PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SEND A PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII
Keywords:
Send a Problem, Kemampuan Pemecahan Masalah, SPLDV, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas 8 di SMP IT Al Hijrah Medan melalui model pembelajaran kooperatif tipe send a problem pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Jenis penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini yakni 19 orang siswa kelas 8 di SMP IT Al Hijrah Medan. Instrumen penelitian terdiri dari tes dan lembar obsrevasi. Hasil analisis data siklus I diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yakni 59,21 dan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar yakni 26,32%. Hasil analisis data siklus II diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yakni sebesar 81,14 dan dan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar yakni 89,47%. Dari data tersebut telihat bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah dari tes tersebut. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe send a problem dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP IT Al Hijrah Medan.
References
Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Data Academy (2020, Juli 19). Peningkatan Kualitas SDM Indonesia dan Penguasaan Teknologi. Diakses 31 Juli 2022 dari https://dataacademy.co.id/peningkatan-kualitas-sdm-indonesia-dan-penguasaan-teknologi/#:~:text=Berdasarkan%20riset%20dari%20Bank%20Dunia,dari%20beberapa%20negara%20Asia%20Tenggara
Hia, Y. & Chairunisa, R. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Microsoft Powerpoint Pada Materi Segi Empat di Kelas VII SMP Negeri 27 Medan T.A. 2016/2017. Jurnal Generasi Kampus, 10(2), 51-65. DOI: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/8290/6951
Meliala, W.K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi. Medan: Universitas Negeri Medan.
Muhardi. (2004). Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Jurnal Mimbar, 20(4), 478-492. DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v20i4.153
Nabillah, T., & Abadi, Prasetyo A. (2021). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (659-663). Karawang: Sesiomadika 2019.
Ningrum, E. (2014). Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Praktis dan Contoh. Yogyakarta: Ombak.
Nurhasanah, D.S., & Luritawaty, I. P. (2021). Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 71-82. DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1027
Pulungan, S.A., & Aninda, I. N. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Pendekatan RME Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Tematik, 10(1), 142-150. DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v10i3.22104
Rosdianwinata, E. (2015). Penerapan Metode Discovery Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal kajian Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 2. DOI: http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1068364&val=12872&title=Penerapan%20Metode%20Discovery%20Untuk%20Meningkatkan%20Kemampuan%20Pemecahan%20Masalah%20Matematika%20Siswa
Seruni. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Kajian Pendidikan, 4(1), hal 36. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v4i1.3060
Suhermi & Saragih, S. (2006). Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Cendikia Insani.
Trianto. (2019). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Tyas, N.M. (2016). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Wahyuni, F. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Negeri 3 Sunggal. Journal of Mathematics Education and Science, 2(2), 17-29. DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v2i2.127