KEPEMIMPINAN DOSEN DALAM MEMBANGUN KARAKTER MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.32670/ht.v2iSpecial%20Issue%202.2180Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan kepemimpinan dosen dalam membangun karakter mahasiswa, dengan berfokus pada pengembangan karakter kemandirian mahasiswa. Bertujuan mengulas tentang bagaimana peran kepemimpinan dosen dalam membangun karakter mahasiswa, serta bagaiman dosen yang berkarakter. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu mendeskripsikan tentang kepemimpinan dosen dalam mengembangkan karakter mahasiswa. Teknik pengumpulan data digunakan penelitian kepustakaan. Pengumpulan data melalui bahan-bahan penelitian yang bersumber dari buku, jurnal, artikel ilmiah, publikasi dan teratur terkait lainnya. Data dideskripsikan melalui pandangan dan pendapat para ahli. Penelitian ini diharapkan dapat menunjukkan fakta-fakta tentang kepemimpinan dosen dalam membangun karakter mahasiswa. Setelah data terkumpul dilakukan analisis kualitatif deskriptif dalam bentuk narasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa dosen sebagai pemimpin memiliki beberapa peran, yaitu berperan sebagai teladan, pemberi semangat, inspirator, dan agen perubahan. Kepemimpinan dosen berperan penting dalam membangun karakter mahasiswa, di mana dosen tidak hanya mengajar materi pembelajaran, tetapi juga menjadi panutan dan role model dalam karakter mahasiswa. Tugas pokok dosen adalah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu aktivitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan-kegiatan ini merupakan inti dari semua aktivitas dosen dalam masyarakat akademik di perguruan tinggi. Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dilaksanakan dengan berkarakter melalui pembiasaan kehidupan keseharian masyarakat kampus menjadi budaya kampus. Sedangkan terkhusus pelaksanaan Tri Dharma dibidang pendidikan bahwa, dosen tidak saja mengajarkan materi, tetapi ia juga harus mengembangkan nilai-nilai luhur untuk pembentukan karakter mahasiswa.