PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MELALUI LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.32670/ht.v1i10.2149Keywords:
Problem Based Learning (PBL), Pembelajaran Biasa, Lesson Study, Kemampuan Awal Matematis, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis problem based learning melalui lesson study lebih baik daripada pembelajaran biasa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2021/2022; (2) mengetahui ada tidaknya interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis (tinggi, sedang dan rendah) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2×3. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling dan kelas yang terpilih yaitu XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal tes kemampuan awal matematis dan soal posttest. Pengujian hipotesis dilakukan dengan bantuan software SPSS yaitu uji t pihak kanan dan uji anava dua arah. Tetapi sebelumnya, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil uji prasyarat, diperoleh bahwa data dalam penelitian berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengaruh pembelajaran berbasis problem based learning melalui lesson study lebih baik daripada pembelajaran biasa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2021/2022; (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis (tinggi, sedang dan rendah) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2021/2022.
References
Abizar, H. (2017). Buku Master Lesson Study. Yogyakarta: Diva Press.
Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan Dari Negara Lain, 5(1): 113-123.
Anggariana, I.P.D., Dibia, I. K. & Dharsana, K. (2017). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Lesson Study Siswa Kelas III. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(3): 1-9.
Depdiknas. (2004). Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas Ditjen.
Edwards, S.G. (2014). Lesson Study: A Mechanism To Support Effective Teacher Engagement With And In Educational Research A Think-Piece. Journal of Educational Research Informed Practice, 1(1): 48-64.
Erlina. & Purnomo, E. A. (2020). Implementasi Lesson Study Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Materi SPLTV Kelas X IIK. Journal of Mathematics Education, 6(1): 36-45.
Hakim, T. (2005). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.
Firohmatillah, A. R., & Arisena, A. (2020). Pengaruh Stress Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Turnover Intention Pada Koperasi X di Jawa Barat Menggunakan Pendekatan Partial Least Square (PLS). Jurnal Co Management, 3(2), 508–517.
Indra, N., & Dewi, L. S. (2022). Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Strategis Bagi Pengurus Dan Manajer Koperasi Simpan Pinjam Kabupaten Bandung. E-Coops-Day, 3(1), 37–44.
Juano, A., Ntelok, Z. R. E. & Jediut, M. (2019). Lesson Study Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2): 126-136.
Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritid dan PBL (Problem Based Learnig. Surabaya: Anggota IKAPI.
Mahasiswa Tadris Matematika Angkatan 2019. (2020). Ruang Ketik Mahasiswa. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.
Makiki, I. & Aflahah. (2019). Konsep Dasar Belajar Dan Pembelajaran. Surabaya: Duta Media Publishing.
Matondang, Z. (2009). Validitas Dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 6(1): 87-97.
Muhsetyo, G. (2008). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Mulyasa. (2009). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Mutmainnah. & Nurfalah, E. (2019). Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Riset Pembelajaran Matermatika, 1(2): 23-27.
Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenadamedia Group.
Nurdyansyah. & Fahyuni, E.F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Surabaya: Nizamia Learning Center.
Nuryanta, N. (2015). Lesson Study Sebagai Sarana Meningkatkan Kualitas Dan Profesionalitas Pembelajaran. Jurnal Millah, 14(2): 291-318.
Pandiangan, A.P.B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Praptiwi. & Handhika, J. (2012). Efektivitas Metode Kooperatif Tipe GI dan STAD Ditinjau dari Kemampuan Awal. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 3(1): 41-50.
Prastika, Y.D. Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Yudika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2): 17-22.
Putri, I., Atmazaki. & R, S. Pelaksanaan Lesson Study Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII 5 MTsN Lubuk Buaya Padang. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran, 1(1): 108-117.
Putro, K.I..R.S. (2016). Pemanfaatan APBS Dan Geogebra Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika di SMP. Jurnal Managemen Pendidikan, 11(2): 50-59.
Sanjaya, H.W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Saputra, N., Zanthy, L.S., Gradini, E., Jahring., Rif’an, A. & Arifin, A. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Subadi, T. (2013). Lesson Study Sebagai Inovasi Pendidikan. Surakarta: Kafilah Publishing.
Sudaryono. (2021). Statistik I. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Sudjana. (2015). Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sumaryanta., Nanang, P & Sugiman. (2019). Pemetaan Ujian Nasional Matematika. Indonesian Digital Jounal of Mathematics and Education, 6(1): 543-557.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Wiharto, M. (2018). Kegiatan Lesson Study Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah, 15(1): 1-9.
Yadav, D.K. (2017). Exact Definition Of Mathematics. International Research Journal of Mathematics Engineering and IT, 4(1): 34-42.
Yustina. & Mahadi, I. (2021). Problem Based Learning Berbasis Higher Order Thinking Melalui E-Learning. Klaten: Lakeisha.
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian. Jakarta: Prenadamedia Group.
Zahra, R.R. & Rina, N. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Hamidah Rachmayanti Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Shop Mayoutfit di Kota Bandung. Jurnal Lontar, 6(1): 43-57.