisis Newman . Jurnal Pendidikan Matematik , 295-302.

Sunardiningsih, G. W., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan analisis newman. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 41-45.

Winata, R., Friantini, R. N., & Sukirno, S. (2021). E-Learning: Kemandirian Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Pembelajaran dengan Google Classroom. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 148-157

Agustin, R. R. (2018). Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabe. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika , 25-34.

Amir, M. F. (2017). Identifikasi Kesulitan Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Open Ended Materi Nilai Mutlak. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1-15.

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakag) di SMPn Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDUMAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2 .644

Nuryah, M., Ferdianto, F., & Supriyadi. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 63-70.

Rahmasari, F., Lea, M. A., Aisawa, R., & Ramadhani. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Nilai Mutlak pada Materi Bilangan Real. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 247-255.

Sari, M. Y., & Prihatnani, E. (2021). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dari Penerapan Problem Solving dan Problem Posing pada Siswa SMA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (September), 471–482.1

Putro, P. C., & Setyadi, D. (2022). Pengembangan Komik Petualangan Zahlen Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika , 11 (1), 131-142.

Rachma, N., Setyadi, A., & Mampouw, H. J. (2020). The Effect of Guided Inquiry Learning Model on Student's Learning Outcome in Mathematical Literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1521(2), 022006.

Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan soal cerita persamaan linier satu variabel. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematik, 1(2), 165–174.

Kastolan, I. D. H., Ramlah, & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Berdasarkan Tahapan. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(1).

Lailatun Najahah, Mochammad Ahied, Irsad Rosidi, & Fatimatul Munawaroh. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesalahan yang Dilakukan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS: Analisis Newman. Jurnal Natural Science Educational Research, 4(3), 193.

Most read articles by the same author(s)