STRATEGI PUBLIC RELATIONS KLINIK PUSAT FERTILITAS BOCAH INDONESIA DALAM MENYEBARKAN INFORMASI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Main Article Content

Nurul Mukharomah
Retno Putra
Samsudin Samsudin
Geofakta Razali
Wulan Furrie

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi public relations yang di lakukan oleh Klinik Pusat Fertilitas Bocah Indonesia dalam menyebarkan informasi melalui media sosial Instragram, serta kendala dalam menyusun strategi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bocah Indonesia menggunakan tiga strategi public relations, ketiga strategi tersebut yaitu strategi persuasif, strategi edukasi-informasi, dan strategi publikasi. Dalam pelaksanaan ketiga strategi tersebut, Bocah Indonesia menemukan beberapa kendala, diantaranya yaitu konten Instragram yang sepi likes dan komentar yang berpengaruh pada engagement yang menurun, keterbatasan pembuatan konten karena harus memperhatikan kode etik medis, dan keterbatasan pembuatan konten informasi yang mengedukasi karena pembahasan isu mengenai kesehatan reproduksi dan fertilitas hanya itu-itu saja. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Bocah Indonesia memang rutin menggunakan Instragram untuk menyebarkan informasi pada audience mereka, dan menerapkan strategi diatas untuk menyebarkan informasi melalui interaksi-interaksi dan rekasi yang ditimbulakan audience, kemudian untuk permasalahan ketidakkonsistenan likes dan komentar bergantung pada seberapa menarik konten tersebut seperti konten giveaway memang dibuat khusus untuk menarik interaksi followers beradasarkan likes dan juga komentar.

Article Details

How to Cite
Mukharomah, N., Putra, R., Samsudin, S., Razali, G., & Furrie, W. (2023). STRATEGI PUBLIC RELATIONS KLINIK PUSAT FERTILITAS BOCAH INDONESIA DALAM MENYEBARKAN INFORMASI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(10), 2068–2075. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3552
Section
Articles

References

Arischa, Suci. 2019. “Analisis Beban Kerja Bidang Pengelolaan Smpah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru. Jurnal Universitas Riau. 6(1):8

Fahri, L. M. (2017). Strategi Marketing Public Relations Go-Food dalam Pembentukan Citra Perusahaan di Kota Surabaya. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1, 1-10.

Farid, M., & Farhah, E. (2021). Pemanfaatan Algoritma Instagram dalam Meningkatkan Promosi ODTW Budaya (Studi Kasus di@ KampungbudayaPijiWetan). Cakra Wisata, 22(2), 1-8.

Maharani, A. D. F., & Santoso, A. (2021). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SD Negeri Purwosari Kudus. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(1).

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif . Remaja Rosdakarya.

Ningrum, F. K., & Syarah, M. M. (2019). Instagram Dan Twitter Sebagai Strategi Humas Pt Jasa Marga (Persero) Tbk Dalam Meningkatkan Pelayanan. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Da'wah, 2(2), 122-133.

Purba, B. (2018). Pengaruh public relations terhadap peningkatan pengguna jasa di bandara internasional Kualanamu kab. Deli Serdang. Network Media, 1(1).

Ruslan, R. (2016). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi : Konsep dan Aplikasi: Vol. VL. NO. 3. (13th ed.). Rajawali Pers.

Stefany, S., & Sari, W. P. (2018). Strategi marketing public relations PT Crowde Membangun Bangsa dalam meningkatkan minat investasi. Prologia, 2(2), 510-517.

Widuhung, S. (2021). Strategi Marketing Public Relations Petromindo Group Di era Pandemi Covid-19. Jurnal Public Relations (J-PR), 2(1), 1-7.

Yin, Robert, K. (2013). Studi Kasus Desain & Metode. In Raja Grafindo Persada.