PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE (GOOGLE SITES) PADA MATERI FUNGSI DI SMA NEGERI 15 MEDAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan: media pembelajaran interaktif berbasis Website (Google Sites) pada materi fungsi (fungsi komposisi dan fungsi invers) di SMA Negeri 15 Medan dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian dan pengembangan (Research and Development) ini menggunakan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas X IPA di SMA Negeri 15 Medan. Objek pada penelitian ini yaitu media pembelajaran interaktif yang dikembangkan berbasis Website (Google Sites) pada materi fungsi. Hasil dari penelitian diperoleh: (1) media pembelajaran interaktif berbasis Website (Google Sites) pada materi fungsi di SMA Negeri 15 Medan telah berkriteria valid dengan kategori “Sangat Baik” berdasarkan perolehan skor oleh ahli materi yaitu 4,37 (valid) dan ahli media yaitu 4,35 (valid); (2) penilaian pada kepraktisan media telah berkriteria praktis dengan kategori “Sangat Baik” oleh guru diperoleh skor yaitu 4,8 (praktis) dan oleh siswa pada uji coba kelompok kecil dan besar yaitu 4,38 (praktis) dan 4,44 (praktis); (3) keefektifan pada media dari hasil tes siswa diperoleh persentase ketuntasan siswa yaitu 80% (efektif) dan persentase dari angket respon positif siswa yaitu 91,9% (efektif).
Article Details
References
Abdullah, A., Achmad, A., & Sahibu, S. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Pemrograman Web Berbasis Android. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 11(1) : 45-54.
Abdulloh, R. (2016). Easy and Simple Web Programming. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Anggoro, I. F., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Materi Trigonometri Siswa SMA Kelas XI. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4 Edisi Dies XXXII: 253-260.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2) : 172-182.
Fatahillah, A., Puspitasari, I. D., & Hussen, S. (2020). The Development of Schoology Web-Based Learning Media With Geogebra to Improve The ICT Literacy on Quadratic Functions. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 5(3) : 304-316.
Fazain, F. R., & Anistyasari, Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di SMK Negeri 1 Jatirejo. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 2(02): 1-8.
Feriandi, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Macromedia Flash pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 3(1): 7-11.
Figna, H.P., Rukun, K., & Irfan, D. (2020). The Practicality and Effectiveness of Web-based Learning Media. In Syamsir, E. Tasri, & H. Ardi (Eds.), Social Sciences and Humanities in Industrial Revolution 4.0 (pp. 52 - 56). Jakarta: Redwhite Press.
Fikri, H., & Madona, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Samudera Biru.
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1) : 1617-1620.
Jubaidah, S., & Zulkarnain, M. R. (2020). Penggunaan Google Sites Pada Pembelajaran Matematika Materi Pola Bilangan SMP Kelas VIII SMPN 1 Astambul. Lentera: Jurnal Pendidikan, 15(2) : 68-73.
Lestari, T. D., Muhyani, M., Mukhtar, H. M. H., & Asmahasanah, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Prestasi dan Karakter Jujur Kelas III
SDIT Al-Madinah Cibinong Bogor. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2) : 151-165.
Mardin, H., & Nane, L. (2020). Pelatihan Pembuatan Dan Penggunaan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Kepada Guru Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Boalemo. Jurnal Abdimas Gorontalo (JAG), 3(2) : 78–82.
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1) : 20-28.
Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Murtikusuma, R. P., Fatahillah, A., Oktavianingtyas, E., Hussen, S., & Lailiya, N. (2019). The Development of Interactive Mathematics Learning Media Based on Schoology And Visual Basic Through Industrial Revolution 4.0. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 243, No. 1, p.1-6). IOP Publishing.
Nieveen, N. (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.
Novialdi, N., MZ, Z. A., & Thahir, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Siswa SMK Negeri 5 Pekanbaru. Milenial: Journal for Teachers and Learning, 1(1) : 25-33.
Pebriyanti, I., Divayana, D. G. H., & Kesiman, M. W. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII Di SMP Negeri 1 Seririt. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 10(1) : 50-58.
Pradana, I., Setyosari, P., & Sulthoni, S. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Cahaya. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1) : 26-32.
Purba, H. S., Drajad, M., & Mahardika, A. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Fungsi Kuadrat dengan Metode Drill and Practice. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2) : 131-146.
Riva'i, Z., Ayuningtyas, N., & Dhany, A. F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android pada Materi Himpunan Kelas. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2) : 106-119.
Siswono, T., Y., E., (2019). Paradigma Penelitian Pendidikan; Pengembangan Teori dan Aplikasi Pendidikan Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Tersiana, A. (2018). Metode Penelitian. Yogyakarta : Start Up.
Wahyuddin, W., & Nurcahaya, N. (2019). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here (Eth) Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Takalar. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(1) : 72-105.
Wijayanti, E., Trija, F., & Ika, P. P. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Website Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII di SMP PGRI 01 Pakisaji Kabupaten Malang. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(2): 224-235.
Zulherman, Z., Amirulloh, G., Purnomo, A., Aji, G. B., & Supriansyah, S. (2021). Development of Android-Based Millealab Virtual Reality Media in Natural Science Learning. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1) : 1-10.