META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Main Article Content

Nurul Husna
Zul Amry

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besar pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode yang digunakan adalah meta-analisis yaitu review naratif atau review sistematik dengan menganalisis hasil-hasil penelitian yang telah dipublikasikan secara nasional yang berkaitan dengan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Sampel pada penelitian ini adalah 5 artikel jurnal nasional yang diterbitkan pada rentang tahun 2017-2021 pada jenjang SMP dan SMA, yang membahas penulisan eksperimen tentang pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Instrumen penulisan berupa lembar pengkodean yang merangkum data dan informasi jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan 5 artikel jurnal memiliki rata-rata nilai effect size sebesar 1,247 yang berarti dalam kategori efek besar. Temuan analisis juga menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dilihat dari segi jenjang pendidikan dan materi pelajaran. Hal ini menunjukkan kesimpulan bahwa model pembelajaran problem based learning lebih memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dibandingkan pembelajaran konvensional.

Article Details

How to Cite
Husna, N. ., & Amry, Z. . (2022). META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.32670/ht.v2i1.2641
Section
Articles

References

Amri, S. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Amalia, Endah., Surya, Edy. & Syahputra, Edi. 2017. The Effectiveness Of Using Problem Based Learning (PBL) In Mathematics Problem Solving Ability For Junior High School Students. IJARIIE Vol-3 Issue-2 2017, pp: 3402- 3406.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Budimansyah, D. (2002). Modal Pembelajaran dan Penilaian. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Card, N. A. (2012). Applied Meta-Analysis for Social Science Research. New York: The Guildfor Press

Dahlan, Sopiyudin. (2012). Pengantar Meta-Analisis Seri 12: Disertai Aplikasi Meta-Analisis dengan Menggunakan Program Excel. Jakarta: PT Epidemiologi Indonesia.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta dan

Depdikbud

Ekawati, M. (2019). Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Kognitif Serta Implikasinya Dalam Proses Belajar Dan Pembelajaran. E-Tech , Vol.7 No.4.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Hadi, S. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif untuk Akuntansi Keuangan. Yogyakarta: Ekonisia.

Gurning, dkk. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: K-Media.

Hamzah, Ali dan Muhlisrarini.2014.Perencanaan dan Strategi Pembelajaran

Matematika.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Kadir. (2017). Meta-Analisis Pengaruh Intervensi Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis pada Penelitian dan Publikasi Dosen-Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta: Laporan Hasil Penelitian Pengembangan Tata Kelola Kelembagaan pada Pusat Penelitian dan Penerbitan (PUSLITPEN) LP2M UIN Syarif Hidayatullah.

Kulik, J. A. & Kulik, C. C. (1989). Kulik, The Concept of Meta-Analysis. International Journal of Education Research, 13(1).

Kurniasih, I. & Sani, B. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

National Council of Teachers of Mathematic (NCTM). (2000). Principle and

Standards for School Mathematics. NCTM.

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nindrea, R. D. (2016). Pengantar Langkah-Langkah Praktis Studi Meta Analisis. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Nuyami, N.M.S., Suastra, I.W., dan Sadia, I.W. (2014). Pengaruh Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinkpair-Share Terhadap Self-Efficacy

Siswa SMP Ditinjau Dari Gender. e-Journal Program Pascasarjana

Universitas Pendidikan Ganesha,

Pasaribu, Feri Tiona. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dengan Penerapan Teori Vygotsky Pada Materi Geometri Di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Jurnal Edumatica, 3(1): 2088-2157.

Polya, G. (1971). How to Solve It: A New Aspect of Mathematics Method. New Jersey: Princeton University Press.

Prabawanto, Sufyani. (2009). Pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa. Bandung: jurusan pendidikan matematika FPMIPA UPI.

Rofiqoh, Z. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan masalah matematis Siswa

Kelas X dalam Pembelajaran Discovery Learning Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Skripsi. Semarang: Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.

Simorangkir, F. M. (2014). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran Berbasis Masalah dan pembelajaran Konvensional. Jurnal Saintech, 4(4): 30-34.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.). Jakarta .

Yustinaningrum, B. (2021). Meta Analisis: Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Padegogik, 4(2): 13-22.

Wahyudin. (2003). Peranan Problem Solving. Makalah Seminar pada Technical Cooperation Project for Development of Mathematics and Science for Primary and Secondary Education in Indonesia.