Strategi promosi melalui instagram di perpustakaan SMA Negeri 1 Salatiga
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi yang dilakukan Perpustakaan SMA Negeri 1 Salatiga dalam memanfaat-kan media sosial Instagram sebagai sarana promosi. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara. Hasil observasi menunjukkan bahwa pihak perpustakaan memilih Instagram sebagai media promosi ka-rena banyak anggota sekolah yang menggunakan aplikasi Insta-gram. Namun, pengikut Instagram perpustakaan masih terbatas. Dalam wawancara yang dilakukan, Kepala Perpustakaan SMA Negeri 1 Salatiga menyatakan bahwa konten yang tidak menarik menjadi penyebab kurangnya minat siswa untuk mengikuti akun Instagram perpustakaan. Strategi promosi yang dapat digunakan antara lain publikasi, periklanan, kontak perorangan, insentif, dan menciptakan suasana yang kondusif. Dengan memperhatikan strategi promosi yang tepat maka perpustakaan dapat meningkat-kan minat siswa untuk berkunjung dan menggunakan layanan per-pustakaan. Instagram memiliki peran penting dalam mempromosi-kan perpustakaan dengan menampilkan koleksi bahan pustaka dan menginformasikan layanan perpustakaan. Penelitian ini mem-berikan wawasan tentang penggunaan media sosial sebagai sarana promosi perpustakaan dan menekankan pentingnya konten yang menarik dan untuk meningkatkan efektivitas promosi perpustakaan di era teknologi informasi.
Article Details
References
Dian, K., Puspita, D., Suhartika, P., & Ginting, R. T. (2022). Strategi Promosi Perpustakaan Di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Media Sosial. Jurnal Ilmiah Perpustakaan Dan Informasi (JIPUS), 2(1), 29–33.
Hanum, A. N. L. (2021). Strategi promosi perpustakaan: Film animasi sebagai media edukasi bagi pemustaka. Informatio: Journal of Library and Information Science, 1(2), 121. https://doi.org/10.24198/inf.v1i2.31077
Harahap, W. R. (2021). PENERAPAN STRATEGI PROMOSI PERPUSTAKAAN. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 6(1), 103–116. issn: 2528-021X
Inderiyeni. "Strategi Promosi Perpustakaan" www.dispusip.pekanbaru.go.id/ . Diakses pada kamis 22 Juni 2023. https://dispusip.pekanbaru.go.id/strategi-promosi-perpustakaan/.
Karyawati, Rini. 2023. "Strategi Promosi melalui Instagram di Perpustakaan SMA Negeri 1 Salatiga". Hasil Wawancara Pribadi: 10 Mei 2023, Universitas Kristen Satya Wacana
Nugrahani Farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. In 信阳师范学院 (Vol. 1, Issue 1). http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org
Oktavia, N. (2020). Model Promosi Perpustakaan pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Libria, 12(1), 89–104. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/7687
Putranto, M. T. D., & Husna, J. (2020). Jurnal Ilmu Perpustakaan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(3), 93–103.
Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj
Riski, M. A. (2021). Strategi promosi perpustakaan khusus : studi pada Perpustakaan Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Al-Kuttab : Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 3(2), 23–31. https://doi.org/10.24952/ktb.v3i2.4149
Rusmawati, D. (2017). Strategi Promosi Perpustakaan Di Balai Layanan Perpustakaan Badan Perpustakaan Dan Arsip Daerah DIY(GRHATAMA PUSTAKA). Jurnal Hanata Widya, 6(7), 37–46.
Setyo, S., Komariah, N., & Kurniasih, N. (2014). Strategi Promosi Perpustakaan Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 2(1), 1. https://doi.org/10.24198/jkip.v2i1.11616
Sukarno, L. G. (2017). Promosi Perpustakaan melalui Media Sosial di Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, 24(4), 59–64.
Wahyudi, S. (2015). Strategi Promosi Perpustakaan Umum Kota Makassar Skripsi.
Zuhri, M. A. M., & Christiani, L. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Library Based Community (Studi Kasus Komunitas Perpustakaan Jalanan Solo @Koperjas). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(2), 21–30. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/22899