ANALISIS DAMPAK EKSPLOITASI PERAIRAN SUNGAI TERHADAP PEREKONOMIAN NELAYAN DESA SIMANGALAM KABUPATEN LABUHANBATU UTARA

Main Article Content

Nur Indah Sari
Neila Susanti
Nurul Jannah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Dampak Eksploitasi Perairan Sungai Terhadap Perekonomian Nelayan Desa Simangalam Kabupaten Labuhanbatu Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data, melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian dari masyarakat sekitar, sekaligus pelaku usaha pengerukan lahan ilegal, lebih memilih untuk tetap melakukan usaha pengerukan tersebut, meskipun mereka tahu akan konsekuensinya, dasar pemikiran mereka adalah kegiatan pengerukan untuk menambah pendapatan pelaku usaha, pernyataan mereka juga didukung dengan jenis tanah yang ada di kawasan tersebut, sesuai untuk lahan pertanian penanaman kelapa sawit. Yang dituntut dalam permasalahan ini adalah, rasa tanggung jawab terhadap lingkungan sekitar, terlebih apabila usaha tersebut bergerak di bidang pengerukan lahan, maka dituntut untuk memiliki rasa tanggung jawab terhadap lingkungan yang lebih, mengingat dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan dan kepada masyarakat nelayan yang sehari-harinya mencari kebutuhan hidup dengan hasil penangkapan ikan yang semangkin berkurang.

Article Details

How to Cite
Sari, N. I., Susanti, N., & Jannah, N. (2023). ANALISIS DAMPAK EKSPLOITASI PERAIRAN SUNGAI TERHADAP PEREKONOMIAN NELAYAN DESA SIMANGALAM KABUPATEN LABUHANBATU UTARA. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1082–1090. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3330
Section
Articles

References

Ahmad, B. (2022). Dampak Kultur Terhadap Lifestyle Masyarakat Nelayan (Analisis Kemiskinan Kultural pada Masyarakat Nelayan). Kopi Susu: Jurnal Komunikasi, Pollitik & Sosiologi, Volume 4(No 1), 1–17.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif -. Jejak. https://books.google.co.id/books?id=59V8DwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Aritonang, B. D. (2021). Keadaan Sosial Ekonomi Masyarakat Nelayan DAS Desa Asam Jawa Raya. Universitas Sumatera Utara.

Helmi, Y. (2022). Hasil Wawancara Nelayan Desa Simangalam.

Ilyasa, F., Zid, M., & Miarsyah, M. (2020). Pengaruh Eksploitasi Sumber Daya Alam Terhadap Kemiskinan Pada Masyarakat Nelayan. PLPB: Jurnal Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan Berkelanjutan, Volume 21(No 01), 43–57.

Imsar. (2018). Analisis Produksi Dan Pendapatan Usahatani Kopi Gayo (Arabika) Kabupaten Bener Meriah.

Imsar, Armayanii, R. R., Daulay, A. N., Syahbudi, M., Manjasari, & Amelia, R. (2019). Ekonomi Mikro Islam. Febi Press.

Indara, S. R. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatn Nelayan Tangkap. Universitas Negeri Gorontalo.

Kusdiantoro, Fahrudin, A., Wisudo, S. H., & Juanda, B. (2019). Perikanan Tangkap DiIndonesia, Potret dan Tantangan Berkelanjutan. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, Vol. 14(No. 2), 145–162.

Lubis, A. I. F., Sembiring, R., & Hasanah, U. (2021). Dampak Penentu Hasil Tangkapan Dan Kesejahteraan Nelayan Di Kelurahan Belawan Bahari Pada Era New Normal. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Kebijakan Publik, Vol. 6(No. 1).

M, N. (2020). Dampak Teknologi Terhadap Tingkat Pendapatan Nelayan Di Pallameang Kabupaten Pinrang (Analisis Ekonomi Islam). Institut Agama Islam Negeri Parepare.

Malik, A. (2017). Dampak Eksploitasi SDA Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Dalam Pandangan Etika Bisnis Islam. Jurnal Studi Keislaman : Nizham, Vol 05(No 02).

Marliyah, Desky, D., & Harahap, R. daim. (2022). Pengaruh Biaya Operasional dan Pendapatan Terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Jasa Subsektor Perdagangan Besar yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(1), 163–173. https://katadata.co.id/berita/2020/01/06/baru-83-peserta-bpjs-kesehatan-per-akhir-2019-

Nurbaiti, Salsabila, M., & Irham, M. (2022). Analisis Pendapatan Supir Angkutan Umum Sebelum Dimasa Pandemi COVID-19 Ditinjau Dari Ekonomi Islam (Studi Kasus Supir Angkutan Umum Di Kecamatan Payabungan Kabupaten Mandailing Natal. Jurnal Program Ekonomi Syariah STAIN Madina (EKSYA), 3(2), 192–205.

Pariella, T. (2019). Dampak Eksploitas Sumberdaya Alam Kelautan dan Perikanan Terhadap (Kondisi) Sosial Ekonomi Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Kelautan Dan Perikanan, Vol 1(No 1).

Rahmadi, N. A. B. (2016). Metodologi Penelitian Ekonomi. Febi UIN-SU Press.

Situmorang, M. A. (2022). Wawancara Anggota Kelompok Nelayan Desa Simangalam.

Most read articles by the same author(s)