PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING DENGAN BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.32670/ht.v2i1.2649Keywords:
Problem Based Learning; Discovery Learning; GeoGebraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan melalui model Problem Based Learning dan Discovery Learning dengan berbantuan aplikasi GeoGebra, proses jawaban siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Tigalingga T.A 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling) dengan mengambil secara acak dari 9 kelas. Penelitian ini menggunakan instrument dalam bentuk essay yaitu posttest sebanyak 4 soal yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Sebelum melakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dan normalitas. Dari analisis data yang dilakukan, diperoleh nilai rata-rata kelas Problem Based Learning sebesar 79,68 dan nilai rata-rata kelas Discovery Learning sebesar 74,02. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t. Hasil uji t diperoleh nilai sig 2-tailed 0,031. Oleh karena nilai sig < 0,05, artinya H_0 ditolak, H_a diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tigalingga yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dan discovery learning dengan berbantuan aplikasi geogebra.
References
Arends, R I. (2012). Learning to Teach ninth edition. New York : McGraw-Hill.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 2021. Ghalia Indonesia, Bogor.
Jihad, A. & Abdul Haris. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kurnia, L., E., dan Ridwan, Y., M. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Reflika Aditama: Bandung.
Madang, Kodri., Mgs Muhammad Tibrani, dan Lucia Maria Santoso. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) yang Didukung Agen Pedagogi Terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Zoologi Invertebrata.BIODIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Vol. 5 (3).
Nabillah Tasya & Abadi Agung Prasetyo. (2021). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 60–64.
NCTM. 2012. Trends In Mathematics and Scince Study (TIMSS) 2011 Result. [online]https://timssandpirls.bc.edu/timss2011/downloads/T11_IR_Mathematics_FullBook.pdf diakses pada 12 Desember 2018.
Ngalimun. (2017). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Para Ilmu.
OECD. (2016). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. [online] https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf diakses Desember 2018.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Edisi Kedua, Rajawali Pers, Jakarta.
Kurniasih, Imas & Sani, Berlin. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.
Lestari, I. 2015. Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 3(2).
Liestya, A. D., Muchlis, E. E., & Agustinsa, R. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Antara Model Discovery Learning dan Ekspositori Materi Segiempat dan Segitiga, 05(02), 103–112.
Nopendra, D. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Tesis. Program Pascasarjana UNIMED.
OECD. (2016). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. [online] https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf diakses Desember 2018.
Pasaribu, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMP Methodist Pelita Kasih T.A 2019/2020. Skripsi. Universitas Negeri Medan