PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PADA PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI DENGAN BANTUAN ADOBE ANIMATE DI KELAS X IPS GAJAH MADA MEDAN 2021/2022

Main Article Content

Anjel Christi Damanik
Muliawan Firdaus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbentuk game edukasi dan mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari game edukasi yang dikembangkan dengan bantuan aplikasi adobe animate pada materi trigonometri. Subjek pada penelitian ini adalah siswa-siswi Kelas X IPS SMA Gajah Mada Medan T.A 2021/2022. Sedangkan objek penelitian ini adalah media pembelajaran berbentuk game edukasi dengan bantuan adobe animate pada materi trigonometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa valid berdasarkan pada hasil validasi menurut ahli materi dengan total skor rata-rata yaitu 4,64 dan hasil validasi ahli media dengan skor rata-rata 4,57. Praktis berdasarkan pada hasil analisis uji coba terbatas dengan subjek berjumlah 27 orang, dimana didapat skor rata-rata sebesar 92,44%. Efektif diperoleh berdasarkan pada hasil ketuntasan secara klasikan dan angket respon siswa. Dimana hasil analisis dari tes hasil belajar didapat sebesar 79% yang berarti tidak tuntas secara klasikal dan respon positif terhadap game edukasi didapat sebesar 85,48% yang terdiri dari terhadap aspek kemudahan sebesar 85,22% dan terhadap aspek keterbantuan sebesar 85.74%. sehingga game edukasi yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis namun tidak efektif untuk digunakan walaupun memeliki respon positif.

Article Details

How to Cite
Damanik, A. C. ., & Firdaus, M. . (2022). PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PADA PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI DENGAN BANTUAN ADOBE ANIMATE DI KELAS X IPS GAJAH MADA MEDAN 2021/2022. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(10), 1464–1481. https://doi.org/10.32670/ht.v1i10.2170
Section
Articles

References

Abdullah, Fibby Syaeful & Tri Nova Yuanianta. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Matematik Triho Fun Berbasis Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(3) : 434-443.

Amir, Almira. 2016. Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Eksakta, 2(1) : 34-40

Andrianita, Setia. 2015. Pengembngan dan Analisis kualitas aplkasi panduan shalat jenajah pada handphone berbasis android. Tesis universitas negeri Yogyakarta

Arsyad, Azhar. 2013. Media pembelajaran. Jakarta : Rajawali Press.

Asto, Yohanes Wahyu. 2019. Pengembangan Game Edukasi Pembelajaran Matematika untuk Siswa Kelas IV SD dengan Menggunakan Program Visual Scratch. Skripsi Universitas Sanata Dharmaa Yogyakarta.

Enterprise, Jubilee. 2017. Trik Cepat Menguasai Adobe Animate. Jakarta; PT Elex Media Komputindo

Hamdani. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Handayani, Hilda, Yetri dan Fredi Ganda Putra. 2018. Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash. Jurnal Tatsqif, 16(2) : 186-203

Ingsih, Kusni dkk. 2018. Pendidikan Karakter : alat peraga edukatif media interktif. Deepublish: Yogyakarta

Kustandi, Cecep dan Daddy Darmawan. 2020. Pengembangan media pembelajaran. Kencana: Jakarta

Lestari, Sudarsri. 2018. Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam edureligia, 2(2) : 94-100

Mashuri, Sufri. 2019. Media Pembelajaran Matematika. Deepublish: Yogyakarta

Nursalam. 2016. Strategi Belajar Mengajar IPS. Cv. Garuda mas sejahtera: Situbondo

Pribadi, Benny A. 2016.. Desain dan Pengembangan Program Peltihan Berbasis Kompetensi : Implementasi model Addie. Jakarta: Kencana.

Rahmat, Pupu saeful. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Scopindo media pustaka: Surabaya

Sanaky, Hujair. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenamedia Group.

Sinaga, Bornok. 2008. Pengembangan model pembelajaran matematika berdasarkan masalah berbasis budaya batak (PBM-B3). Laporan Hasil Penelitian Hibah Bersaing. Medan: Unimed.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta.

Suhada, Ida. 2017. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suharsimi, Arikunto. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: bumi aksara

Sukayati, & Agus Suharja. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Dalam Pembelajaran Di SD. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sundayana, Rostina. 2016. Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori belajar dan Pembelajaran. Jakara: Kencana.

Trianto. 2017. Mendesain Model Pembelajarn Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta: Kencana

Vitianingsih, Anik Vega. 2016. Game edukasi sebagai media pembelajaran pendidikan anak usia dini. Jurnal Inform, 1(1) : 1-8