MANAJEMEN MEDIA DIGITAL JURNAL GARUT DALAM MENJALANKAN MEDIAPRENEUR PIKIRAN RAKYAT

Main Article Content

Feri Purnama
Zikri Fachrul Nurhadi
Yandi Hermawandi
Desi Sapitri

Abstract

Munculnya berbagai banyak media di tengah perkembangan teknologi apalagi Pikiran Rakyat yang saat ini membuka jaringan untuk bermitra bisnis media online di setiap daerah dengan berbagai nama dan sajian informasi. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan fungsi manajemen jurnalisme di media Jurnal Garut dengan fokus penelitian bagaimana manajemen jurnalisme dalam media digital portal Jurnal Garut sebagai mitra Pikiran Rakyat media network menjalankan mediapreneur di Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi, untuk subjek penelitian yaitu Jurnal Garut yakni pimpinan redaksi, CEO Jurnal Garut, editor, dan narasumber dari media Pikiran Rakyat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti menjelaskan sesuai dengan teori POAC yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dalam mengimplementasikan manajemen jurnalisme media digital. Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen perusahaanya hampir sama dengan perusahaan lain hanya saja memang mediapreneur Pikiran Rakyat Media Network konsep bisnisnya relatif baru.

Article Details

How to Cite
Purnama, F., Fachrul Nurhadi, Z. ., Hermawandi, Y. ., & Sapitri, D. . (2023). MANAJEMEN MEDIA DIGITAL JURNAL GARUT DALAM MENJALANKAN MEDIAPRENEUR PIKIRAN RAKYAT. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(6), 938–947. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3205
Section
Articles

References

Anggiato , A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Agus Muhamad Nadin, Gunawan ikhtihono, 2019 tentang : Manajemen media massa menghadapi persaingan media online

Bambang mbk, 2019 Mengupayakan Manajemen Media Massa Yang Menghargai Jurnalis Hartinah Sansui Tentang : Manajemen Media Televisi Fajar Tv

Cawidu, I. (2022). Kebijakan Kompensasi Wartawan Berdasarkan Performa Kinerja Pada Media Online SeputarTangsel. com (Bachelor's thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Dewi Sadiah, D. (2015). Metode penelitian dakwah pendekatan kualitatif dan kuantitatif.

Fahira F. Setiawati C. I. (2020). Analisis kualitas website pikiran rakyat.com sebagai portal berita dengan menggunakan metode importance performance analysi, e-proceeding of Management : Vol.7, No.2 Universitas Telkom.

Fakhrulraji. (2019). Manajemen Redaksi pada portal berita media berita www.Lpmdinamika.co dalan memenuhi kebutuhan informasi kampus bagi mahasiswa UINSU Fakultas Ilmu Komunikasi.Universitas islam Negri Sumatra Utra Medan

Idhar Resmadi, Sonny yuliar. 2014. Kajian Difusi Konvergensi Media Di Harian Pikiran Rakyat. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2014.13.25

Jauhari, T. (2017). Pengelolaan Portal Berita Online dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Supremasi Hukum: Jurnal Kajian Ilmu Hukum, 6(2).

Junaedi, F. (2018). Manajemen Media Massa. Yogyakarta: Buku Litera.

Mustikasari Reni (2021) Strategi Manajemen Komunikasi Media Online Cerdik Indonesia Dalam Mengatasi Persaingan Antarmedia Online. Website: https://ojs.unikom.ac.id/index.php/common.

Mustikasari, R., Zakiah, K., & Rantona, S. (2021). Strategi Manajemen Komunikasi Media Online Cerdik Indonesia Dalam Mengatasi Persaingan Antarmedia Online. Jurnal Common, 5(2), 192-200.

Muammar, I. (2015). Manajemen Komunikasi Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Dalam Pelaksanan Pekan Budaya Daerah (Birau) 2014 Di Kabupaten Bulungan. eJurnal Ilmu Komunikasi, 3, 386-401.

Nadin, A. M., & Ikhtiono, G. (2019). Manajemen Media Massa Menghadapi Persaingan Media Online. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Da'wah, 3(1), 206-213.

Nurhalida, S. A., Hidayat, D. R., & Yudhapramesti, P. (2020). Manajemen Media The Conversation Indonesia Sebagai Media Baru. Jurnal Jurnalisa, 6(1).

Nurudin. (2013). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali.

Resmadi, I., & Yuliar, S. (2014). Kajian difusi inovasi konvergensi media di harian pikiran rakyat. Jurnal Sosioteknologi, 13(2), 110-118.

Susanto, A. (2022). Penerapan Prinsip POACE (Planning, Organizing, Actuating, Controling, Evaluation) dalam Pemberdayaan Masyarakat. INTELEKSIA-Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah, 4(2), 293-312.

Waluyo, D. (2018). Makna Jurnalisme dalam era digital: Suatu Peluang Dan Transformasi . Jurnal Media Dan Komuniasi

Waluyo, D. (2019). Pemahaman dan Praktik Komunikasi Politik Indonesia di Era Digital. Jurnal Diakom| Vol, 2(2), 167-175.