Pengaruh Pendapatan Unit Simpan Pinjam Terhadap Sisa Hasil Usaha Pada Koperasi Simpan Pinjam Primkoveri Lvri Unit Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka

Main Article Content

Ipey Istanto
Burhanudin Rabani

Abstract

Maksud dari penelitian ini adalah untuk memperoleh dan mengumpulkan data atau keterangan secara informasi yang berhubungan dengan permasalahan yang akan dibahas oleh penyusun. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui perkembangan pendapatan pada Koperasi Simpan Pinjam Primkoveri LVRI Unit Jatiwangi Kabupaten Majalengka. Untuk mengetahui perkembangan sisa hasil usaha Koperasi Simpan Pinjam Primkoveri LVRI Unit Jatiwangi Kabupaten Majalengka. Untuk mengetahui pengaruh pendapatan terhadap sisa hasil usaha pada Koperasi Simpan Pinjam Primkoveri LVRI Unit Jatiwangi Kabupaten Majalengka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi adalah laporan laba rugi Koperasi Simpan Pinjam Primkoveri LVRI Unit Jatiwangi Kabupaten Majalengka periode tahun 2015 sampai dengan tahun 2019. Sampel penelitian ini adalah laporan laba rugi Koperasi Simpan Pinjam Primkoveri LVRI Unit Jatiwangi Kabupaten Majalengka periode tahun 2015 sampai dengan tahun 2019. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi, korelasi, determinasi dan uji t. Pendapatan berpengaruh secara signifikan terhadap sisa hasil usaha pada sesuai dari kriteria yang diharapkan Kabupaten Majalengka, koefisien korelasi antara pendapatan dengan sisa hasil usaha sebesar 0,810, hubungan yang terjadi antara pendapatan dengan sisa hasil usaha berada dalam kategori hubungan yang sangat kuat, persamaan regresi linier sederhana Y = -87640289.234 + 0,055X. Konstanta sebesar -87640289.234 menyatakan bahwa jika tidak ada kenaikan nilai dari variabel bebas (pendapatan) maka nilai variabel tak bebas (sisah hasil usaha) adalah -87640289.234. Slope sebesar 0,055 menyatakan bahwa setiap penambahan (karena bernilai +) satu skor nilai variabel bebas pendapatan akan memberikan kenaikan sisa hasil usaha sebesar 0,055. Besarnya pengaruh pendapatan terhadap sisa hasil usaha pada Koperasi Simpan Pinjam Primkoveri LVRI Unit Jatiwangi Kabupaten Majalengka adalah sebesar 65,7%, dan 34,3,2% di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Article Details

How to Cite
Istanto, I. ., & Rabani, B. . (2022). Pengaruh Pendapatan Unit Simpan Pinjam Terhadap Sisa Hasil Usaha Pada Koperasi Simpan Pinjam Primkoveri Lvri Unit Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(Spesial Issues 3), 657–665. https://doi.org/10.32670/ht.v2iSpesial Issues 3.1516
Section
Articles

References

Danin Haqien and Aqiilah Afiifadiyah Rahman, “Pemanfaatan zoom meeting untuk proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19,” SAP (Susunan Artikel Pendidikan), vol. 5, no. 1, Agustus 2020.

Tuti Herawati, Bambang Gulyanto, and Nila Sudarti, "Penerapan aplikasi zoom pada materi keterampilan berbicara mahasiswa bahasa indonesia," September 2020.

Ismail Akbar Brahma, "penggunaan zoom sebagai pembelajaran berbasis online dalam mata kuliah sosiologi dan antropologi pada mahasiswa ppkn di stkip kusumanegara jakarta," Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, vol. 06, no. 02, pp. 100-102, Mei 2020.

M.Ed., Ph.D. Prof. Ir. Tian Belawati, Pembelajaran Online. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2019.

Dison Librado, "Analisis penerimaan mahasiswa terhadap sistem informasi akademik (SIAKAD) dengan metode technology acceptance model (TAM)," vol. 7, no. 2, pp. 114-115, September 2017.

Sulis Sandiwarno, "Perancangan model e-learning berbasis collaborative video conference learning guna mendapatkan hasil pembelajaran yang efektif dan efisien," jurnal ilmiah fifo, vol. VIII, no. 2, November 2016