EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS X IPA SMA NEGERI 1 SIPAHUTAR TAHUN AJARAN 2021/ 2022

Main Article Content

Teodora Tania Tampubolon
Pardomuan Sitompul

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di Kelas X IPA SMA Negeri 1 Sipahutar Tahun Ajaran 2021/2022”. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu pre eksperimen bentuk one group pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas X yang dimana terdiri 216 siswa pada 6 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian adalah satu kelas X yang dipilih secara acak yaitu kelas X IPA 2 yang berjumlah 20 peserta didik. Adapun hasil yang diperoleh setelah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) adalah: (1) tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan uji t dimana nilai |thitung| ≥ |ttabel|. Dari nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diperoleh nilai thitung = -8,921 dan nilai ttabel = 1,729. disimpulkan bahwa nilai |thitung| ≥ |ttabel| atau |8,921| ≥ |1,729| maka H0 ditolak dan Ha diterima; (2) Nilai ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal untuk nilai posttest sebesar 90% dan yang tidak tuntas sebesar 10%; (3) Persentase rata-rata aktivitas belajar siswa saat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) adalah76,7% dengan kategori aktif ; (4) Rata-rata respon peserta didik terhadap pembelajaran keseluruhan sebesar 90% atau berada dalam kategori baik dan sangat baik.

Article Details

How to Cite
Tampubolon, T. T. ., & Sitompul, P. . (2022). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS X IPA SMA NEGERI 1 SIPAHUTAR TAHUN AJARAN 2021/ 2022. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(10), 1339–1355. https://doi.org/10.32670/ht.v1i10.2147
Section
Articles

References

Adkhiyah, A., Yuhana, Y. & Mutaqin, A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Student Teams Achievement Division Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika. 1(2):106.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu Terintegrasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:Depdiknas.

Fatimah, Ade Evi. 2020. Upaya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa MTs melalui Model Pembelajaran kooperatif Tipe STAD. Journal of Didactic Mathematics. Vol 1(1) : 33-40.

Florio, I. D. (2016). Effective Teaching and Successful Learning. New York: Cambridge University Press.

Hamalik, Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hanafiah, Nanang.,dkk. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hasratuddin. (2018). Mengapa Harus Belajar Matematika?. Medan : EDIRA.

Huda, M.2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istarani & Ridwan, M. (2015). 50 Tipe, Strategi, dan Teknik Pembelajaran Kooperatif. Medan: Media Persada. Mahanal. 2009. Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Neolaka, A. (2014). Metode Penelitian dan Statistik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhadi, M. (2002). Psikologi Pendidikan: Fondasi untuk Pengajaran. Surabaya: PSMS Program Pascasarjana Unesa.

Panjaitan, E. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer pada Materi Pokok Himpunan Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Di kelas VII SMP Negeri 35 Medan. Skripsi, Pendidikan Matematika, Universitas HKBP Nommensen, Medan.

Rattanatumma, T. (2016). Assessing the Effectiveness of STAD Model and Problem Based Learning in Mathematics Learning Achievement and Problem Solving Ability. Journal of Education and Practice, 7: 194-199.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Silberman, M.L. (2004). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusa media dan Nuansa.

Sinambela, N.J.M.OP. (2006). Keefektifan Model Pembelajaran (Problem-Based Instruction) Dalam Pembelajaran Matematika untuk Pokok Bahasan Sistem Linear dan Kuadrat di Kelas X SMA Negeri 2 Rantau Selatan Sumatera Utara. Tesis, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.

Slameto. (2017). .Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2015). Penilaian Autentik. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Surya, M. (2008). Potensi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di kelas. (online). akses 13 februari 2009.

Suprayekti. (2004). Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas

Syaiful, S. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Tambunan, N. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Negeri 1 Angkola Selatan. Jurnal MathEdu.Vol 1(3): 61-68.

Trianto. (2007). Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2018). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Warsiti. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Konsep Dasar IPA 1 pada Mahasiswa Program S1 PGSD Kampus Kebumen FKIP. UNS Tahun Akademik 2011. Begawan Jurnal Pendidikan Volume 02 Tahun 2013

Widiasworo, E. (2018). Strategi Pembelajaran Matematika Edutainment Berbasis Karakter. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.