ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs SWASTA PERDAMEAN RANTAUPRAPAT MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DARING
DOI:
https://doi.org/10.32670/ht.v1i12.2514Keywords:
Analisis, kemandirian belajar, pembelajaran matematika, daringAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar siswa kelas VIII MTs Swasta Perdamean Rantauprapat pada mata pelajaran matematika melalui pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan 1) angket, yaitu untuk memproleh data kemandirian belajar siswa. Kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif dengan menggunakan cara berfikir induktif 2) lembar observasi keaktifan siswa, untuk memproleh data yang lebih akurat tentang keaktifan siswa 3) Wawancara, untuk memperoleh informasi yang berhubungan dengan kemandirian belajar siswa pada saat daring. Hasil penelitian menunjukkan kemandirian belajar siswa kelas VIII MTs Swasta Perdamean Rantauprapat dalam pembelajaran matematika secara daring berada pada kategori baik pada empat indikator, yaitu percaya diri, kedisiplinan, tanggung jawab, dan keaktifan siswa pada pembelajaran daring. Persentase siswa yang memiliki kemandirian belajar yang berada pada kategori tinggi memiliki persentase sebesar 15,38%, kemandirian belajar yang berada pada kategori sedang memiliki persentase sebesar 69,24% dan kemandirian belajar yang berada pada kategori rendah memiliki persentase sebesar 15,38%. Adapun persentase untuk data aktifitas siswa pada pertemuan 1 yaitu sebesar 73,33%, dan pada pertemuan 2 memiliki persentase sebesar 83,33% hal ini menunjukan bahwa kemandirian belajar siswa pada pembelajaran daring mata pelajaran matematika dapat dikatakan baik, dan keaktifan siswa pada pembelajaran daring tergolong kurang aktif.
References
Aini, P. N. dan Abdullah, T. 2012. Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Ips Sma Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 10(1): 48-65.
Amalia, A., Syafitri, L. F., Sari, V. T. A., dan Rohaeti, E. E. 2018. Hubungan Antara Kemampuan Pecahan Masalah Matematik Dengan Self Efficacy Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). 1(5): 887–894.
Anugrahana, A. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 10(3): 282-289.
Badjeber, R. 2020. Kemandirian Belajar Mahasiswa Tadris Matematika Ftik Iain Palu Selama Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Dan Sains. 1(1): 1–9.
Dewi, W. A. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(1): 55-61.
Handarini, O. I. dan Wulandari, S. S. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). 8(1): 496–503.
Kholidah, I. R. dan Aa, S. 2018. Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal Di Sd Negeri Gunturan Pandak Bantuk Tahun Ajaran 2016/2017. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. 4(2): 428-431.
Parnabhakti, L. dan Ulfa, M. 2020. Perkembangan Matematika Dalam Filsafat Dan Aliran Formalisme Yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik. 1(1): 1-14.
Putra, A. dan Fitrisa, S. 2021. Systematic Literatur Review: Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring. Journal of Mathematics Education and Applied. 2(2): 23-31.
Putria, H., Luthfi, H dan Din, A. U. 2020. Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4(4): 861-872.
Suandito, B. 2017. Bukti Informal Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika. 8(1): 13-23.