STUDI LITERATUR MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

Main Article Content

Meylan Ulina Br Siahaan
Nurliani Manurung

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tentang studi pustaka model pembelajaran Treffinger untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), dengan tujuan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran dan effect size pada model pembelajaran Treffinger terdapat kemampuan berpikir kretaif siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian secara studi kepustakaan atau Library Research dan dilaksanakan di rumah peneliti. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles and Huberman. Sumber kepustakaan yang dipilih terdiri dari 5 jurnal penelitian yang berkaitan dengan judul peneliti untuk kemudian dibaca dan dikaji. Setelah data terkumpul, dilakukan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari analisis yang ditemukan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model treffinger lebih baik dari pada kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional.

Article Details

How to Cite
Siahaan, M. U. B. ., & Manurung, N. . (2022). STUDI LITERATUR MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(10), 1456–1463. https://doi.org/10.32670/ht.v1i10.2169
Section
Articles

References

Cipta, E. S., & Ida, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa. Journal of Mathematics Learning, 2(1), 18-28.

Effendi, L.A. (2012). Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2): 1-10

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Isnaini, I., Duskri, M., & Munzir, S. (2016). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Model Pembelajaran Treffinger. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 15-25.

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Rifa'i, R., Sujana, A., & Romdonah, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Analisa, 6(1), 1-9.

Rochaya, M., Fatah, A., & Rafianti, I. (2019). Pendekatan Pemecahan Masalah Dalam Setting Model Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kejujuran. In Seminar & Conference Proceedings Of Umt.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sumarmo, U. dkk. (2002). Alternatif Pembelajaran Matematika dalam Menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada. Media Group.

Tadjuddin, N., Mustari, M., & Puspita, M. (2020). Model Treffinger: Pengaruh terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Bunyi. U-Teach: Journal Education of Young Physics Teacher, 1(1), 35-45.

Zed, Mestika. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.