PENGARUH GAYA HIDUP, PENDAPATAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ANGSURAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Main Article Content

Ahmad Ridwan Hasibuan
Yenni Samri Juliati Nst
Nurul Jannah

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui pengaruh faktor gaya hidup, pendapatan dan kemudahan terhadap keputusan pembelian angsuran pada masyarakat Desa Bintang Meriah. Penelitian dilakukan ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan Teknik purposive sampling serta Analisa data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji t, uji F dan R square pengujian dilakukan dengan mengguakan menggunakan SPSS.Hasil dalam penelitian ini menyatakan variabel gaya hidup berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan angsuran pada masyarakat Desa Bintang Meriah, pendapatan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pemeblian secara angsuran pada masyarakat Desa Bintang Meriah, kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara angsuran pada masyarakat Desa Bintang Meriah dan gaya hidup, pendapatan dan kemudahan secara Bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat Desa Bintang Meriah.

Article Details

How to Cite
Hasibuan, A. R., Nst, Y. S. J. ., & Jannah, N. . (2023). PENGARUH GAYA HIDUP, PENDAPATAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ANGSURAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(7). Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3328
Section
Articles

References

Abdillah, Izul. Arman Paramansyah Dan Dessy Damayanthi. (2021). Implementasi Akad Ba’i Istishna Dan Ba’i Taqsith Pada Pembiayaan Kepemilikan Rumah (Non Bank) Di Perumahan Islam Indonesia. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis Syari’ah. P-Issn 2656-2871. E-Issn 2656-4351.

Alsabiyah, T., & Kadarisman Hidayat, D. F. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa/Mahasiswi Universitas Brawijaya Yang Menggunakan Sepatu Sneakers Merek Converse). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 70(1), 106–113.

Apriyandani, H. E. Y. S. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian ( Survei Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2014 Dan 2015 Universitas Brawijaya Malang Yang Membeli Dan Menggunakan Smartphone Iphone ). 50(2), 180–189.

Dermawan, D. (2020). Pengaruh Faktor Demografi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Kredit: Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Bulu Cina [Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara]. In Journal Of Chemical Information And Modeling.Https://Doi.Org/10.1016/J.Tmaid.2020.101607%0ahttps://Doi.Org/10.1016/J.Ijsu.2020.02.034%0ahttps://Onlinelibrary.Wiley.Com/Doi/Abs/10.1111/Cjag.12228%0ahttps://Doi.Org/10.1016/J.Ssci.2020.104773%0ahttps://Doi.Org/10.1016/J.Jinf.2020.04.011%0ahttps://Doi.O

Erdawati. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Iklan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Shopee. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(3), 365–371. Https://Doi.Org/10.31846/Jae.V8i3.331

Hartini, K., & Inggriani, I. (2020). Pengaruh Pendapatan Dan Lingkungan Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Secara Taqsith. Al-Intaj : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1), 94. Https://Doi.Org/10.29300/Aij.V6i1.2861

Ilham, Alif. (2020). Kajian Penelian Tentang Hukum Jual Beli Kredit. Suhuf. Vol,. 32. No. 1.

Ismanto, J. (2020). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa “Prodi Akuntasni S-1.” In Unpam Press: Tangerang (Issue 1).

Lubis, Aulia Alamsyah, M. A. Dan N. (2021). Analisis Tingkat Pendapatan Pedagang Pasca Revitalisasi Pasar, Dijalan Pasar Vii Tembung Desa Banda Kalippa Simpang Jodoh. Studia Economica: Jurnal Ekonomi Islam, Vii(2), 183–195.

Marranitha, I. D. A. R. P., & Suardana, I. B. R. (2020). Pengaruh Kepercayaan , Selisih Bunga Kredit Dengan Bank Konvensional , Dan Kemudahan Proses Kredit Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Layanan Fintech Berbasis Pinjaman Online : Studi Kasus Di Ptn Dan Pts Provinsi Bali. Tiers Information Technology Journal, 1(2), 44–50. Http://Journal.Undiknas.Ac.Id/Index.Php/Tiers/Article/View/2805.

Mulyadi, A., Eka, D., & Nailis, W. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Online Lazada. Jembatan, 15(2), 87–94. Https://Doi.Org/10.29259/Jmbt.V15i2.6656.

Sukmawati, E. (2020). Pengaruh Pendapatan Dan Suku Bunga Terhadap Keputusan Pengambilan Kpr Pada Pt Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Prabumulih. Islamic Banking : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 5(2), 53–72. Https://Doi.Org/10.36908/Isbank.V5i2.116.

Syaikhu, Ariyadi, & Norwili. (2020). Fikih Muamalah Memahami Konsep Dan Dialektika Kontemporer. In R. Patrajaya (Ed.), K-Media (Vol. 53, Issue 9).

Taqiyudin, Hilman. (2019). Konsep Muamalah Dalam Islam. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah. Muamalatuna..

Yusmalina, Putri Handayani, Dan F. H. (2020). Analisis Pengaruh Pendapatan Dan Beban Terhadap Penyajian Laporan Laba Rugi Di J&T Express Karimun. Jurnal Cafetaria, 1(1), 22–32.