IMPLEMENTASI MODEL PRO GINTAMA MUATAN PPKN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KELAS IV SD
Keywords:
Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, PRO GINTAMAAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 CEMPAKA Banjarbaru, berjumlah 22 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan, semester II tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh persentase 60%, pertemuan 2 memperoleh persentase 86% dan pertemuan 3 memperoleh persentase 93% dengar kriteria sangat aktif dan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh persentase 75%, pertemuan 2 memperoleh persentase 85% dan pertemuan 3 memperoleh persentase 90% telah mencapai ketutasan klasikal. Pembelajaran muatan PPKn Tema 7 Keragaman Negeriku menggunakan model PRO GINTAMA disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi dan hasil belajar.
References
Afridha, S., Agusta, A. R., & Pratiwi, D. A. (2022). Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Dan Lambang Bilangan Menggunakan Kombinasi Model Kearipan. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 52–65.
Agusta, A. R., Noorhapizah, & Arlinda, R. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Benda-benda di Sekitar Kita Muatan PPKN Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT), dan Snowball Throwing Pada Siswa Kelas V SDN Pangeran 1 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 1–10. https://www.rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/795
Ainayya, F. (2022). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Muatan PPKn dengan Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Picture and Picture dan Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas V SDN Beringin Kecamatan Alalak.
Aminah, S., Ramawani, N., Azura, N., Fronika, S., & Meitha, S. (2022). Pengaruh Metode Belajar Sambil Bermain Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Dasar. Science and Education Journal Vol 1 No 2 (Oktober, 2022) E-ISSN, 1(2), 465–471. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19412
Aslamiah, & Pratiwi, D. A. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Keputusan Bersama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) Variasi dengan Model Snowball Throwing dan Media Audio Visual pada Siswa Kelas V SDN Sungai Miai 2 Banjarmasin. Paradigma, 8(1), 15–19.
Aslamiah, Sin, I., Pratiwi, D. A., & Miliyawati, D. (2018). Efforts to Develop Religious and Moral Value Ability ( Identify Know Salah Times ) Using a Combination of Rhyming Method and Make A Match Model. 25–34.
Aulia, R. N., Rahmawati, R., & Permana, D. (2020). Peranan Penting Evaluasi Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA, 2(1), 1–9. https://belaindika.nusaputra.ac.id/article/view/22
Dakhlan, Z., Aslamiah, & Cinantya, C. (2021). Meningkatkan Aktivitas, Disiplin Dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPS Materi Kegiatan Ekonomi Menggunakan Model Gintama (Group Investigation, Number Head Together Dan Make A Match) Pada Siswa Kelas Iv Sdn Kuin Utara 1 Banjarmasin. Seminar Nasional Kolaborasi.
Darmiyati, H., & Metroyadi, N. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Materi Perkembangan Teknologi Komunikasi Melalui Model Group Investigation di Kelas IV SDN Paharangan I Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1).
Gule, Y. (2022). Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Tinjauan Melalui Kompetensi Sosial Dan Keteladanan Guru) (Kodri (ed.)). CV. Adanu Abimata.
Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP
Ishak, A. P., Afifah, R. N., & Kamelia, S. Q. (2021). Strategi Belajar Sambil Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Terhadap Anak pada Masa Pandemi di Desa Leuwigoong. Procedings UIN SUNAN GUNUNG DJATI Bandung, 1(87), 138–145. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1166
Jannah, F., & Fahlevi, R. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction Dikombinasikan dengan Group Investigation dalam Hasil Belajar Siswa pada Materi Organisasi Pemerintahan Pusat di Kelas IV SDN 2 Telang Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Rosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 73–80.
Jediut, M., Sennen, E., & Ameli, C. V. (2021). Manfaat Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sd Selama Pandemi Covid-19 (the Advantages of Using Digital Learning Media in Increasing Learning Motivation of Elementary School Students During the Covid-19 Pandemic). Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 1–5.
