PENERAPAN BUDAYA SUNDA DI SEKOLAH SMA YAS

Main Article Content

Ani Rohaeni
Dede Rahmat Solihin
Hanhan Hanhan
Masliah Masliah
Rima Irmayanti

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui secara spesifik tentang nilai-nilai budaya sunda termasuk implikasi dan aplikasinya pada perilaku komunikasi murid di sekolah tersebut. Untuk menjawab tujuan tersebut, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Menggunakan pendekatan kualitatif, studi yang berfokus pada kajian budaya dengan pendekatan teori public relations. Penelitian menemukan bahwa penerapan budaya sunda mengandung nilai-nilai ketuhanan, kemandirian, krativitas, tanggung jawab, kerendahan hati, kesopanan dan keramahan serta melahirkan kecintaan terhadap budaya dan tanah air. Nilai-nilai tersebut merepresentasikan brand personality SMA YAS. Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa terdapat dua aspek yang membuktikan bahwa guru dan murid YAS memiliki pribadi yang soméah, yakni selalu tampil menarik dengan wajah ramah dan murah senyum. Guru dan murid memiliki selera humor yang tinggi. Kesimpulannya bahwa penerapan budaya sunda sebagai Upaya untuk melestarikan kebudayaan sunda yang memiliki nilai yang tinggi.

Article Details

How to Cite
Rohaeni, A., Solihin, D. R. ., Hanhan, H., Masliah, M., & Irmayanti, R. (2023). PENERAPAN BUDAYA SUNDA DI SEKOLAH SMA YAS. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(10), 2095–2108. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3489
Section
Articles

References

A. Hidayat, Nana. (2012). Pendidikan Budaya Sunda di Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.

Abdullah, Iskandar. (2010). Budaya Sunda: Dalam Perspektif Sejarah dan Budaya. Bandung: Pustaka Jaya.

Alifahmi, H. (2012). Proceeding strategi communication branding di era industri kreatif. In Integrated Communication Branding Dari Personal, Corporate Branding Menuju Country Reputation. (pp. 1–21). Malang: Universitas Brawijaya

Astuti, Yaya. (2014). Mengenal Budaya Sunda: Sebuah Pengantar. Bandung: Angkasa Raya.

Aw, S. (2010). Komunikasi sosial budaya (1st ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Farady, R. & Sierjames, J. (2018). Identifikasi nilai kemajemukan Indonesia sebagai identitas bangsa dalam iklan Mixagrip versi keragaman budaya. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 37–50.

Hendriana, H. & Setiyadi, R. (2018). Budaya Sunda. Diakses dari https://dosen. ikipsiliwangi.ac.id/wp-content/uploads/ sites/6/2019/01/BUDAYA-SUNDA- Fungsi-dan-sejarah-sunda.pptx

Hidayat, A. S., & Purnomo, Y. S. (2019). Penerapan Pembelajaran Budaya Sunda dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Edukasi (JILE), 3(2), 137-148.

Rukiyah, E. (2014). Pengembangan Budaya Sunda dalam Pembelajaran di SMA. Bandung: Media Inti Persada.

Salim, I. (2015). Membangun Sekolah Bermuatan Budaya Sunda. Bandung: Humaniora Utama Press.

Sumarni, Y. (2018). Implementasi Pendidikan Budaya dan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Sunda di SMA. Bandung: CV Geger Sunten.

Supratiknya, A. (2016). Metode Pembelajaran Budaya Sunda di SMA. Bandung: CV Maulana Media.

Sutisna, R. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Budaya Sunda. Bandung: CV Pustaka Setia.

Yusuf, R. (2015). Implementasi Nilai-Nilai Budaya Sunda dalam Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Gaung Persada Press.

Most read articles by the same author(s)