STRATEGI PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PENYEBARAN INFORMASI

Main Article Content

Agung Nugraha
Amelia Zahwa Septiani
Eva Siti Nurasyfa
Zikri Fachrul Nurhadi

Abstract

Keberadaan Artificial Intelligence dianggap memudahkan profesi Public Relations dalam menjalankan tugas. Dapat diprediki bahwa ke depannya, teknologi akan digunakan dalam pembaruan sistem kerja Public Relations untuk melakukan kontrol, perencanaan, menjadwalkan, menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah. Studi ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut dalam memahami khalayak, menyusun pesan persuasif, memilih metode dan memilah media dalam upaya penyebaran informasi. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah Public Relations Dinas Komunikasi dan Informatika dari berbagai tenaga terampil maka diperoleh empat tenaga terampil Public Relations yang dapat mewakili lainnya. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu dari peneliti. Hasil kajian menunjukkan bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut menggunakan teknologi kecerdasan buatan dalam proses pembuatan konten, pengunggahan konten dan analisis respon audiens.

Article Details

How to Cite
Nugraha, A., Septiani, A. Z., Nurasyfa, E. S., & Nurhadi, Z. F. (2023). STRATEGI PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PENYEBARAN INFORMASI. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(12), 2502–2515. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3427
Section
Articles

References

Arief, M., Priyadi, C., & Ridwan, W. (2022). Penguatan Peran dan Fungsi Public Relation Dalam Era New Digital. In Jurnal Cyber PR (Vol. 2, Issue 1).

Cahyani, A. M. (2020). Strategi komunikasi humas pemerintah kota surabaya dalam melayani dan menggali potensi masyarakat melalui media sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 1-16.

Nurhadi, Z. F., Salamah, U., Solihin, O., & Berlianti, S. (2023). Strategi Komunikasi Penyuluh Agama Dalam Mensosialisasikan Moderasi Beragama. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 22(1), 63-79.

Nurlaela Arief, N., Arkan, M., & Saputra, A. (2019). Kompetensi Baru P Ublic Relations (Pr) Pada Era Artificial Intelligence Case Study Praktisi Pr D I Indonesia. In Jurnal Sistem Cerdas (Vol. 02, Issue 01).

Rimayanti, M. I., Mujianto, H., & Febrina, R. I. (2021). Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Oleh Bidang Informasi Dan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Garut. Jurnal Digital Media & Relationship, 2.

Rizqiyah, R. N., Kriyantono, R., & Sujoko, A. (2021). Manajemen Media Relations dalam Meningkatkan Citra Positif dan Reputasi Perusahaan di Era Artificial Intelligence. MetaCommunication: Journal of Communication Studies, 6(1), 53–66.

Roby, A. I., Cahyana, R., Kurniawati, R., & Fitriani, L. (2021). Rancang Bangun Content Management System Untuk Situs Web Instansi Pemerintahan. http://jurnal.itg.ac.id/

Ruchiat Nugraha, A., Fatma Sjoraida, D., Komala Erdinaya, L., & Komariah, K. (2020). Komunikasi humas pemerintahan kabupaten/kota di Jawa Barat melalui media digital Instagram. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(2), 221–239.

Rukmayuninda Ririh, K., Laili, N., Wicaksono, A., & Tsurayya, S. (2020). Studi Komparasi Dan Analisis Swot Pada Implementasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Di Indonesia. In Jurnal Teknik Industri (Vol. 15, Issue 2).

Tjandrawinata, R. R. (2016). Industri 4.0: revolusi industri abad ini dan pengaruhnya pada bidangkesehatan dan bioteknologi. https://doi.org/10.5281/zenodo.49404