PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SEND A PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII

Main Article Content

Rahayu Lestari
Yasifati Hia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas 8 di SMP IT Al Hijrah Medan melalui model pembelajaran kooperatif tipe send a problem pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Jenis penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini yakni 19 orang siswa kelas 8 di SMP IT Al Hijrah Medan. Instrumen penelitian terdiri dari tes dan lembar obsrevasi. Hasil analisis data siklus I diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yakni 59,21 dan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar yakni 26,32%. Hasil analisis data siklus II diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yakni sebesar 81,14 dan dan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar yakni 89,47%. Dari data tersebut telihat bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah dari tes tersebut. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe send a problem dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP IT Al Hijrah Medan.

Article Details

How to Cite
Lestari, R., & Hia, Y. . (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SEND A PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1042–1050. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3226
Section
Articles

References

Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Data Academy (2020, Juli 19). Peningkatan Kualitas SDM Indonesia dan Penguasaan Teknologi. Diakses 31 Juli 2022 dari https://dataacademy.co.id/peningkatan-kualitas-sdm-indonesia-dan-penguasaan-teknologi/#:~:text=Berdasarkan%20riset%20dari%20Bank%20Dunia,dari%20beberapa%20negara%20Asia%20Tenggara

Hia, Y. & Chairunisa, R. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Microsoft Powerpoint Pada Materi Segi Empat di Kelas VII SMP Negeri 27 Medan T.A. 2016/2017. Jurnal Generasi Kampus, 10(2), 51-65. DOI: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/8290/6951

Meliala, W.K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi. Medan: Universitas Negeri Medan.

Muhardi. (2004). Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Jurnal Mimbar, 20(4), 478-492. DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v20i4.153

Nabillah, T., & Abadi, Prasetyo A. (2021). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (659-663). Karawang: Sesiomadika 2019.

Ningrum, E. (2014). Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Praktis dan Contoh. Yogyakarta: Ombak.

Nurhasanah, D.S., & Luritawaty, I. P. (2021). Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 71-82. DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1027

Pulungan, S.A., & Aninda, I. N. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Pendekatan RME Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Tematik, 10(1), 142-150. DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v10i3.22104

Rosdianwinata, E. (2015). Penerapan Metode Discovery Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal kajian Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 2. DOI: http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1068364&val=12872&title=Penerapan%20Metode%20Discovery%20Untuk%20Meningkatkan%20Kemampuan%20Pemecahan%20Masalah%20Matematika%20Siswa

Seruni. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Kajian Pendidikan, 4(1), hal 36. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v4i1.3060

Suhermi & Saragih, S. (2006). Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Cendikia Insani.

Trianto. (2019). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Tyas, N.M. (2016). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Wahyuni, F. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Negeri 3 Sunggal. Journal of Mathematics Education and Science, 2(2), 17-29. DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v2i2.127