PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR BERBASIS ANDROID DI SMK N 1 RAO SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.32670/ht.v2iSpesial%20Issues%201.1139Keywords:
pembuat aplikasi pintar, Perancangan Media PembelajaranAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membuat sebuah aplikasi berbasis Android pada mata pembelajaran komputer dan jaringan dasar yang ditunjuk untuk kelas X TKJ di SMKN 1 Rao Selatan. Metode yang digunakan penulis adalah metode Research and Development (R&D) versi four D (4D) yaitu Define, Design, Develop dan Disseminate. Model pengembangan multimedia versi Luther Sutopo yang terdiri dari enam komponen yaitu Concept, Desaign, Material Collecting, Assembly, Testing dan Distribution. Pada penelitian ini penulis menggunakan tahap penelitian yang mengkombinasikan antara four D (4D) dan model pengembangan multimedia versi Luther Sutopo. Aplikasi media pembelajaran berbasis android ini penulis rancang dengan menggunakan Software Smart apps creator. Dalam penelitian ini penulis melakukan Uji coba produk dengan menggunakan uji validitas, praktikalitas dan efektifitas. Penelitian yang penulis lakukan menghasilkan Media Pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Menggunakan Smart apps creator Berbasis Android. Aplikasi yang penulis buat dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa. Dari uji validitas produk dinyataka hasinya Valid. Uji validitas ini dilakukan oleh 3 orang dosen di IAIN Bukittinggi yang memiliki keahlian dibidang komputer dan kependidikan. Selanjutnya uji praktikalitas yang dilakukan kepada 3 orang guru Komputer dan Jaringan dasar. Dari uji praktikalitas ini menghasilkan nilai yang Sangat Efektif. Dan untuk uji efektifitas dari 5 orang siswa kelas X TKJ di SMKN 1 Rao Selatan yang mendapatkan nilai Sangat Efektif.
References
Budyastomo, A. W., 2017. Pembuatan Aplikasi Pengenalan Menggunakan Smart App Creator Tatasurya Berbasis Android. Ilm. Sise.Informas, 10(1), p.1-10. 2017.
Fadila, R. Perancangan Perizinan Santri Menggunakan Bahasa Pemograman PHP / MySQL Di SMP Nurul Ikhlas. 11(2), p.84-95. 2014
Hidayatsyah, S., 2012, Pasar Tradisional, Kriteria Perancangan, Pemrograman Arsitektur Berbasis Isu. 1(1), p.1-4, 2012.
Ichwan, M. F. H., 2011, Pengukuran Kinerja Goodreads Application Programming Interface (API) Pada Aplikasi Mobile Android ( Studi Kasus Untuk Pencarian Data Buku). 2(2), p.13-21.2011