ANALISIS POLA KOMUNIKASI HUMAN RESOURCES DEPARTMENT (HRD)

Main Article Content

Salwa Alamanda Yusuf
Christian Wiradendi Wolor
Marsofiyati Marsofiyati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi yang digunakan Human Resources Department (HRD) PT X dalam berkomunikasi di perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT X dan sampel sebagai responden penelitian akan di ambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu dari peneliti, maka di peroleh tiga karyawan HRD yang dapat mewakili lainnya. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pola komunikasi yang digunakan Human Resources Department (HRD) PT X ada tiga macam, yaitu pola roda dalam mengatasi pertanyaan karyawan, pola menyeluruh dalam mengurangi ketidakpastian, dan pola lingkaran dalam memotivasi karyawan.

Article Details

How to Cite
Alamanda Yusuf, S., Wiradendi Wolor , C., & Marsofiyati, M. (2023). ANALISIS POLA KOMUNIKASI HUMAN RESOURCES DEPARTMENT (HRD). Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(7). Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3308
Section
Articles

References

Banarto, K. (2021). Transformasi HRD dalam Bisnis. Deepublish Publisher.

Effendy, O. U. (2013). Ilmu Komunikasi:Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya.

Hardianto, A., Alvina, Lukito, D, A., Salsabila, & Arnold. (2020). Business Communication: Konsep & Praktek Berkomunikasi. Scopindo Media Pustaka.

Hutabarat, R. L., & Asnur, L. (2022). Pola Komunikasi Human Resources Department di JW Marriott Hotel Surabaya. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 6, 440–446.

Lie, Christian, E. M., & Wijaya, L. S. (2021). Analisis Strategi Komunikasi Human Resources terhadap Penerapan Presensi Fingerprint. PRecious: Public Relations Journal, 1.

Ningtyas, V. A., Saputra, V. D., & Huda, M. (2021). Pola Komunikasi PT Apparel One Indonesia terhadap Produktivitas Karyawan pada Masa Pandemi Covid-19. Syiar: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(2), 127–140.

Putri, A. (2020). Implementasi Komunikasi Pemasaran Radio Suara Surabaya dalam Mendapatkan Iklan Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Commercium, 3(2), 1–12.

Saleh, Akh. M. (2016). Komunikasi dalam Kepemimpinan Organisasi. Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Siregar, R. T., Enas, U., Putri, D. E., Hasbi, I., & Ummah, A. H. (2021). Komunikasi Organisasi. Widina Bhakti Persada Bandung.

Zuriah. (2018). Komunikasi Organisasi (Sebuah Pengantar Teori dan Praktek).

Most read articles by the same author(s)