PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBEM POSING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI EDMODO

Authors

  • Agnes Alfi Khairuni Sirait Universitas Negeri Medan
  • Mukhtar Mukhtar Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.32670/ht.v2i2.2798

Keywords:

Hasil Belajar Siswa, Eksperimen Semu, Berbasis Masalah, Problem Posing, Edmodo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran problem posing melalui edmodo. Populasi dari penelitian yaitu seluruh siswa kelas SMP Muhammadiyah 1 Medan yang berjumlah 5 kelas. Dari 5 kelas keseluruhan diambil secara acak 2 kelas, yaitu kelas VII-B sebagai kelas eksperimen I yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas VII-C sebagai kelas Eksperimen II dengan model pembelajaran problem posing. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal postes dan lembar observasi aktivitas guru yang sudah divalidkan oleh ahli. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian diperoleh t_hitung sebesar 6,74 dengan t_tabel1,99, dengan t_hitung > t_tabel yaitu 6,74 > 1,99. maka tolak H_0 dan terima H_a, maka diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar mtematika siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran problem posing dengan menggunakan aplikasi edmodo. Kemudian diketahui bahwa model pembelajaran berbasis masalah menggunakan edmodo lebih efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Ai Muflihah. (2021). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia 2(1):152–60.

Arsyad, A. (2008). Media Pengajaran. Jakarta. P.T. Raja Grafindo Persada.

Arvianto, F., Adeline L.L., & Kristofel B.N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Edmodo Sebagai Sarana Pembelajaran Daring Bagi Guru Di SMP N 1 Kefamenanu. Jurnal Abadi Masyarakat. 5(1):38–46.

Astra, I.M., & Umiatin. M.J. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre- Solution Posing Terhadap Hail Belajar Fisika dan Karakter Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 8.8(1):135-143.

Bakhri, S., & Supriadi (2017) Peran Problem Based Learning (PBL) Dalam Upaya Peninkatan High Order Thingkin Skill (HOTS) Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Seminar Pendidikan dan Matematika UNY 2017. 11

Darmadi, H. (2017). Pengembangan Model Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa, Yogyakarta: Deepublish.

Daryanto, dan Mulyo R. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569.

Kemendikbud, B. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD, 021, 1–206.

Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 7(1):63–74.

Mutia, I., & Leonard. (2013). Kajian Penerapan E-Learning Dalam Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Faktor Exacta. 6(4): 278-289.

Oktaviani, I., Ikaputera W., & Neti B. (2020). Penerapan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Pada Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 (Ditinjau Dari Persepsi Siswa). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS 8(1):68.

Permana, P. A.I.I., Nyoman D., & Desak P. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Pada Gugus IV Kerinci Kecamatan Tahun Ajaran 2016/2017. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD. 5(2):1-10.

Salim, L. L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap Pencapaian Hasil Belajar Matematika Siswa". Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 28-38.

Ulfah, P., Effie.E.M., & Della M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Within Solution Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1):78–85.

Utomo, D.P., (2020). Mengembangankan Model Pembelajaran. Bandung: Yogyakarta.

Zulyadaini. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop dengan Konvensional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 16(1), 153–158.

Downloads

Published

2022-12-20

How to Cite

Khairuni Sirait, A. A. ., & Mukhtar, M. (2022). PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBEM POSING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI EDMODO. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 256–263. https://doi.org/10.32670/ht.v2i2.2798