HUBUNGAN PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA di SMA NEGERI 1 MINAS

Main Article Content

Delvi Asari
Supratman Zakir
Zulfani Sesmiarni
Melyan Melani

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran online yang di jalankan dalam rangka pencegahan penularan angka penyebaran Covid-19. Dalam pelaksanaan pembelajaran online mengakibatkan siswa dan guru tidak bisa tatap muka dan melakukan pembelajaran dari rumah masing-masing. Melalui observasi awal yang dilakukan penulis di SMA N 1 Minas Kab. Siak Prov. Riau pada mata pelajaran kimia, diperoleh bahwa guru dan siswa dalam proses pembelajaran menggunakan google classroom dalam melaksanakan proses pembelajaran. pada saat melakukan proses pembelajaran menggunakan google classroom siswa dapat membuka aplikasi lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pemenfaatan google classrom terhadap hasil belajar kimia di SMA Negeri 1 Minas . Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, metode yang digunakan adalah metode korelasi yaitu penelitian yang dimaksud untuk mengetahui hubungan antara dua variabel. Dalam penelitian ini hubungan antara dua variabel yaitu pemanfaatan google classrom (variabel X) terhadap hasil belajar (variabel Y). Populasi penelitian siswa kelas X SMAN 1 Minas pada mata pelajaran Kimia sebanyak 86 siswa dengan sampel 46 siswa teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket tentang hubungan pemanfaatan google classrom terhadap hasil belajar. Angket diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian ini terlihat bahwa pemanfaatan google classroom dinilai sangat baik sebesar 34,8% dengan hasil belajar terbanyak dan hasil belajar terbanyak rentang nilai 73-77 yaitu 15 orang (32,6%) dan berdasarkan uji korelasi diperoleh nilai pearson correlation 0,454, dimana nilai tersebut berada diantara 0,400-0,599 dengan kategori sedang. Nilai pearson correlation bertanda positif, artinya semakin meningkat pemanfaatan google classroom maka hal tersebut akan meningkatkan hasil belajar siswa dan nilai R square 20,6%.

Article Details

How to Cite
Delvi Asari, Supratman Zakir, Zulfani Sesmiarni, & Melyan Melani. (2022). HUBUNGAN PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA di SMA NEGERI 1 MINAS. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(Spesial Issues 1), 176–182. https://doi.org/10.32670/ht.v2iSpesial Issues 1.1133
Section
Articles

References

Septian Nugroho, “Keefektifan Penggunaan E-learning Berbasis Moodle Dalam Pembelajaran Terhadp Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA 5 Semarang,” J. Pendidik. Teknol. Inf. Dan Komun., 2013.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.” .

Septian Nugroho, “Keefektifan Penggunaan E-learning Berbasis Moodle Dalam Pembelajaran Terhadp Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA 5 Semarang,” J. Pendidik. Teknol. Inf. Dan Komun., 2013.

P. Mudamayanti and Wiryanto, “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Google Classroom Untuk MengukurPencapaian Indikator Terhadap Pembelajaran Matematika Materi Pengolahan Data Kelas V SD di Tengah Situasi Lockdown Akibat Virus Covid-19,” J. Ilmu Pendidik. PGSD, vol. 8, no. 3, pp. 508–517, 2020, [Online]. Available: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35280.

susanti lidia, “Hubungan penggunaan google classroom sebagai pembelajaran efektif dan paperless terhadap nilai hasil belajar kognitif pada pelajaran biologi di SMA charis malang,” STIPAK Malang, pp. 253–258, 2015.

L. U. Ali and M. Zaini, “Pemanfaatan Program Aplikasi Google Classroom Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Perkuliahan Dasar-Dasar Kependidikan,” Society, vol. 11, no. 1, pp. 27–34, 2020, doi: 10.20414/society.v11i1.2297.

Most read articles by the same author(s)