Hubungan Kecerdasan Spiritual Quetion dan Emosional Quoetion dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Keperawatan Angkatan 2020
DOI:
https://doi.org/10.32670/ht.v1i6.1532Keywords:
Islamic spiritual intelligence, emotional, learning achievement.Abstract
This study aims to determine the relationship between Islamic spiritual intelligence and
emotional intelligence with learning achievement in nursing science students class 2018
Academic Year 2020/2021. The method used in this research is quantitative methods. The
population in this study were all students of the nursing study program batch 2018 STIKes
Surya Global Yogyakarta, the total population was 148. The sampling technique in this
study used purposive sampling with a sample size of 60 respondents. Data were analyzed
using Kendall tau statistical test and multivariate analysis using multiple linear
regression. Based on the results of the Kendall Tau test, the value of r count is (Islamic
spiritual intelligence) 0.399, (emotional intelligence) 0.587. And for multivariate results
of 17,825 with asymp numbers. Sig. in each measurement (emotional intelligence is 0.000
(p <0.05) while (Islamic spiritual intelligence) is 0.082 (p> 0.05), so that Ho is rejected
and Ha is accepted.Thus there is a relationship between Islamic spiritual intelligence and
emotional intelligence with learning achievement at semester V student of the STIKes
Surya Global Yogyakarta Nursing Program. There is a relationship between Islamic
spiritual intelligence and emotional intelligence with learning achievement in the fifth
semester students of the STIKes Surya Global Yogyakarta Nursing Program.
References
Agustian.A.G, ESQ: Emotional Spiritual Quotient, (Jakarta: Arga, 2016). Hal 14-15.
Ahdati.F. 2019. Korelasi Antara Spiritual Quotient Dengan Prestas Belajar Pendidikan
Agama Islam Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ngaglik
Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Hal 13-17.
Ahmad, B. 2013. Pendidikan Sebagai Proses Pembentukan Dan Pengembangan
Kecerdasan IQ,EQ, Dan SQ. Artikel (http://ahmadbinhal.Wordpress.com). 06
November2020. (10.00)
Ajeng, P. 2015. pentingnya pendidikan Moral Bangsa. Artikel.
(http://kompasiana.com).06November 2020. (09.20).
Alfian.R.M. Kaukab.E.M. Romadhon. (2020) Peran Kecerdasan Spiritual Dan Emosional
Mahasiswa Dalam Memahami Ilmu Akuntansi. Jurnal Paramurobi. Vol. 3. No 1.
Hal 42.
Anggraini.V.2019. Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar
Matematika Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Kota Jambi. Tanggal
-11-2020. Hal 11-13.
Ardella.M. 2019. Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa
Kelas V Sd Negeri 70 Kecamatan Kelam Tengah Kabupaten Kaur Bengkulu. 31
Juli 2019. Skripsi. Hal 21-22.
Burugana.U.M.2018. Hubungan Kecerdasan Spiritual Dan Emosional Dengan Prestasi
Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes Surya Global
Yogyakarta. Skripsi. Hal 08-23.
Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat, (Jakarta:
Gramedia Pustaka Utama, 2008).
Hakim.R.A. Sulistiawati. Arifin.S. (2018) Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan
Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp. Jurnal Teorema.
Teori dan Riset Matematika Vol 3 No 2. Hal 173-174.
Hamka. 2015. Visi dan Misi Kecerdasan Intelektual, Spiritual, Emosional Menghasilkan
Sarjana Pendidikan. FKIP. UHAMKA.
Hananin (2019) Pengaruhgaya Belajar Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi
Belajar Mahasiswa Jurusan PAI Di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo
Semester 8 Tahun Akademik 2018-2019. Skripsi. Hal 105.
Handriani.N, Subhan.M, 2020. Hubungan Kecerdasan Intelektual Kecerdasan Emosional
Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Fisika, dan
Pendidikan Fisika. Volume 3 Nomor 1 Tahun 2020.
Metasari (2019) Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap
Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas Ix Mts Makrifatul Ilmi Kabupaten
Bengkulu Selatan. Tesis. Hal 101-102.
Muna.N.P (2020) Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Denganprestasi Belajar
Siswa Kelas Xi Di Smk Bhakti Persada Bekasi. Islamic Guidance and Counseling.
Vol. 01 No. 1. 2020. Hal 18-19.
Nisrina.N.A. Rini.C.P. Latifah.N (2018) Hubungan Antara Kecerdasan Emosional
Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Kutabumi IV
Kabupaten Tangerang. Jurnal Taman Cendekia. Vol. 02 No. 02. Desember 2018.
Hal 200.
Notoatmodjo, S. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT RINEKE CIPTA, Jakarta.
Hal 137-177.
Nursalam. 2013. Konsep dan Penerapan Metodeologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Edisi
Salemba Medika. Jakarta. Hal 170-200.
Putri, F.S. 2013. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kepercayaan Diri Terhadap
Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IS SMA Negeri 3 Magelang’
Skripsi. Hal 13-16.
Retno.W. 2015. Korelasi Persepsi Mata Pelajaran Matematika Dan Minat Belajar
Matematika Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI, Skripsi, FKIP
Universitas Negeri Yogyakarta.
Sholiha.M Sunaryo.H.H. Priyono.A.A (2017) Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan
Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Guru Smp An-Nur Bululawang -Malang.
Warta ekonomi vol. 07 No. 17
Februari 2017. Hal 87-88.
Sriwaty.I. Aspin. Syamsiah. (2021) Pentingnya Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi
Belajar Mahasiswa. Jurnal Sublimapsi. e- ISSN 2716-1854. Hal 45.
Sulastyaningrum.R, Martono.T, Wahyon.B, 2019. Pengaruh Kecerdasan Intelektual,
Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual terhadap Prestasi Belajar Mata
Pelajaran Ekonomi pada Peserta Didik Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bulu Tahun
Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol. 4 No. 2. 2019.
Susilaningsih.F.S, Lumbantobing.V.B.M, Sholihah.M.M. 2020. Hubungan Kecerdasan
Emosional Dengan Sikap Caring Mahasiswa Keperawatan Universitas
Padjadjaran. jurnal Keperawatan Komprehensif Vol. 6 No.1, 2020. Hal 3.
Suyanti. Sahudiyono. 2020. Implikasi Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Kerja
Dosen Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta (STIMARYO). Majalah Ilmiah Bahari
Jogja. 18 No. 2, Juli 2020.
Tanojo.K, Nurcahyo, F & Liling, E. 2013. ‘Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual
Dengan Progrestinasi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir’, Fakultas Psikologi
Universitas Pelita Harapan Surabaya. Jurnal Humanitas, Vol. X, No. 2.
Triyanto. Teguh, Pengantar Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan
Nasional.
Wahyuni.R. Mayangsari.d.w. Fauzia. R. (2016) Hubungan Kecerdasan Spiritual Dengan
Perilaku Prososial Pada Perawat Di Rumah Sakit Islam Banjarmasin. Jurnal
Ecopsy. Volume 03, No 03, Desember 2016.Hal 142.