IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN METODE IQRO’ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SANTRIWATI I’DADI DI LEMBAGA TMI AL-AMIEN PRENDUAN TAHUN 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.32670/ht.v2i2.2861Keywords:
Pembelajaran; Iqra’; Kemampuan Membaca; Al-Qura’an; SantriwatiAbstract
Menyempurnakan bacaan Al-Qur’an adalah kewajiaban setiap muslim, sehingga dibutuhkan metode pembelajaran yang paling efektif untuk merealisasikannya, namun kenyataan yang terjadi di TMI putri Al-Amien Prenduan adanya beberapa santriwati yang belum sempurna dalam membaca Al-qur’an. Sehingga lembaga TMI Al-Amien Prenduan memutuskan untuk menggunakan metode Iqro’ bagi santriwati baru khususnya dalam rangka menyempurnakan bacaan Al-Qur’an mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran metode Iqro’ yang dilaksanakan di lembaga TMI putri Al-Amien Prenduan, dan peneliti jabarkan dalam dua fokus yaitu: 1.Bagaimana Implementasi pembelajaran metode Iqro’ dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada santriwati I’dadi. 2. Apa saja faktor pendukung dan penghambat Implementasi pembelajaran metode Iqro’ dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada santriwati I’dadi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulakan bahwa Implementasi pembelajaran metode Iqro’ pada santriwati I’dadi ini ini sangat bagus, dimulai dari sebuah perencanan yang baik kemudian pelaksanaan yang maksimal dan di akhiri dengan evaluasi. Adapun Faktor pendukung implementasi pembelajaran metode Iqro’ ini khususnya pada santriwati I’dadi adalah adanya motivasi yang diberikan guru terhadap santriwatinya serta cara mengajar guru yang tidak membosankan. adapun faktor penghambatnya yakni adanya guru yang kurang disiplin, santriwati yang sering lupa akan materi yang sudah dipelajarinya, dan tidak disediakannya buku Iqro’ di tempat pembelajaran
References
Abd Mu’in, Muhtadi. Peneliti Untuk Pemula. Sumenep : Al amien Prenduan. 2012.
Ahmad, Rudi, Suyadi. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta : Deepublish. 2018
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.
Bashiruddin, Jenny “ Meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan metode Iqro’ untuk anak usia 3-10 tahun”, Jurnal Pemberdayaan masyarakat berkarakter, vol.4, 2020
Budiyanto, M Prinsip-Prinsip Metodelogi Buku Iqro’ cara cepat belajar membaca Al-Qur’an Yogyakarta :Team Tadarus “AMM” 1995.
Gunarsi, Singgih. Psikologi perkembangan anak dan remaja. Jakarta : Gunung Mulia, 2008.201
Idris, Muhammad, Jauhari TMI Tarbiyatul Mu’allimien Al-Islamiyah Apa, Siapa, Mana, Kapan, Bagaimana, dan Mengapa? Sumenep: Al-Amien Prenduan, n.d., 1.
Ihsan Siregar, “Penerapan Metode Iqro’ Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Membaca Al- Qur’an Murid MDA Muhammadiyah Bonan Dolok Oleh: Ihsan Siregar ( Dosen Prodi PGMI, Fakultas Agama Islam, UMTS ),” Al-Muaddib, vol.3, no. 1 2018.
Mahdali, Fitriyah “Analisis kemampuan membaca Al-qur’an dalam perspektif sosiologi pengetahuan“, Mashdar. Jurnal Studi Al-qur’an dan hadits . vol.2, no. 2, 2022
Moleong, J Lexy. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosda Karya, 2014.
Nasution, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Menagajar Jakarta: PT.Bina Akasar, 1989, Jurnal. 101.
Rahmawati, Yeni “Penerapan Metode Iqro’ dalam Pembelajaran Membaca Al Qur’an Di TPQ Al Husaini Rejasari Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas” Jurnal 2017.
Ridwan. Statiska Untuk Lembaga Dan Instansi Pemerintah/Swasta Bandung: Alfabeta, 2004.
Suardi, Moh. Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta : Deeplubish, 2018
Ulfah, Tsaqiyya, Muhammad Shaleh Assingkily, dan Izzaodetin kamala. “Implementasi Metode Iqro’ dalam pembelajaran Membaca Al-Qur’an”. TADIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol.2, no. 2 (2019):44.