ANALISIS KOMUNIKASI INTERPERSONAL KARYAWAN DIVISI MARKETING
Keywords:
Manajemen, Marketing, Komunikasi Interpersonal, KaryawanAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui komunikasi antarpribadi yang terjadi antara karyawan di Divisi Marketing PT Y. Penelitian ini menerapkan metode studi kasus deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui tiga metode, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, populasi yang diteliti adalah seluruh karyawan yang bekerja di PT Y. Sampel responden penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengumpulan sampel dengan pertimbangan tersendiri dari peneliti, maka diperoleh lima karyawan Divisi Marketing yang dapat mewakilinya. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa karyawan Divisi Marketing PT Y sudah menerapkan aspek-aspek seperti keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan dalam komunikasi interpersonal mereka. Namun, masih dibutuhkan upaya-upaya perbaikan agar komunikasi interpersonal tersebut dapat berjalan secara efektif.
References
Afriyadi, F. (2015). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Antara Dan Bawahan Karyawan PT. Borneo Enterprsindo Samarinda. Jurnal Ilkom Fisip Unmul, 3(1), 362–376.
Barseli, M., Sembiring, K., Ifdil, I., & Fitria, L. (2019). The Concept of Student Interpersonal Communication. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(2), 129–134. https://doi.org/10.29210/02018259
Firmansyah, D., Pasim Sukabumi, S., & al Fath Sukabumi, S. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927
Gea, S. (2016). Hambatan Komunikasi Antarpribadi Pada Hubungan Kerja Pimpinan Dengan Karyawan Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi kasus pada KFC Suzuya Binjai). Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 2.
Gunarsa, I. (2019). Pola Komunikasi Interpersonal Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Pola Komunikasi Pimpinan Rumah Produksi CV. Primetime Bali).
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif (H. Sazali, Ed.). Wal ashri Publishing.
Indah, D. P. (2018). Faktor yang Mempengaruhi Komunikasi Interpesonal Kepala Badan Sumber Daya Manusia Provinsi Bengkulu. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 1(1), 48–55. https://doi.org/10.31539/alignment.v1i1.217
Munawwarah Ridwan, M., Muhammad Aminullah, A., Jamaluddin, N., Elihami, E., & Perpustakaan, P. (2020). Analisis Penerapan Komunikasi Interpersonal Dalam Melayani Pemustaka Di Perpustakaan UIN Alauddin Makassar. 3(1).
Murniarti, E. (2019). Pengertian Komunikasi, Pengaruh Komunikasi Terhadap Organisasi, Bagaimana Komunikasi Terjadi, dan Pendekatan Komunikasi Organisasi.
Pamungkas, A., & Khotimah, K. (2022). Komunikasi Interpersonal Dalam Peningkatan Kinerja Asn Bkpsdm Kabupaten Banyumas. Jurnal Komunikasi Dan Media. https://doi.org/10.62022/arkana.v1i02.3627
Putri, N. H. (2016). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah. 4(2), 198–204.
Rijal Fadli, M. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
Thomassawa, R. (2016). Komunikasiinterpersonal Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Pada Kantor Camat Poso Pesisir. Jurnal Ilmiah Administratie, 6.
Yuliana, R., & Rahadi Dedi. (2021). Komunikasi Interpersonal Dalam Meningkatkan Motivasikaryawan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Magisma, 9.
Yuniar, I. (2019). Analisis Komunikasi Interpersonal Karyawan Mutiara Super Kitchen Majalaya.