ANALISIS URGENSI PENDIDIKAN POLITIK DALAM PANDANGAN ISLAM

Main Article Content

Hisny Fajrussalam
Maulana Ramdani
Hanifah Nurauliani
Nadiyah Azzifah
Vika Ikram Nurfadhilah

Abstract

Kebijakan dalam pemikiran politik mengenai hubungan agama dan negara telah menjadi persoalan yang menjadi sorotan oleh masyarakat umum. Politik merupakan sebuah hakikat yang dimana keberadaan manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Ketika dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat, semua kalangan masyarakat tentu memerlukan pemahaman mengenai politik sebagai acuan atau tolak ukur dalam menjalankan kehidupannya sebagai warga Negara yang baik. Pendidikan politik ini dapat menjadi sarana dalam pembentukan karakter kepemimpinan terutama pada peserta didik. Urgensi pendidikan politik ini bertujuan untuk memberikan pemahaman agar peseta didik memiliki rasa tanggung jawab dan memahami bagaimana proses penggunaan kekuasaan dalam implementasi menegakan aturan dalam kehidupan bermasyarakat. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kualitatif dalam mengekplorasi informasi. Pada penelitian ini yang dijadikan subjeknya yaitu remaja berusia 17 tahun ke atas yang mempunyai kartu tanda penduduk (KTP) dan pernah mengikuti pemilihan ketua atau pemimpin. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa studi literatur dan penyebaran angket. Hasil kajian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa urgensi politik islam dalam pandangan islam terhadap pendidikan politik ini saling memiliki keterkaitan. Karena melalui pendidikan politik disampaikan bagaimana sifat dan sikap seorang pemimpin dalam menjalankan tugasnya sesuai aturan islam.

Article Details

How to Cite
Fajrussalam, H. ., Maulana Ramdani, Hanifah Nurauliani, Nadiyah Azzifah, & Vika Ikram Nurfadhilah. (2022). ANALISIS URGENSI PENDIDIKAN POLITIK DALAM PANDANGAN ISLAM. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(Spesial Issues 3), 795–803. https://doi.org/10.32670/ht.v2iSpesial Issues 3.1499
Section
Articles

References

D Zawawi, A. (2015). Politik dalam pandangan islam. In Jurnal Ummul Qura:

Vol. V (Issue 1).

Fenyapwain Marlein M, 2013. Pengaruh iklan politik dalam pemilukada minahasa terhadap pertisipasi pemilih pemula di desa tounelet Kecamatan kakas. Journal “Acta Diurna” .Volume I. No. 1

Rahman A, Suharno. 2019. Pelaksanaan pendidikan politik melalui pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan untuk meningkatkan kesadaran politik siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Volume 4, No 2, Halaman 282-290.

Sanusi, A. R., & Darmawan, C. (2016). Implementasi pendidikan politik dalam membentuk karakter kepemimpinan lintas budaya pada generasi muda demi mewujudkan budaya politik pancasila (Studi Deskriptif terhadap Organisasi Kepemudaan Gerakan Pemuda Ansor Jawa Barat). In Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial (Vol. 25, Issue 1).