PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE PROGRAMMING BERBASIS ANDROID DI PRODI PTIK IAIN BUKITTINGGI

Main Article Content

Dwiki Candra
Riri Okra

Abstract

Teknologi dalam pembelajaran telah mengubah wajah pembelajaran yang berbeda dengan proses pembelajaran teradisional yang ditandai dengan interaksi tatap muka antara dosen dan mahasiswa baik di kelas maupun di luar kelas sehingga teknologi dalam pembelajaran diartikan sebagai media untuk mendistribusikan pesan/materi. Pembelajaran mobile programming di prodi PTIK IAIN Bukittinggi masih belum efektif dikarnakan dosen pada matakuliah mobile programming masih banyak kekurangan pada media pembelajaran yang telah digunakannya. Media pembelajaran yang sudah pernah digunakan seperti google classroom dan video tutorial yang di upload ke youtube. Namun video yang disajikan hanya sebuah video screen capture saja, animasi yang diterapkan di dalam video masih sederhana serta belum ada contoh evaluasi di akhir pembelajarannya, sehingga mahasiswa sulit dalam memehami contoh-contoh materi pembelajaran mobile programming yang terdapat di dalam media pembelajaran dari dosen.Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran mobile programming berbasis android di prodi PTIK IAIN Bukittinggi yang valit, praktis dan efektif dan mudah untuk di pahami oleh mahasiswa. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). R&D didefenisikan sebagai metode penelitian bertujuan untuk mencari, temukan, merumuskan, memperbaiki, mengembangkan, menghasilkan, menguji lima versi. Namun dalam penelitian ini penulis memilih untuk menggunakan model 4D. langkah langkah penelitian R&D adalah Define, Design, Development, dan Disseminate atau yang sering disingkat dengan 4D. Hasil dari penelitian ini berupa Perancangan Media Pembelajaran mobile programming berbasis android di prodi IAIN Bukittnggi untuk mahasiswa semester 5. Hasil penelitian ini juga diperkuat dengan adanya angket penilaian yang peneliti buat dan disebarkan untuk memperoleh hasil uji validitas, praktikalitas, dan efektifitas.

Article Details

How to Cite
Dwiki Candra, & Riri Okra. (2022). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE PROGRAMMING BERBASIS ANDROID DI PRODI PTIK IAIN BUKITTINGGI. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(Spesial Issues 1), 183–190. https://doi.org/10.32670/ht.v2iSpesial Issues 1.1135
Section
Articles

References

J. K. 2018. Pendidikan, “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan The Role of Instructional Media to Improving,” vol. 2, no. 2.

W. Rajagukguk, 2010. “Perbedaan Minat Belajar Siswa Dengan Media Komputer Program Cyberlink Powerdirector dan Tanpa Media Komputer pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok di Kelas VIII Smp N 1 Hamparan Perak Tahun Ajaran 2009 / 2010,” pp. 205–220,.

S. Afrianti .2020, et al., “Perancangan Media Pembelajaran TIK Menggunakan Aplikasi Autoplay Media Studio 8 di SMA Muhammadiyah Padang Panjang,” vol. 6, no. 2, pp. 2–7.

E. Budiman, 2019, Mobile Programming for Student 2, University. Samarinda - Kalimantan Timur - Indonesia.

E. Maiyana, 2018, M. Informatika, J. By, and P. Simpang, “PEMANFAATAN ANDROID,” vol. 1, pp. 54–67.

T. A. 2019, Skripsi, “Pengembangan aplikasi si waysa (sinau wayang sawah) berbasis android sebagai media pengenalan kesenian wayang sawah yang ada di desa dobangsan kulonprogo tugas akhir skripsi,”.