ANALYSIS OF THINK -PAIR-SHARE ASSISTED BY AUTOGRAPH TO FOSTER STUDENTS’ PROBLEM SOLVING SKILL

Main Article Content

Tira Kristy Pane
Muliawan Firdaus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair share berbantuan Autograph untuk membantu siswa dalam keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan sehingga data yang diperoleh berasal dari kumpulan literatur yang relevan yaitu jurnal-jurnal terkait untuk dibaca dan dipelajari. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan jurnal-jurnal terkait kemudian membaca dan mereviewnya. Setelah data terkumpul, dilakukan pengujian dan perbandingan data yang ditemukan. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan mengutip pendapat yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair share berbantuan Autograph dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dan memiliki tingkat penerimaan yang baik. Dengan demikian, pembelajaran Think Pair Share berbantuan Autograph untuk membantu siswa dengan keterampilan Problem Solving dapat diterapkan dalam pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan model Think Pair Share berbasis Autograph memiliki pengaruh yang besar serta berpeluang memberikan pengaruh positif berupa peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Article Details

How to Cite
Pane, T. K. ., & Firdaus, M. . (2022). ANALYSIS OF THINK -PAIR-SHARE ASSISTED BY AUTOGRAPH TO FOSTER STUDENTS’ PROBLEM SOLVING SKILL. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(12), 1747–1763. https://doi.org/10.32670/ht.v1i12.2507
Section
Articles

References

Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Abidin, Zainal. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidik Indonesia. 3 (1).

Affandi, Muhammad dkk. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang. Unissulla Press.

Anggrianti, A. D., Bernard, Rahmawati dan Nurawariyah. 2016. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write Pada Peserta Didik Kelas VIII MTsN Model Makassar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 4(1) : 11-28.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. tentang system

Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta :Depdiknas.

Djamarah, S. B., & Zain, Aswan. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwita, Asri dkk. 2018. Efektivitas Pembelajaran Think Pair Share Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6 (7) : 705, ISSN: 2338-1183.

Effendi, Leo Adhar. 2012. Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), ISSN 1412-565X.

Gick, M. L. (1986). Problem-solving strategies. Educational Psychologist

Hamiyah, N. Dan M. Jauhar. 2014. Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Jakarta:Prestasi Pustaka.

Hanifah. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Derivat, 6(2), ISSN: 2407 – 3792.

Hartono, Y. 2014. Matematika: Strategi Pemecahan Masalah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hia, Yasifati & Chairunisa, Ridha. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Microsoft Power Point Pada Materi Segi Empat Di Kelas VII SMP Negeri 27 Medan T.A 2016/2017. Medan.

Hidayat, Fitria, Zulhendri & Zulfah. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kuok. Journal on Education, 1(1):30-39. ISSN 2654-5497.

Hudojo, H. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. UM Press. IKIP Malang.

Husna, Ikhsan & Fatimah, Siti. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share. Jurnal Peluang, 1(2). ISSN: 2302-5158.

Ida Karnasih & Mariati Sinaga. (2014). Enhancing Mathematical Problem Solving and Mathematical Connection Through the Use of Dynamic Software Autograph in Cooperative Learning Think-Pair-Share. SAINSAB, Vol 17, 51-71.

Instruction London : Sage Publications

Isjoni. 2014. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: ALFABETA.

Kurniawan, H. (2018). Analisis Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Matematika. Surya Edukasi, 35-44.

Latifah, Syintia Siti & Luritawaty, Irena Puji. 2020. Thik Pair Share Sebagai Model Pembelajaran Kooperatuf Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1). p-ISSN: 2086-4280,e-ISSN: 2527-8827.

Mardiana. 2018. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think-Pair-Share Siswa Kelas X SMA Swasta PAB 5 Klumpang Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal serunai ilmu pendidikan, 4(1), e-ISSN 2621-2676.

