PENGARUH HARGA, PROMOSI ONLINE PADA MEDIA SOSIAL DAN WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Authors

  • Rere Pufa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sri Ramadhani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurul Jannah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32670/ht.v1i8.1879

Keywords:

Harga, Promosi, Dari Mulut ke Mulut, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besarnya pengaruh harga, promosi
online di media sosial dan word of mouth terhadap keputusan pembelian pada
toko Homood Deli Serdang Sumatera Utara. Dari data yang diperoleh terdapat
96 responden, hasil kuesioner pada variabel dependen adalah keputusan
pembelian, sedangkan variabel independennya adalah harga, promosi dan word
of mouth. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Hasil uji F menunjukkan bahwa F hitung lebih besar dari F tabel (41,013 > 2,70)
yang artinya semua variabel independen secara simultan berpengaruh signifikan
terhadap variabel dependen. Hasil uji T pada variabel harga menunjukkan
pengaruh yang signifikan dengan nilai T hitung (2,003) > T tabel (1,986), dari
variabel promosi berpengaruh signifikan nilai T hitung (3,608) > T tabel
(1,986), dari variabel word of mouth terdapat pengaruh yang signifikan , nilai t
hitung (3,416) > t tabel (1,986). Sedangkan hasil uji regresi Y = 4,281 +
0,201X1 + 0,334X2 + 0,330X3. yang berarti setiap kenaikan variabel bebas
harga (X1), promosi (X2) dan word of mouth (X3) meningkat sebesar 1%,
keputusan pembelian pada toko homood meningkat sebesar 0,201 (X1), 0,334
(X2), 0,330 ( X3). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga, promosi,
word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada toko
Homood Deli Serdang Sumatera Utara.

References

Abdul Azim Islami. 1988. Economic Concept Of Ibn Taimiyah. The Islamic Foundation.

Abi Isa Muhammad Bin Isa Bin Saurah. 2002. Sunan At-Tarmizi Al-Jami’As-Sahih, Dar

Al-Ma’rifah.

Andy, Sernovitz. 2009. Word of Mouth Marketing: How Smart Companies Get People

Talking. Kaplan Publishing.

Arum Wahyuni Purbohastuti. 2017. Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi,

dalam Junal Tirtayasa Ekonomika.

Azhari Akmal Tarigan. 2012. Tafsir Ayat Ekonomi. Cipta Pustaka.

Bagas Aji Pamungkas, Siti Zuhroh. 2016. Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Word

of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus Pada Kedai Bontacos

Jombang. Jurnal STIE PGRI Dewantara.

Buchari, Alma. 2000. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Buchari Alma. 1992. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Fandy Tjiptono. 2012. Pemasaran Strategi Edisi 2. CV. Andi Offset.

Fandy Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran Edisi III. CV. Andi Offset.

Fandy Tjiptono, Gregorius Chandra. 2012. Service, Quality Satisfaction. Andi Offset.

Gary Armstrong dan Philip Kotler. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga.

Goyette, Ricard, Bergeron, Marticotte. 2010. E-WOM Scale: Word of Mouth

Measurement Scale for e-Services Context. Journal of Administrative Sciences,

Canadian.

Harjanto, Rudy. 2009. Prinsip Prinsip Periklanan. PT Gramedia Jakarta.

Hasan, Ali. 2010. Marketing Dari Mulut Ke Mulut. Media Pressindo.

Hendra Riofita. 2013. Sistem Ekonomi Islam. Pt Suntra Benta Perkasa.

Husein Umar. 2009. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Rajawali Pers.

Imam Heryanto. 2015. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, dan Promosi

Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan.

Jurnal STIE Pasundang Bandung

Imam Ghozali. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. BP-

Universitas Diponegoro

Isnaini Harahap, et.al. 2013. Pedoman Praktikum SPSS dan Bank Mini, Fakultas Syariah

dan Ekonomi Islam IAIN Medan.

Downloads

Published

2022-06-20

How to Cite

Pufa, R. ., Ramadhani, S. ., & Jannah, N. . (2022). PENGARUH HARGA, PROMOSI ONLINE PADA MEDIA SOSIAL DAN WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN . Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(8), 987–997. https://doi.org/10.32670/ht.v1i8.1879