PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI PSIKOLOGI SOSIAL PROGRAM 5R BIDANG WAREHOUSE PT. PUNINAR YUSEN LOGISTIC INDONESIA

Main Article Content

Sani Rahman
Zikri Fachrul Nurhadi

Abstract

Penelitian ini membahas strategi komunikasi yang diberlakukan oleh PT Punimar Yusen Logistic Indonesia. Strategi komunikasi yang diterapkan oleh PT Punimar Yusen Logistic Indonesia diaplikasikan melalui peraturan atau aturan 5R. Latar belakang penelitian ini adalah bagaimana komunikasi menjadi fasilitas penting dalam menerapkan program 5R. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan postpositivistik, teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Psikologi Sosial dengan tujuan membahas strategi komunikasi yang lahir bersamanya. Tujuan penerapan 5R adalah untuk menjelaskan strategi komunikasi psikologi social program 5R bidang Warehouse. Instrumen yang digunakan yaitu wawancara. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan perusahaan dalam mengelola semua sumber daya dengan bentuk disiplin kerja. Upaya setiap bagian yang mengaplikasikan sistem 5R mampu mengubah sikap dan perilaku dan berhasil merekontruksi ulang pemahaman setiap karyawan dalam mengelola perusahaan dan sumber daya.

Article Details

How to Cite
Rahman, S. ., & Nurhadi, Z. F. . (2023). PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI PSIKOLOGI SOSIAL PROGRAM 5R BIDANG WAREHOUSE PT. PUNINAR YUSEN LOGISTIC INDONESIA. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(3), 534–543. https://doi.org/10.32670/ht.v2i3.2863
Section
Articles

References

Arifin, Anwar. (2010). Strategi Komunikasi. Bandung: Armico Bandung.

Arni, Muhammad. 2009. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Barraza, M. F. S., Smith, T. and Park, S. M. D. (2009). Lean-kaizen public service: An empirical approach in Spanish local governments. TQM Journal. 21(2): 143–167. doi: 10.1108/17542730910938146.

Citra, A. and Hephzy, Y. I. (2019). Mengomunikasikan Budaya Kerja 5S (Seiri, Seiso, Seiketsu, Shitsuke, Seiton ). Jurnal Ilmu Komunikasi. 2(1): 213–229.

Mulyana, Deddy. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Deni, A. and Riswanto, A. (2019). Pemberdayaan Karyawan (Employee Empowerment) dalam Pespektif Kajian Jurnal Manajemen Sumberdaya Manusia. Jurnal Ekonomak. V(2): 36–50.

Uchjana, E.O. (2009). Ilmu, Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Endiarni, A. (2020). Terapan 5S Dalam Peningkatan Produktivitas Berdasarkan Permenaker No 5 Tahun 2018. Journal of public health research and development. 4(2): 201–211.

Gibson, James L., Ivancevich, John M., and James H. Donnelly, (1997). Organisasi dan Manajemen, Perilaku Struktur, Proses. Edisi keempat. Jakarta: Erlangga.

Hardjana, Andre. (2016). Komunikasi Organisasi Strategi dan Kompetensi. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.

Jahja, K. (2009). Seri Budaya Unggulan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin). Jakarta: Productivity and Quality Management Consultant.

Kansari. (2016). Meningkatkan Strategi Komunikasi Guru Dalam Melengkapi Administrasi Pendidikan Melalui Supervisi Kelas. Vol 3. No.1. Hal. 156-170.

Kareem, J. A. H. and Amin, O. A.-Q. H. (2017). Ethical And Psychological Factors In 5S And Total Productive Maintenance. Journal of Industrial Engineering and Management. 10(3): 444–475. doi: 10.3926/jiem.2313.

Kartika, H. and Hastuti, T. (2011). Analisa Pengaruh Sikap Kerja 5S dan Faktor Penghambat Penerapan 5S Terhadap Efektivitas kerja Departemen Produksi di Perusahaan Sepatu. Jakarta. Jurnal Ilmiah PASTI. V(1): 47–54.

Leovani, E. (2017). Implementasi Model Pemberdayaan Karyawan (Employee Empowerment) Di Pt Fifgroup Tbk Cabang Palembang. Jurnal Manajemen. 20(2): 245. doi: 10.24912/jm.v20i2.46.

Liliana, C. 2018. Implementasi Budaya 5R di Lembaga Pemerintah K Jakarta. Jurnal Utilitas. (April). Available at: https://journal.uhamka.ac.id/index.php/utilitas/article/view/4687.

Maarof, M. G. and Mahmud, F. (2016). A Review of Contributing Factors and Challenges in Implementing Kaizen in Small and Medium Enterprises. Procedia Economics and Finance. Elsevier B.V. 35(16): 522–531. doi: 10.1016/s2212-5671(16)00065-4.

Manopo, J. V. (2014). Peran Komunikasi Organisasi dalam Membentuk Efektivitas Kerja Karyawan CV Magnum Sign and Print Advertising Samarinda. eJournal lmu Komunikasi. 2(3): 357–372.

Nanda Aromega Tanod, Kojo Cristofel, P.K Lengkong Victor. (2019). Pengaruh Kompensasi Dan Strategi Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Di Yuta Hotel Manado. Vol 17. No 1. Hal. 741-750.

Nasdian, Fredian Tonny. (2003). Bagian Ilmu-ilmu Sosial, Komunikasi, dan Ekologi Manusia. Bogor: Departement Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi.

Rakhmat, Jalaludin. (2012). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Robbins, Stephen P. (2017). Perilaku Organisasi. Jakarta: Penerbit Salemba Empat Edisi 16.

Siswanto, Sastrohadiwiryo. (2006). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif: Dilengkapi Contoh Proposal dan Laporan Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wuryani, E. (2013). Kinerja Perusahaan Berdasarkan the Indonesian Institute for Corporate Governance ( Iicg ). Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial, 1(3): 287–298.

Zuhdina, U., Lubis, H. S. and Syahri, I. M. (2013). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Pelaksanaan Program Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di Unit Pengolahan Heavy Oil Complex (Hoc) Pt Pertamina (Persero) Refinery Unit Ii Dumai Riau. Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.