Analisis Konten Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS)

Main Article Content

Cece M. Tarigan
Pargaulan Siagian

Abstract

Analisis konten kemampuan pemecahan masalah matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think pair share  ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini dilaksankan di Digital Library Universitas Negeri Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, dengan Jenis penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model kooperatif tipe TPS. Data hasil penelitian ini dihasilkan dari data sekunder atau diperoleh dari penelitian terdahulu, sumber data yang digunakan pada penelitian ini dari delapan jurnal dengan jenis jurnal eksperimen semu. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu mengumpulkan data yang ada, menganalisa data-data dan melakukan penarikan kesimpulan. Analisis data yang digunakan adalah analisis konten (isi) dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan dari hasil penelitian melalui analisis terhadap jurnal eksperimen semu, diperoleh bahwa pembelajaran TPS memiliki pengaruh dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan model pembelajaran Think Pair Share ini sangat membantu siswa dalam meningkatkan proses pembelajaran dikelas dan sangat berpengaruh terhadap hasil belajar dalam peningkatan pemecahan masalah matematis siswa SMP.

Article Details

How to Cite
M. Tarigan, C. ., & Siagian, P. . (2022). Analisis Konten Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(11), 1657–1666. https://doi.org/10.32670/ht.v1i11.2297
Section
Articles

References

Sanjaya, Wina. (2010).Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Hidayat Fitria, Zulhendri, Zulfah. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Koopratif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kuok. Jurnal On Education, 1 (1): 30-39

Sujana, Asep, Maskhopipah. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Koopratif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Pasundan Juornal Of Risearch In Matematics Learning And Education, 2 (2)

Zulfah. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Koopratif Tipe Think Pair Share Dengan Pendekatan Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Negeri Naubai Kecamatan Kampar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2) : 1-12

Noviana Siska, Dkk. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Software Wingom Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMP Negeri 172 Jakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 2 (2) : 38-49

Rismaini Lili, Roza Melia. (2019). Pengaruh Model Pembelaja Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII Smpn 1 Ranah Pesisir. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 4(1): 25-32

Eka Putri Novia, Dkk. (2020). Pengaruh Model Pemebalajaran Think Pair Share Berbasis Budaya Minangkabau Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Journal Of Medives: Journal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2): 339-348

Yanti. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Jurnal Stindo Profesional, 4(3)

Ambarwati Sri, Hali Firtiyani. (2021). Keefektifan Think Pair Share (TPS) Dalam Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2): 181-190

Hanifah. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Derivat, 6(2): 124-129