STRATEGI PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DI SDN KELAPA DUA I TANGERANG

Main Article Content

Herawati Herawati
Taufiq Nur Azis
Irman Sumantri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pendidik dalam meningkatkan minat belajar matematika di SDN Kelapadua I Tangerang dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan minat belajar matematika. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, Adapun dalam pengumpulan data ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan di SDN Kelapadua I Tangerang, terdapat 4 (empat) narasumber yaitu Kepala Sekolah dan Tiga Guru kelas tingkat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pendidik untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Matematika di SDN Kelapadua I Tangerang yaitu guru selalu berusaha untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran dengan berbagai model, pendekatan, strategi dan metode pembelajaran. Menyajikan materi secara optimal, menyediakan alat bantu belajar yang lengkap. Strategi pendidik untuk meningkatkan minat belajar siswa di SDN Kelapadua I Tangerang dapat dilakukan dengan menyediakan sumber belajar, menggunakan berbagai model, pendekatan, metode, strategi, dan memberikan reward. Dan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan minat belajar matematika yaitu dari siswa karena terdapat siswa yang berkemampuan rendah dan kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya belajar.

Article Details

How to Cite
Herawati, H., Azis, T. N. ., & Sumantri, I. . (2022). STRATEGI PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DI SDN KELAPA DUA I TANGERANG. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1), 12–19. https://doi.org/10.32670/ht.v2i1.2643
Section
Articles

References

Awang, Imanuel Saito.(2017). Strategi Pembelajaran,Tinjauan Umum Bagi Pendidik.Sintang: STKIP Perdai Katulistiwa.

Dery Ridwansah. (2020). FSGI Sebut Minat Belajar Peserta Didik Turun 20 Persen saat PJJ Fase 2. JawaPos.com. https://www.jawapos.com/nasional/pendidikan/18/11/2020/fsgi-sebut-minat-belajar-peserta-didik-turun-20-persen-saat-pjj-fase-2/ . Diakses pada hari Jumat, 10 Juni 2022, Pukul 20 :40.

Edy Syahputra. (2020).”Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar”. Haura Publishing.

Ely Suryani.(2018) “Peran Wali Kelas Dalam Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar Siswa Di MIN Glugur Darat II Kecamatan Medan Timur‟. Skripsi : Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

Halid Hanafi.(2018). Profesionalisme Guru Dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah. Sleman : Budi Utama.

Hamruni.(2013).Strategi Pembelajaran.Yogyakarta: Ihsan Madani.

Khayati, Safiyeh, and Ali Payan. (2014). "Effective factors increasing the students’ interest in mathematics in the opinion of mathematic teachers of Zahedan", International Journal of Educational and Pedagogical Sciences 8.9.

Lestari, Sri, Dkk.(2012). Pembelajaran Atraktif dan Permainan Kreatif Pendidikan Anak Usia Dini.Yogyakarta : Rineka Cipta.

Lexy J. Moleong. (2011). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurlu, Özge.(2015)."Investigation of teachers’ mathematics teaching self-efficacy." International Electronic Journal of Elementary Education 8

Prihantimi. (2021). Startegi Pembelajaran SD. Jakarta : PT.Bumi Angkasa.

Punanji Setyosari. (2020). Desain Pembelajaran. Jakarta : PT.Bumi Aksara.

Ramli, Muhamad.(2015)."Hakikat pendidik dan peserta didik." Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 5.1

Sugiyono.(2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung : Alfabeta.

Wina Sanjaya. (2013). Strategi pembelajaran Berorientasi Standra Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.