TINJAUAN SOSIOLOGI EKONOMI PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA FEBI UIN SUMATERA UTARA PADA PASAR VIRTUAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Main Article Content

Hamidah Fadly Nasution
Marliyah Marliyah
Neila Susanti

Abstract

Sosiologi ekonomi merupakan studi yang mempelajari cara masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka terhadap barang dan jasa dengan menggunakan pendekatan atau perspektif analisis sosiologi. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode analisis data yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan dalam tinjauan sosiologi ekonomi bahwa mahasiswa sudah terbawa oleh zaman, sehingga terpengaruhi oleh iklan, mode lewat televisi, tayangan infortaiment, gaya hidup selebritas dan berbagai bentuk industry budaya popular lainnya dengan banyaknya diskon atau promo yang ada. Secara langsung kehidupan dalam bersosialisasi kini semakin rendah dari banyaknya pengguna internet yang melakukan transaksi di pasar virtual. Seharusnya sebagai mahasiswa FEBI UIN Sumatera Utara yang telah mempelajari bagaimana konsumsi dalam Islam yaitu tidak berlebih-lebihan dalam berkonsumsi, dapat mempertimbangkan penggunaan pasar virtual dengan baik. Sehingga rasionalisme Islam dapat diterapkan untuk mencapai suatu mashlahah. Suatu mashlahah akan dapat dicapai jika seseorang lebih mengutamakan kebutuhan (needs) bukan memenuhi keinginan (wants) yang tidak ada tolak ukurnya dan tidak terbatas.

Article Details

How to Cite
Nasution, H. F. ., Marliyah, M., & Susanti, N. . (2022). TINJAUAN SOSIOLOGI EKONOMI PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA FEBI UIN SUMATERA UTARA PADA PASAR VIRTUAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM . Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1), 63–70. https://doi.org/10.32670/ht.v2i1.2672
Section
Articles

References

Asman, Desrika, Ririn dan Rosmayani. 2017. Analisis Faktot-Faktor Yang Memeengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Mendapatkan Dana Pinjaman Modal Usaha Pada Unit Layanan Modal Mikro (ULAMM) di Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu, Jurnal Valuta Vol. 3 No. 1, April 2017.

Baidhowi, Bagus dan Irham Zaki. Implementasi Konsumsi Islami Pada Pengajar Pondok Pesantren (Studi Kasus Pada Pengajar Pondok Pesantrenal Aqobah Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang, JESTT: Vol. 1 No. 9 September 2014.

Bakti, Indra Setia, Nirzalin, Alwi. Konsumernisme Dalam Perspektif Jean Baudrillard, Jurnal Sosiologi USK. Volume. 13, Nomor. 3, 2019.

Dahliawati, Renita, Skripsi. Perilaku Impulse Buying Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Dalam Belanja Online Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam, Institut Agama Islam Negeri. Metro, 2019.

Fauzia, Yunia Ika dan Abdul Kadir Riyadi. Prinsip Dasar Ekonomi Islam Perspektif Maqasid Al-Syari’ah, Jakarta : Kencana, 2014

Haryanto, Sindung. Sosiologi Ekonomi, Teori-Teori Sosiologi Ekonomi Post-Moden, Jakarta: Ar-ruzz Media, 2016.

Imsar et. al. Ekonomi Mikro Islam, Medan: Buku Ajar, 2019.

Huda, Mitahul. Indikator Perilaku Konsumen dalam Memenuhi Kebutuhan Primer (Studi Mashlahah Imam Al-Gazali Kitab Al Mustasfa Min ‘Ilm Ushul, Islamic Economi Journal Vol.3, No.2 Desember, 2017.

Ilyas, Rahmat. Etika Konsumsi dan Kesejahteraan Dalam Perspektif Ekonomi Islam, At-Tawassuth, Vol. 2, No. 1, 2016.

Iqbal Muhammad, Saparuddin Siregar, Marliyah, Faktor-faktor Mempengaruhi Transaksi Non Tunai Mobile Banking di Bank Muamalat Medan, jurnal KITABAH: Vol. 3, No. 2, 2 Juli – Desember 2019.

Ngasifudin, Muhammad. Rasionalitas Dalam Ekonomi Islam, Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia. Volume VII. Normor. 2: 111-119, 2017 M/ 1438 H

Naomi, Agatha. Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Online Shopping, Universitas Telkom, 2012.

Ngasifudin, Muhammad. Rasionalitas Ekonomi Islam, P-ISSN: 2476-8774/E-ISSN: 2621-668X, h.332-334, AL-INTAJ, Vol.4, No,2, September 2018.

Niar, Haslinda, Skripsi. Analisis Hipperrealitas Terhadap Permintaan Barang di Pasar Virtual Melalui Pendekatan Sosiologi Ekonomi: Studi Pada Mahasiswa UIN Alauddin Makassar, UIN Alauddin Makassar, 2018.

Rahmani, Nur Ahmadi Bi. Metodologi Penelitian Ekonomi, Medan: FEBI UINSU Press, 2016.

Rosyida, Lutfiatur, Zia, Skripsi. Hiperrealitas Pembelian Produk Fashion di Pasar Virtual Menurut Perspektif Ekonomi Islam, IAIN Ponogoro, 2020.

Septiana, Analisi Perilaku Konsumsi Dalam Islam”. DINAR, Vol. 1 No. 2 Januari, 2015.

Sari, Indah R, Skripsi. Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Permintaan Masyarakat Berbelanja Pada Pasar Virtual di Kota Makassar, UIN Alauddin Makassar, 2018.

Tarigan, Azhari Akmal. Tafsir Ayat-Ayat Ekonomi, Medan: FEBI-UINSU Press, 2016-2017.

Zainal, Veithzal R, et. al. Ekonomi Mikro Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2018

Zuliana, Skripsi. Prinssip Konsumsi dalam Islam Berbasis Nilai Material dan Spiritual: Analisis Konsep M. Abdul Mannan dan Aktualisasinya dengan Prinsip Konsumsi di Indonesia, Semarang: UIN Walisongo, 2015.