MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL SOPRAN MUATAN IPA
Keywords:
Kemandirian, Hasil Belajar, SOPRANAbstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah kemampuan kemandirian belajar yang masih kurang dan dan hasil belajar yang masih belum meningkat. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pebelajaran SOPRAN (Project Based Learning, Kooperatif Tipe Think Pair Share, Team Games Tournament) dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi kemandirian dan instrumen hasil belajar siswa. Sedangkan analisis data menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Temuan ini menunjukkan kemandirian belajar siswa memperoleh kriteria sangat mandiri. Hasil belajar siswa memperoleh peningkatan secara klasikal. Disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model SOPRAN (Project Based Learning, Kooperatif Tipe Think Pair Share, Team Games Tournament) dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa.
References
Aslamiah, Pratiwi, D. A., & Agusta, A. R. (2022). Pengelolaan Kelas (A. Suriansyah (ed.); 1st ed.). PT RajaGrafindo Persada. https://repo-dosen.ulm.ac.id/bitstream/handle/123456789/24829/BUKU PENGELOLAAN KELAS_2022.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Astalini, Kurniawan, D. A., Melsayanti, R., & Destianti, A. (2018). Sikap Terhadap Mata Pelajaran IPA Di SMP Se-Kabupaten Muaro Jambi. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(2), 214–227. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n2i7
Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Etika Rahmawati, L., & Indriyani Setyaningsih, V. (2021). Kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran daring mata pelajaran bahasa Indonesia (Students’ independent learning in the online learning for bahasa Indonesia subject). Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(2), 353–365. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara
Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 2(1), 40–52.
Hasibuan, A. M., Saragih, S., & Amry, Z. (2019). Development of Learning Materials Based on Realistic Mathematics Education to Improve Problem Solving Ability and Student Learning Independence. International Electronik Journal of Mathematic Education, 14(1), 243–252.
Kidjab, M. R., Ismail, S., & Abdullah, A. W. (2019). Deskripsi Kemandirian Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Smp. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 7(1), 25–31. https://doi.org/10.34312/euler.v7i1.10330
Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik Pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas II B SDN Kunciran 5 Tanggerang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 48–62. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Mulyadi, M., & Syahid, A. (2020). Faktor Pembentuk dari Kemandirian Belajar Siswa. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 197–214. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.246
Pratiwi, D. A. (2018). Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemandirian. http://repository.um.ac.id/id/eprint/63234
Rachmawati, N., S, Z. M., Edwita, & Arita. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Hybrid pada Keterampilan Literasi Digital di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 203–216. https://ugrahenirachmawati_9919921003@mhs.unj.ac.id
Rudini, M., & Agustina, A. (2021). Analisis Motivasi Siswa dalam Mengerjakan Tugas Rumah Di SMA Al-Mannan Tolitoli. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 770–780. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.496
Subyantoro. (2019). Penelitian Tindakan Kelas Metode, Kaidah Penulisan, Dan Publikasi (1st ed.). PT RajaGrafindo Persada.
Surahman, S. (2022). Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(3), 389–398. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH/article/view/996
Suriansyah, A., Agusta, A. R., & Setiawan, A. (2021). Model Blended Learning ANTASARI Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Memecahkan Masalah. Journal of Economics Education and Entreprenurship, 2(2), 90–110. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/jee.v2i2.4102
Susanti, M. M. I. (2019). Perbedaan Persepsi Guru Sekolah Dasar Berdasarkan Lama Mengajar Tentang Kurikulum 2013. Elementary, 1(2), 12–21. http://repository.usd.ac.id/id/eprint/33233
Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Research and Development (R & D). In R. A. Kusumaningtyas (Ed.), Bumi Aksara (1st ed.). PT Cahaya Prima Sentosa.