PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN DESAIN INTERIOR KELAS XII SEMESTER 1 DI SMK N 1 BUKIITNGGI

Main Article Content

Mohamad Fauzi
Riri Okra
Zulfani Sesmiarni
Iswantir

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu teknologi yang digunakan pada proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitan Perancangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash CS6 Pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Desain Interior Kelas XII Semester 1 di SMK N 1 Bukiitnggi merupakan salah satu alat bantu untuk mempermudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa agar mudah dipahami. Metode penelitian yang digunakan adalah metofe penelitan Reserch and Develompent (R&D), menggunakan model pengembangan versi 4D. 4D terdiri dari define, desain, develop, dan dessiminate. Model pengemabangan sistemnya menggunakan model Multimedia Development Cycle. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan media pembelajaran yang dihasilkan dapat membantu dan bermanfaat serta layak digunakan oleh siswa dan guru dalam mata pelajaranAplikasi Perangkat Lunak dan Desain Interio. Hasil uji validitas dari master menunjukan item substansial dengan nilai, 0.89. Sedangkan hasil uji kelayakan yang uji oleh guru mata pelajaran dapat disimpulkan praktis dengan nilai 0.87, dan hasil uji efektivitas dari beberapa siswa menunjukan prduk ini1sangataefektifddengancnilais0.71.

Article Details

How to Cite
Mohamad Fauzi, Riri Okra, Zulfani Sesmiarni, & Iswantir. (2022). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN DESAIN INTERIOR KELAS XII SEMESTER 1 DI SMK N 1 BUKIITNGGI. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(Spesial Issues 1), 245–249. https://doi.org/10.32670/ht.v2iSpesial Issues 1.1142
Section
Articles

References

Iswantir,“Pendidikan Islam Sejarah , Peran dan Kontribusi Dalam Sistem Pendidikan Nasional,” p. 127, 2019.

H. Sirait, “Sejarah Perkembangan Teknologi Telematika,” 2009.

T. Tafonao, “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa,” J. Komun. Pendidik., vol. 2, no. 2, p. 103, 2018.

F. R. Wahid, “Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Tentang Proses Penyearahan Arus pada Sistem Pengisian dengan Menggunakan Alat Peraga pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang,” 2009.

Most read articles by the same author(s)