ANALISIS SWOT PADA UMKM PISANG LUMER CRISPY (BANABOW)
Keywords:
Kewirausahaan, UMKM, Analisis SWOTAbstract
Kewirausahaan ialah keterampilan kreatif serta inovatif yang berupaya mengidentifikasi peluang dan selalu terbuka terhadap setiap masukan serta perubahan positif yang bisa membantu perusahaan berkembang. Terdapat peluang dan inovasi asal wirausaha sebagai akibatnya timbul pandangan baru produk, untuk membuat pendapatan harus terdapat strategi pemasaran yg baik (mencapai tujuan asal strategi pemasaran) sebagai akibatnya masyarakat dapat mengenal produk tersebut. Analisis SWOT ialah metode analisis perencanaan strategis yang dipergunakan buat memantau dan mengevaluasi lingkungan eksternal dan internal perusahaan pada kaitannya dengan tujuan usaha tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman bagi produk UMKM Pisang Lumer Cispy BanaBow. Data yg diperoleh berasal dari studi literatur terhadap jurnal-jurnal yang terdapat sebagai data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis SWOT mampu memberikan hasil berupa analisis yang cukup tajam bagi pemangku kepentingan UMKM buat mengambil tindakan mempertahankan kekuatannya sekaligus mempertinggi manfaatnya sesuai peluang yang ada sekaligus mengurangi kelemahannya dan juga menghindari ancaman.
References
Acamedia. (n.d.). Membangun Usaha Kreatif Dan Inovatif. Retrieved May 21, 2023, from https://www.academia.edu/download/62846836/223703-membangun-usaha-kreatif-inovatif-1_120200406-48380-1yh0v9e.pdf
Adhitya, I., & Chrismastianto, W. (2017). Analisis Swot Implementasi Teknologi Finansial Terhadap Kualitas Layanan Perbankan Di Indonesia (Vol. 20, Issue 1). https://pdfs.semanticscholar.org/f2f2/8809b051ae5b923e7b8690358e7a3ce7467a.pdf
Atikatul Latifah. (2021). Rencana Bisnis Pisang Coklat Lumer. http://repository.untag-sby.ac.id/13294/1/1211900343_Atikatul%20Latifah_%20EAS_E-BISNIS%20%28R%29.pdf#:~:text=Pisang%20cokelat%20lumer%20ini%20merupakan%20cemilan%20yang%20terbuat,harga%20terbilang%20mudah%20dijangkau%20oleh%20semua%20kalangan%20masyarakat
Desak Nyoman Arix, et al. (2021). Proposal Usaha Banana Roll. https://id.scribd.com/embeds/557296026/content?start_page=1&view_mode=scroll&access_key=key-fFexxf7r1bzEfWu3HKwf
Dewita Sari. (2020). Analisis Strenght Weakness Opportunity Threat (SWOT) Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Penjualan Roti. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7–14. https://journal.uwks.ac.id/index.php/pragmatis/article/download/1052/846
Fitri Insani, B. B. D. P. L. (2021). Zona Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Pengolah Makanan Di Kota Bekasi. Jurnal Perencanaan Pembangunan Wilayah Dan Pendesaan, 1–16. https://journal.ipb.ac.id/index.php/p2wd/article/download/32506/21284/
Indi, et al. (2021). Bisnis Kuliner Banana Roll. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwjgqo_louf-AhW8TgGHS0xD5sQFnoECAwQAQ&url=https%3A%2F%2Fosf.io%2F3gnv8%2Fdownload&usg=AOvVaw0sM1xpcAdyV958AKIGvKcR
Noor S. (2014). Penerapan Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio Di Malang (Studi Kasus Pada PT. Astra International Tbk.-Daihatsu Malang) (Issue 2). https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/download/181/170
Rahdiana, N. (2022). Analisis Swot Sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Umkm Keripik Pisang Di Kabupaten Karawang. https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/ProsidingKNPP/article/download/2545/1658
Saragih, R. (2017). Membangun Usaha Kreatif, Inovatif Dan Bermanfaat Melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial.
Sri Handayani, S. H. M. K. N. (n.d.). Analisis Strategi Pemasaran Kain Batik Besurek Di Kota Bengkulu. Jurnal Ekombis, 1–12. Retrieved May 21, 2023, from https://jurnal.unived.ac.id/index.php/er/article/view/609/530
Unggul Mulia Silitonga. (2021). Proposal Usaha Olahan Makanan Banana Roll. https://www.studocu.com/id/document/universitas-lancang-kuning/mechatronics/proposal-bisnis-banana-rolll/21428244
Vanderkley, C., Farid, E. S., & Kadang, J. (2023). Strategi Pemasaran Pada UMKM. Jkpim : Jurnal Kajian Dan Penalaran Ilmu Manajemen, 1(2). https://jurnal.aksaraglobal.co.id/index.php/jkpim/article/view/83/74
Wiratno, S. (2012). Pelaksanaan Pendidikan Kewirausahaan Di Pendidikan Tinggi. http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/101
Yunita, T., & Wijayanti, M. (2021). Edukasi Kewirausahaan Pada Pemuda Karang Taruna Melalui Motivasi. 5(6). https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.5752