STRATEGI SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PEMBIAYAAN
Keywords:
Strategi, Segementing, Targeting, PositioningAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mekanisme strategi segmenting, strategi targeting dan strategi positioning dalam meningkatkan jumlah nasabah di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Gebu Prima Medan. Penelitian ini menggunakan pendekaan penelitian kualitatif (deskriptif). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, studi kepustakaan, dan observasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan tringulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPRS Gebu Prima dalam melakukan segmenting pasarnya mengelompokkan dalam tiga elemen yaitu giografik, demografis, dan berdasarkan perilaku. Strategi Targeting BPRS Gebu Prima Medan mengunakan 3 alternatif yaitu undifferentiated marketing, diffentiated marketing, dan concentiated marketing. Akan tetapi lebih kepada undifferentiated marketing, tetap menggunakan konsep 5C yaitu character, capacity, capital, collateral dan condition of Ekonomic agar tidak terdapat risiko terutama dalam hal pembiayaan. Keriga, strategi Positioning BPRS Gebu Prima Medan melalui pendekatan Brand syariah dengan prinsip kepercayaan dan amanah dalam menjalankan usahanya dan juga menciptakan produk ATM tanpa tabungan atau yang disebut dengan cardless.
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif -. Jejak. https://books.google.co.id/books?id=59V8DwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi,. Raja Grafindo.
Daim, R. H. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Likuiditas BPRS Di Indonesia.
Harahap, M. A., & Soemitra, A. (2022). Studi Literatur Peran Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(4), 1186–1198. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i4.889
Hati, S. W. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Turut Mempengaruhi Prilaku Nasabah Dalam Penggunaan Kartu Debit. Jurnal Ekonomi Islam, Vol. 5(No 1), 4.
Hidayat, F. R. (2016). Analisis Strategi Pengembangan Produk BMT UMJ dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Kamilah, K., & Nasution, A. I. L. (2019). Peran Industri Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Mengatasi Masalah Kesenjangan dan Distribusi Pendapatan di Kota Medan. HUMAN FALAH: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis …, 6(1), 107–125. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/humanfalah/article/view/5686
Kasmir. (2005). Pemasaran Bank. Kencana.
Mahriz, I. (2022). Wawancara Adm Pembiayaan BPRS Gebu Prima Medan, Tanggal 04 Februari.
Nasution, Y. S. J. (2015). Pengaruh Inflasi Terhadap Menabung Konsumen Di Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Febi UIN-SU Press.
Putra, D. A., Marliyah, & Yafiz, M. (2019). Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Pembiayaan, Bancassurance Terhadap Laba Dan Dampaknya Pada Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Bank Syariah Di Indonesia). AT-TAWASSUTH, IV No. 1, 21–42.
R, D. (2022). Wawancara Custumer Service BPRS Gebu Prima Medan, Tanggal 03 Februari.
Ratna. (2020). Peran Koperasi Syariah Dalam Meningkatkan Kesejaheraan Masyarakat Kota Palembang Di Era New Normal. Jurnal Perbankan Syariah, Vol.2(No. 01 Juli).
Soemitra, A. (2009). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Kencana Prenadamedia Group.
Suardi, D. (2021). Makna Kesejahteraan Dalam Sudut Pandang Ekonomi Islam”. Islamic Banking : Jurnal Pemikiran Dan Pembangunan Perbankan Syariah, Vol.6, No., 330.
Sugianto. (2015). Kepatuhan Syariah Dan Modal Manajemen Resiko Pada Perbankan Syariah. Febi UIN-SU Press.
Sunaryo. (2019). Hukum Lembaga Pembiayaan,. Sinar Grafika.
Syahbudi, M., & Saragih, A. R. (2018). Pengaruh Variabel Makro Ekonomi Terhadap Pembiayaan Pada Perbankan Syariah Di Indonesia.
Syifah. (2022). Wawancara Teller BPRS Gebu Prima Medan, Tanggal 04 Februari.
Tarigan, A. A. (2016). Tafsir Ayat-Ayat Ekonomi Tela’ah atas Simpul-Simpul Ekonomi dan Bisnis dalam Al-Quran. Febi UIN-SU Press.
Ulfa, M. (2022). Wawancara Kabag Marketing BPRS Gebu Prima Medan, Tanggal 3 Februari.
Wardhani, C. A. (2019). Peran Koperasi simpan pinjam dan Pembiayaan syariah (kspps) dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat (Studi pada BMT Fajar Cabang Bandar Lampung). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Yanti, N. S., & Ladzza, Z. (2022). Analisis Tingkat Kelelahan Kerja Karyawan Berdasarkan Faktor Kekurangan Karyawan PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Karya Medan. Vol. 2(No. 1), 648–652. https://doi.org/2774-2075