IMPLEMENTASI MODEL PEMIMPIN BERBANTUAN MEDIA VR BOX DAN APLIKASI KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV
Keywords:
Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Vr Box, Kahoot, PemimpinAbstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa dan motivasi belajar siswa yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dalam muatan PPKn. Hal ini dikarenakan tidak banyak kegiatan atau minim aktivitas selama proses pembelajaran yang membosankan dan tidak menyenangkan. Memanfaatkan media VR box dan aplikasi Kahoot, model pembelajaran PEMIMPIN menjadi salah satu upaya yang dilakukan. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa, meningkatkan motivasi siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis PTK. Selama tahun pelajaran 2022/23, 15 siswa kelas IVB di SDN Gambut 2 Kabupaten Banjar dijadikan sebagai subjek penelitian. Data kualitatif merupakan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini. Mengamati aktivitas guru, siswa, dan motivasi belajar mereka menghasilkan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan guru pada kelompok I sampai IV mendapat kaidah “sangat baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I sampai IV berkembang dari aturan “sangat aktif” menjadi “sangat aktif”. Pada pertemuan I sampai IV, kemampuan berpikir kritis meningkat dari "kurang terampil" menjadi "sangat terampil". Pada pertemuan I sampai IV, keterampilan komunikasi meningkat dari "kurang terampil" menjadi "sangat terampil". Terdapat peningkatan yang klasik dalam hal ini sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar afektif, kognitif, dan psikomotorik siswa pada pertemuan I sampai dengan IV. Dapat disimpulkan bahwa model PEMIMPIN dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan motivasi belajar siswa serta hasil belajar siswa.
References
Agusta, Akhmad Riandy, Nana Citrawati Lestari, Ahmad Suriansyah, Nofirman, And Trisna Rukhmana. 2022. “Pendidikan Inspiratif Era Cybernetics (Strategi Menjadikan Iklim Pembelajaran Bermakna Di Era Digital).” Jurnal Pendidikn Dan Konseling 4(5):4303–11.
Alfansyur, Andarusni, And Maryani. 2019. “Pemanfaatan Media Berbasis Ict ‘ Kahoot ’ Dalam Pembelajaran Ppkn Untuk Meningkatkan Motivasi.” Jurna Bhineka Tunggal Ika 6(2):208–16.
Alpian, Yayan, Sri Wulan Aggraeni, Unika Wiharti, And Nizamah Maratos Soleha. 2019. “PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA.” Carbohydrate Polymers 6(1):5–10.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asniwati, Zain Ahmad Fauzi, And Line Rahima. 2019. “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan Ppkn Materi Keberagaman Karakteristik Individu Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Numbered Heads Together (NHT), Dan Make A Match Pada Kelas IV SDN Pekauman 3.” Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM 5(1):155–66.
Bibic, Lucka, Justinas Druskis, Samuel Walpole, Jesus Angulo, And Leanne Stokes. 2019. “Bug Off Pain: An Educational Virtual Reality Game On Spider Venoms And Chronic Pain For Public Engagement.” Journal Of Chemical Education 96(7):1486–90. Doi: 10.1021/Acs.Jchemed.8b00905.
Daeng Pawero, Abdul Muis Vangino. 2018. “Analisis Kritis Kebijakan Kurikulum Antara KBK, KTSP, Dan K-13.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 12(1):42. Doi: 10.30984/Jii.V12i1.889.
Damayanti, Irani Putri, Firda Widya Sari, And Wulan Sutriyani. 2022. “Peran Guru Dalam Menerapkan Model Kooperatif Learning Tipe NHT (Numbered Head Together) Di Sekolah Dasar.” Jurnal Humaniora Dan Ilmu Pendidikan 2(1):13–23. Doi: 10.35912/Jahidik.V2i1.1268.
Damayanti, Nadhira Aisyah, And Retno Mustika Dewi. 2021. “Pengembangan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Siswa.” EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan 3(4):1647–59.
Darmiyati, And Shinta Elisa. 2018. “J-Instech : Journal Of Instructional Technology J-Instech : Journal Of Tec Jurnal Teknologi Pendidikan Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Perkalian Dan Pembagian Pecahan Melalui Model Demonstrasi Kombinasi Dengan Problem Based Learning D.” 1(1):11.
Fathi, Muhammad, Nur Fadly, And Prima Mutia Sari. 2022. “Persepsi Siswa Terhadap Pemanfaatan Kahoot Dan Quizizz Dalam Pembelajaran Di Kelas Iv Sekolah Dasar.” 8(4):1029–37.
Fauhah, Homroul, And Brillian Rosy. 2020. “Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 9(2):321–34. Doi: 10.26740/Jpap.V9n2.P321-334.
Fazriyah, Nurul, Aas Saraswati, Jaka Permana, And Rina Indriani. 2020. “Penggunaan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Media Dan Sumber Pembelajaran Sd.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 6(1):139–47. Doi: 10.36989/Didaktik.V6i1.119.
Fuad, Zainul. 2018. “Penggunaan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik.” Pgmi 1(1):46–59.
Galuh, Azahra Dewanti, Delia Maharani, Latifah Meynawati, Dinie Anggraeni, And Yayang Furi Furnamasari. 2021. “Urgensi Nilai Dan Moral Dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(6):5169–78. Doi: 10.31004/Basicedu.V5i6.1598.
Gaol, Rumiris Lumban, And Ester Julinda Simarmata. 2019. “Efektivitas Bahan Ajar Tematik Sekolah Dasar Berbasis Budaya Lokal Melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa.” Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan 3(4):1032–35.
