- POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA PADA PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA PADA PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK

Main Article Content

Nadya Zakiyah Nurrohman Siddiq
Ayu Rospita Dewi
Luthfi Rafif Fauzan
Rizqi Cipta Maulana Tsani

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena banyaknya orang tua yang kurang memperhatikan pertumbuhan anaknya dari sejak dini. Berbagai masalah yang terjadi akibat adanya komunikasi yang kurang antara anak dan orang tua ini menjadikan perilaku anak yang sulit diatur. Maka dari itu,orang tua harus bisa mengenal dan memperhatikan setiap kebiasaan yang dilakukan oleh anak. Hal inilah yang menjadi pendukung komunikasi interpersonal orang tua dan anak,jika anak pada usia dini kurang diperhatikan tentunya akan muncul dampak yang akan memperngaruhi pertumbuhan anak. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan mengenai pola komunikasi interpersonal orang tua pada perkembangan kognitif anak. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola komunikasi interpersonal orang tua pada perkembangan kognitif anak ini meliputi 1) Cara berkomunikasi khusus agar anak cepat paham apa yang orang tua maksud,2) Strategi komunikasi yang efektif bagi orang tua untuk membantu anak mengembangkan keterampilan sosial dan interpersonal,3) Kendala yang dihadapi dalam membimbing anak,4) Gaya komunikasi orang tua yang berbeda antara anak perempuan dan laki-laki dan pengaruhnya,5) Aktivitas,sarana dan prasarana dalam membimbing tingkah laku anak.


 


The background of this research is because many parents pay less attention to the growth of their children from an early age. Various problems that occur due to lack of communication between children and parents make children's behavior difficult to manage. Therefore, parents must be able to recognize and pay attention to every habit that is carried out by children. This is what supports interpersonal communication between parents and children, if children at an early age are not paid attention to, of course there will be impacts that will affect children's growth. The purpose of this study is to explain the patterns of interpersonal communication between parents on children's cognitive development. The research method used in this study is a qualitative descriptive method. The results showed that parents' interpersonal communication patterns on children's cognitive development include 1) Specific ways of communicating so that children quickly understand what parents mean, 2) Effective communication strategies for parents to help children develop social and interpersonal skills, 3) Obstacles encountered in guiding children, 4) Different parental communication styles between girls and boys and their influence, 5) Activities, facilities and infrastructure in guiding children's behavior.

Article Details

How to Cite
Siddiq, N. Z. N., Dewi, A. R., Fauzan, L. R., & Tsani, R. C. M. (2023). - POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA PADA PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK: POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA PADA PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(10), 2086–2094. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3418
Section
Articles

References

Fensi, F. (2018). Membangun Komunikasi Interpersonal orang tua dengan anak dalam keluarga. In Jurnal Pengabdian & Kewirausahaan (Vol. 1, Issue 1). http://www.rancahpost.co.id/20160251061/13-

Jun, J. N. (2020). Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua terhadap Perkembangan Kognitif Anak. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 11(1), 46. https://doi.org/10.24036/rapun.v11i1.108494

Ramadhani, R. (2013). komunikasi interpersonal orang tua dan anak dalam membentuk perilaku positif anak pada murid sdit cordova samarinda. 1(3), 112–121.

Sari, A. N. (2022). Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua Terhadap Anak dalam Membentuk Kepribadian Anak di Usia Dini Pada Kelompok Bermain AT Biyyan. EDUKATIF :jurnal ilmu pendidikan, 4(6), 7728–7734. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.3839

Umar, Hs., Rustiyarso, Mp., & HSyahwani Umar, Mp. (n.d.). strategi cooperative learing model jigsaw dalam pembelajaran ips di kelas ix mts negeri ketapang Mengetahui, Dekan fkip untan Ketua Pengelola Pasca Sarjana tep.

Zuhri, S. (2009). Pola komunikasi orang tua kandung terhadap anak remaja yang mengalami depresi ( Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Orang Tua Terhadap Anak Remaja Yang Mengalami Depresi ). In Jurnal Ilmu Komunikasi (Vol. 1, Issue 2).

Aulia, L. (2019). Strategi Komunikasi Orang Tua Dalam Mengembangkan Karakter Religius Anak Remaja Dalam Keluarga.

Lestari, P. (2009). Hubungan Komunikasi Interpersonal Orangtua-Anak dengan Sikap Remaja Terhadap Lawan Jenis Pada Siswa SMP Islam YLPI Pekanbaru. 1–82.

Noor (2011: 138). (2020). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Pada Karangan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Nuruzzakiah, R. (2012). Hubungan komunikasi orang tua terhadap rasa percaya diri siswa kelas XI di SMK Pgri 1 Ngawi. 10–44.

Pratama, H. (2011). Pola hubungan komunikasi interpersonal antara orang tua dengan anak terhadap motivasi berprestasi pada anak (studi pada SDN 01 Pagi Cipulir Kebayoran Jakarta. Jakarta. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/1854

Sarnoto, A. Z. (2022). Komunikasi Efektif pada ‘Anak Usia Dini dalam Keluarga Menurut Al-Qur’an. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2359–2369. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1829

Sujiwo, R. P. (2022). Gaya Komunikasi Orang Tua dalam Pengasuhan Generasi Alpha di BKB Mawar Larangan Kota Cirebon. PANCANAKA Jurnal Kependudukan …, 3(1), 14–22. https://doi.org/10.37269/pancanaka.v3i1.107