PENGARUH SELF EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SMPN 35 MEDAN

Main Article Content

Yovita Sari Munthe
Zul Amry

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana model regresi berganda serta seberapa besar kontribusi dari self efficacy (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap hasil belajar matematika siswa (Y) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dikelas VII-5 di SMP Negeri 35 Medan. Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa tes yang terdiri dari 3 soal dan 2 angket yaitu angket self efficacy (X1) dan motivasi belajar (X2) yang masing-masing terdiri dari 20 soal pernyataan. Dari analisis data menggunakan regresi linier berganda didapatkan model regresi linier berganda dari self efficacy dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa yaitu Y ̂= 0,964+0,510X1+0,545X2. Dan dari analisis data korelasi berganda diperoleh besar kontribusi dari self efficacy (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap hasil belajar matematika siswa (Y) sebesar 97,4% dan dapat disimpulkan bahwa self efficacy (X1) dan motivasi belajar (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika (Y).

Article Details

How to Cite
Munthe, Y. S. ., & Amry , Z. . (2022). PENGARUH SELF EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SMPN 35 MEDAN. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1), 83–94. https://doi.org/10.32670/ht.v2i1.2631
Section
Articles

References

Ali,Ismun. (2021). Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin. 7(01):250.

Anas Sudijono. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi.(2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dariyo,Agoes. (2004). Pengetahuan tentang Penelitian dan Motivasi Belajar pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi. 2(1):45.

Djamarah,S,B.(2011).Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendi,Leo Adhar. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Menungkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan. 13(2):2.

Esminarto,dkk. (2016). Implementasi Model STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Riset dan Konseptual. 1(1) :17.

Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran . Jakarta : PT.Bumi Aksara.

Hamdu,G. dan Agustina ,L. (2011). Pengaruh Motivasi Belaja Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar . Jurnal Penelitian Pendidikan. 12(1) : 91.

Hamzah,Ali dan Muhlisraini. (2016). Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta : Rajawali Press.

Hamzah,B. Uno. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi aksara.

Herawaty, O,D,P,dkk. (2010). Pengaruh Pembelajaran Probem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1):1.

Inda,A,H. (2017).Keefektifan Model Aptitude Treatment Interaction dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Kepercayaan Diri. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika.

Irianto,Agus. (2006). Statistik : Konsep Dasar dan aplikasinya.Jakarta : Kencana.

Komara,Indra Bangkit. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Psikopedagogia,5(1):34-37.

Lestari,Wahyu,dkk. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Aksioma. 9(1) : 30.

Mappease,M,Y. (2019). Pengaruh cara dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal MEDTEK. 1(2):4.

Nasution,Mardiah Kalsum. (2017). Penggunaaan Metode Pemebelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan. 11(1) : 9.

Novalinda,E,dkk. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Semester Ganjil SMK PGRI 5 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 11(2) :116.

Nugroho,U,dkk. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berorientasi Keterampilan Proses. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 108.

Pane, Aprida. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian-Ilmu Keislaman. 3(2) : 335.

Permana,Rizky.,Zul,A.& Mulyono.(2020). Influence of Visual,Auditory,Kinesthetic Learning Style on the Ability of Troubleshooting E-Learning-Based Math. Jurnal of Education and Practice.11(18):184-185.

Putri,Kabita Camelia. dan Sutriyono. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika .7(2): 297.

Samidi. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Student Team Heroic Leadership Terhadap Kreativitas Belajar Matematika pada Siswa SMP Negeri 29 Medan T. P 2013/2014. Jurnal EduTech. 1(1) : 3.

Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.

Sardiman,A,M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sardirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Setiawati,Siti Ma’rifah. (2018). Telaah Teoritis : Apa itu Belajar. Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA. 35(1) : 33.

Shoiman. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : At-Ruzz Media.

Silitonga,Pasar.(2011). Statistik Teori dan Aplikasi dalam Penelitian. Medan: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Sinambela & Wulandari. (2017). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning di MAN Kisaran. Jurnal Inspiratif .3 :102-108.

Siregar, Sofyan. 2017. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.

Siswato,Iman. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mathematics Paedagogic. 1(2) : 183.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudana,Putu Ari dan Gede Astra Wesnawa. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 1(1) : 2.

Sudjana.(2005). Metoda Statistika. Bandung.: TARSITO.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Pt Remaja Rosdakarya : Bandung.

Sugiyono.(2005). Metodologi Penelitian .Bandung: CV Alfabeta.

Suharsono,Yudi. dan Istiqomah.(2014). Validitas dan Reliabilitas Skala Self-Efficacy. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. 2(1) : 145-146.

Telussa,dkk. (2013). Penerapan Analisis Korelasi Parsial untuk Menentukan Hubungan Pelaksanaan Fungsi Manajemen Kepegawaian dengan Efektivitas Kerja Pegawai. Jurnal Barekeng. 7(1):17.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif . Jakarta: Kencana.

Wahyuni,Sri. (2014). Hubungan antara Kepercayaan diri dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umun pada Mahasiswa Psikologi. Jurnal Psikologi,2(1):50-64.