Ikhwandari, Lely Afni, Nyoto Harjono, And Gamaliel Septian Airlanda. 2019. “Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Dengan Model Numbered Heads Together (NHT).” Jurnal Basicedu 3(4):2101–12.
Licorish, Sherlock A., Jade Li George, Helen E. Owen, And Ben Daniel. 2017. “‘Go Kahoot!’ Enriching Classroom Engagement, Motivation And Learning Experience With Games.” Proceedings Of The 25th International Conference On Computers In Education, ICCE 2017 - Main Conference Proceedings (December):755–64.
Mardhiyah, Rifa Hanifa, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, And Muhammad Rizal Zulfikar. 2021. “Pentingnya Keterampilan Belajar Di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia.” 12(1):187–93.
Mayasari, Tantri, Asep Kadarohman, Dadi Rusdiana, And Ida Kaniawati. 2016. “Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21?” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK) 2(1):48. Doi: 10.25273/Jpfk.V2i1.24.
Metroyadi, Diani Ayu Pratiwi, And Faisal Adenan. 2019. “Implementasi Kombinasi Model Auditory, Intellectually, Repitition (Air), Mind Mapping Dan Course Review Horay (Crh) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas Iva Sdn Sungai Lulut 5 Kota.” Paper Knowledge . Toward A Media History Of Documents 5(2):77–88.
Mohammad, Marwah Mariam, And Prima Mutia Sari. 2021. “Efektivitas Kuis Interaktif Aplikasi Kahoot Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio 7(3):1194–98. Doi: 10.31949/Educatio.V7i3.1324.
Mutiani, Mutiani, Nana Supriatna, Ersis Warmansyah Abbas, Tika Puspita Widya Rini, And Bambang Subiyakto. 2021. “Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK): A Discursions In Learning Innovation On Social Studies.” The Innovation Of Social Studies Journal 2(2):135. Doi: 10.20527/Iis.V2i2.3073.
Noorhapizah, Akhmad Riandy Agusta, And Diani Ayu Pratiwi. 2020. “Learning Material Development Containing Critical Thinking And Creative Thinking Skills Based On Local Wisdom.” 501:43–57. Doi: 10.2991/Assehr.K.201204.007.
Permatasari, Silvia, Zulhafizh, Elvrin Septyanti, Tria Putri Mustika, Oki Rasdana, Piki Setri Pernantah, And Miftah Rizka. 2023. “Asesmen Digital Berbasis Kahoot Dalam Evaluasi Pembelajaran.” 6(4):2710–14.
Putri, Dhara Atika, And Taufina. 2020. “Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Make A Match Di Sekolah Dasar.” Jurnal BASICEDU 4(4):1201–11.
Rafnis. 2018. “Pemanfaatan Platform Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif.” E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 6(2):1–9.
Rahmawati, Siti, Putri Anggun Paradia, And Faiq Makhdum Noor. 2021. “Meta Analisis Media Pembelajaran Ipa Smp/Mts Berbasis Virtual Reality.” OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika 5(1):12–25. Doi: 10.37478/Optika.V5i1.752.
Ramadhani, M. Ihsan. 2021. “Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Pada Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3(4):1594–1601. Doi: 10.31004/Edukatif.V3i5.747.
Rini, Candra Puspita. 2018. “Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Siswa Kelas Iv Mi Daarul Ilmi Kabupaten Tangerang.” JTIEE (Journal Of Teaching In Elementary Education) 2(2):153–59.
Sania Putriana, Neviyarni, Irdamurni. 2021. “Perkembangan Intelektual Pada Usia Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(2019):1771–77.
Santoso, Budi, Desy Hanisa Putri, And Rosane Medriati. 2020. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Alat Peraga Konsep Gerak Lurus.” Jurnal Kumparan Fisika 3(1):11–18. Doi: 10.33369/Jkf.3.1.11-18.
Sudewiputri, Made Padmarani, And I. Made Aditya Dharma. 2021. “Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPA.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 4(3):427. Doi: 10.23887/Jp2.V4i2.38900.
Supriadi, Mardiki, And L. Virginayoga Hignasari. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar.” KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer) 3(1):578–81. Doi: 10.30865/Komik.V3i1.1662.
Uswatunisa, Karmila, Aslamiah, And Rizky Amelia. 2020. “Meningkatkan Aktivitas, Motivasi Dan Hasil Belajar Muatan IPS Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Menggunakan Model Barakat Cangkal (Belajar Aktif Berbasis Investigasi Secara Kelompok Menggunakan Yel-Yel) Pada Siswa Kelas IVB SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasi.” Seminar Nasional Kolaborasi PGSD, Magister Manajemen Pendidikan, PG PAUD, Dan Magister PG PAUD Universitas Lambung Mangkurat 115–24.
Utari, Dwi, And Elpri Darta Putra. 2021. “Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri.” Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 13(2):491–502. Doi: 10.37680/Qalamuna.V13i2.1015.
Wijanarko, Yudi. 2017. “Model Pembelajaran Make A Match Untuk Pembelajaran Ipa Yang Menyenangkan.” Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 1(1):52–59. Doi: 10.30738/Tc.V1i1.1579.
Wiradhika, Nanda, Andoyo Sastromiharjo, And Yeti Mulyati. 2021. Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa.
Yuhana, Asep Nanang, And Fadlilah Aisah Aminy. 2019. “Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor Dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7(1):79. Doi: 10.36667/Jppi.V7i1.357.