Memnun, Dilek Sezgin, dkk. (2012). A Research On The Mathematical Problem Solving Beliefs Of Mathematics, Sience And Elementary Pre-Service Teachers In Turkey In Terms Of Different Variable. International Journal of Humanities and Social Sience, 24(2). 173.

Millah, N., Waluya, S. B., & Walid. (2018). Problem solving skill through think

Mustafia, I.D & Widodo, S.A. (2018). Problem Solving Skill: Effectiveness on Think Pair Share With Comic. International Journal on Teaching and Learning Mathematics, 2(1), 76-83.

Naibaho, A. F. (2020, Desember). Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share dengan Softre Autograph Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Materi Grafik Fungsi Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3, No. 2, vol 3, 114-125.

Napitupulu, E & Mansyur, A. 2011. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Generasi Kampus. 4: 139-148.

Napitupulu, W & Surya E. 2017. The Application Of Cooperative Learning Type TPS (Think Pair Share) In Improving The Ability Of Problem Solving And Mathematical Learning Results Student. Reseacrh Gate.

Nataliasari, Ike. 2014. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTS. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1).

Nurdalilah, Syahputra, E., & Armanto, D. 2013. Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematika dan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Konvensional di SMA Negeri 1 Kualuh Selatan, Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 6: 109-119.

Perihandi, Suwarno Ariswoyo, and Abdul Mujib (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Model Problem Based Learning (PBL) dengan Model Think Pair Share (TPS) Berbantu Autograph. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, Vol 5, 31-39.

Puji Rahayu & Ani Widayati (2019). Effectiveness Of Think Pair Share And Spontaneous Group Discussion Towards problem Solving Skill Student Of X Accounting Graders SMK NEGERI 1 WONOSARI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, No. 2,, Vol 17, 117-130.

Sari, Milya. 2020. Penelitian Kepustakaan (Libraray Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1). ISSN 2714-470X.

Schramm, Wilbur. (1977). Big Media, Little Media, Tools and Technologies fpr

Shoimin, Aris. 2018. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Siregar, M.F dkk. 2017. The Application of Cooperative Learning of Think-Pair-Share (TPS) Type to Increase the Students’ Ability ofProblem-Solving. Anuual Internasional Seminar on Transformative Education and Educational Leadership. eISSN: 2548-4613.

Siswono, Tatag Y. E. 2018. Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Solihatin, E. dan Raharjo. 2009. Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sudjana, Asep & Maskopipah. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(1). ISSN 2548-2297.

Sumartini, Tina Sri. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2). ISSN 2086-4280.

Supiandi, Markus Iyus, dan Julung, Hendrikus. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2): 60–64

Supriyadi. 2016. Community of Pravtitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan Antar Pustakawan. Lentera Pustaka, 2(2). ISSN 2302-4666.

Suryani, Nunuk & Agung Leo. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak. tenth grade students. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(3), 172-179.

Trianto. 2016. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikuum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana

Wandira, S.M.A, dkk. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan The Power of Two Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). P-ISSN: 2579-9827, E-ISSN: 2580-2216

Wardani, Asizah Kurnia, dkk. 2014. Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(1). ISSN: 2337-8166

Widjayanti, Djamilah Bondan. 2009. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa dan Bagaimana Mengembangkannya.

Y Kristianti, S Prabawanto and S Suhendra (2017). Critical Thinking Skills of Students through Mathematics Learning with ASSURE Model Assisted by Software Autograph. International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE), 1-5.

Yahya, Usman. 2015. Konsep Pendidikan Anak Usia Dasar (6-12) Tahun di Lingkungan Keluarga Menurut Pendidikan Islam. Jurnal Islamika, 15(2).

Yuli Ragelia Sinaga, Edi Syahputra, Faiz Ahyaningsih, and Siti Hanijah Br. Saragih, “The Effect of Cooperative Learning Type Think Pair Share with Autograph on the Mathematical Representation Ability and Self-efficacy.” American Journal of Educational Research, vol. 6, no. 11 (2018): 1481- 1486.