Lam’ah, & Dewi, D. F. (2022). Penerapan Model Investigasi Kelompok Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(1), 83–93. https://doi.org/https://doi.org/10.32696/pgsd.v4i1.1394
Maulana, Z., Fauzi, Z. A., & Asniwati. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan PPkn Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Problem Based Learning, Mind Mapping Dan Word Square Di Kelas IV SDN Sungai Pantai 2 Barito Kuala. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(2), 167. https://rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/793
Metroyadi, Pratiwi, D. A., & Shalilah, M. (2019). Implementasi Kombinasi Model Pembelajaran Think, Pairs And Share (TPS), Cooperative Script Dan Make A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V SDN Kelayan Timur 12 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 151–166. https://www.rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/811
Noorhapizah, Riandy, A., & Pratiwi, D. A. (2021). Developing Blended Learning Model GAWI SABUMI Based on Ecopedagogy Study to Improve Ecological Awareness and Industrial Revolution 4.0 Skills on Elementary Education. Proceedings of the 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020), 525(Icsse 2020), 104–119. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210222.015
Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323
Prastitasari, H., Fitria, M., Annisa, M., & Prihandoko, Y. (2022). Peningkatan Prestasi Matematika Siswa Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Pbl , Sr Dan Qod. 11(December), 1792–1804.
Puspaningrum, D. I., Wijayanto, M. N., & Setiawaty, R. (2022). Model NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar ( Literature Review ). Seminar Nasional LPPM UMMAT, 1, 183–200. http://journal.ummat.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/9454
Rahima, L., Fauzi, Z. A., & Asniwati. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan Ppkn Materi Keberagaman Karakteristik Individu Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (Pbl), Numbered Heads Together (Nht), Dan Make A Match Pada Kelas Iv Sdn Pekauman 3. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1). https://rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/814
Rifdhony Saputra, M. (2021). MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAGANG PADA SISWA KELAS V SDN KARANG INDAH MADASTANA. http://digilib.ulm.ac.id/archive/u-member/panel.php?catalogue=udigital&v=detail&code=16918
Sanjaya, W. (2020). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (W. Endang (ed.); 13th ed.). KENCANA.
Saputra, H. (2020). “Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning).” https://doi.org/10.17605/OSF.IO/GD8EA
Sari, R., Jannah, F., & Rahmi, N. (2023). Menggunakan Model Ground Peat Untuk Siswa Sekolah Dasar Increase Activities , Motivation And Learning Outcomes Using The Ground Peat Model For. 1(01), 47–62. https://dikseda.winayailmu.id/index.php/1/article/view/5/5
Suhaimi, & Nasidawati. (2020). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Materi Bangun Ruang Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Numbered Head Together Dan Course Review Horay Dengan Media Bangun Ruang Kelas V/C Sdn Handil Bakti Kabupaten Barito Kuala. Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2), 74–86.
Suhaimi, & Putri, A. (2019). Implementasi Kombinasi Model Team Assisted Individualization, Numbered Head Together, Team Games Tournament untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Sisiwa PKn pada Siswa Kelas V SDN Pengambangan 9 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 167–178. https://www.rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/812
Suriansyah, A., & Amelia, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Ips Menggunakan Kombinasi Model Think Pair And Share (TPS), Mind Mapping Dan Course Review Hooray (CRH) Pada Siswa Kelas Iv Sdn Pemakuan Kabupaten Banjar. 5(2), 25–32. https://www.rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/779
Suriansyah, A., Amelia, R., & Lestari, M. A. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Think Pair And Share (TPS) dan Teams Games Tournament (TGT) di Kelas VB SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 27–36. https://www.rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/797
Wijaya, R., Fahreza, F., & Kistian, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Mengembangkan Karakter Toleransi dan Demokratis Siswa pada Pelajaran PKN Kelas V DI SD Negeri Paya Peunaga. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 49–60.