ANALISIS PELUANG USAHA EVENT ORGANIZER

Main Article Content

Viola Taruli Manna Parhusip
Christian Wiradendi Wolor
Marsofiyati Marsofiyati

Abstract

Pandemi COVID-19 telah mempengaruhi banyak bisnis atau industri, termasuk industri event organizer. Namun, seiring dengan adanya vaksinasi dan protokol kesehatan yang ketat, peluang usaha event organizer bisa tetap ada dengan memanfaatkan platform digital dan mengadakan acara dengan kapasitas terbatas atau bahkan acara virtual. Pandemi COVID-19 memberikan tantangan baru bagi industri event organizer dan membuka peluang untuk berkembang dan beradaptasi dengan cara yang inovatif dan kreatif. Oleh karena itu, peran event organizer menjadi sangat penting dalam menghadapi pandemi COVID-19 agar acara dapat berlangsung dengan aman dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peluang usaha pada event organizer saat ini dan mengetahui lebih dalam peran-peran event organizer. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Peneliti menganalisis data secara deskriptif, dengan memaparkan peran-peran event organizer. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu, terdapat peluang usaha event organizer saat ini yang dapat dilakukan mahasiswa dan terdapat beberapa peran event organizer yang belum diketahui mahasiswa.

Article Details

How to Cite
Parhusip, V. T. M., Wolor, C. W., & Marsofiyati, M. (2023). ANALISIS PELUANG USAHA EVENT ORGANIZER. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(7). Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3263
Section
Articles

References

Abdullah, D., & Septiany, F. R. (2019). Pengaruh Motivasi Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha:(Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka). Jurnal Co Management, 1(2), 316-331.

Indrajaya, Titus. (2015). Potensi Industri MICE (Meeting, Incentive, Conference And Exibition) di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Jurnal Ilmiah WIDYA, Vol. 3, No. 2

Juwita Puspa. (2020). Penerapan Konsep Komunikasi Pemasaran Pada Event Organizer Nuansa Dalam Menyelenggarakan Acara Konser Musik. Umsu Repository, 26–27.

Megawati, F. (2016). Kesulitan mahasiswa dalam mencapai pembelajaran bahasa Inggris secara efektif. PEDAGOGIA: Jurnal pendidikan, 5(2), 147-156.

Merakati, I., Rusdarti, R., & Wahyono, W. (2017). Pengaruh orientasi pasar, inovasi, orientansi kewirausahaan melalui keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran. Journal of Economic Education, 6(2), 114-123.

Nanda Zenmira, K. (2022). Manajemen Event Gandheng Renteng oleh Komunitas Guru Seni dan Seniman Pasuruan (KGSP) (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Pradipta, I. B., Dienaputra, R. D., & Septiani, A. (2021). Fashion Streetwear Sebagai Penunjang Musisi Indie di Kota Bandung (1990-2004). Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 5(1), 79-100.

Purnomo, R. A. (2016). Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia. Ziyad Visi Media.

Ritonga, Z. (2020). Buku ajar manajemen strategi (teori dan aplikasi). Deepublish.

Sari, D. P. (2022). Pemanfaatan NFT Sebagai Peluang Bisnis Pada Era Metaverse. Akrab Juara: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 7(1), 237-245.

Suryanto. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Pustaka Setia

Suseno, KRMT. I. K. 2013, Cara Pintar Jadi Event Organizer, Penerbit: Galang Press. Yogyakarta

Most read articles by the same author(s)