PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMPN 5 MANDAU PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Main Article Content

Debby Meutiara Sari
Dian Armanto
Marojahan Panjaitan

Abstract

Penelitian berlatar belakang karena rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bangun ruang sisi datar dengan diterapkannya model discovery learning berbantuan geogebra di kelas VIII SMPN 5 Mandau. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini ialah siswa kelas VIII-1 SMPN 5 Mandau yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan lembar observasi guru dan siswa, serta tes kemampuan berpikir kritis siswa. Tes dilakukan sebanyak 3 kali, yaitu tes awal, tes kemampuan berpikir kritis I dan II. Pada tes awal sebelum diberikannya tindakan, terlihat bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masuk kedalam kategori sangat tidak kritis. Setelah diberikannya tindakan pada siklus I dan II, terlihat suatu peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa antara tes awal dengan tes kemampuan I, serta ke tes kemampuan II. Pada siklus I hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa secara klasikal sebesar 62,96%, dimana terjadi peningkatan sebesar 62,96% dari 0%. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 22,22% yaitu 85,18%. Dengan meningkatnya rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa dan tercapainya kriteria ketuntasan klasikal maka disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berbantuan geogebra dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMPN 5 Mandau.

Article Details

How to Cite
Meutiara Sari, D. ., Armanto, D. ., & Panjaitan, M. . (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMPN 5 MANDAU PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1), 111–120. https://doi.org/10.32670/ht.v2i1.2634
Section
Articles

References

Aghnia,E.(2014).Pengaruh penggunaan Mode Discovery Learning Terhadap Aktivitas dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.Skripsi.Universitas Lampung:Bandar Lampung.

Arikunto,S.,dkk.(2019).Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:PT Bumi Aksara.

Farib,P M.,dkk(2019). Proses Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Discovery Learning.Jurnal Riset Pendidikan Matematika.6(1).

Haeruman,L D.,dkk.(2017)Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Confidence Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMA di Bogor Timur.JPPM.10(2).

Hasratuddin.(2015).Mengapa Harus Belajar Matematika?.Medan:Perdana Publishing.

Hidayat,F N.,Muh T.(2015).Geogebra Untuk Pembelajaran Matematika (Dasar).Yogyakarta:Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Istarani.(2017).58 Model Pembelajaran Inovatif.Medan:Media Persada.

Ilahi,M T.(2016).Pembelajaran Discovery Strategy & Mental Vacational Skill.Yogyakarta:DIVA Press.

Japa,N.,dkk.(2017).Media Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika.International Journal Of Natural Science and Enginering.1(2).40-47.

Minarni,A.,dkk.(2020).Kemampuan Berpikir Matematis Dan Aspek Afektif Siswa.Medan:Harahap Cerdas Publisher.

Muslim,A.(2017).Hakikat Matematika dan Pembelajaran Matematika SD.Bandung:UPI Pers.

Oktaviani,W.,dkk.)2018).Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD.Jurnal Basicedu.2(2).5-10.

Prasati,D E.,dkk.(2019).Peningkatan Keterampilan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Discovery Learning Kelas IV SD.Jurnal Basicedu.3(1).174-179.

Rahadyan,A.,dkk.(2018).Penggunaan Aplikasi Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Pertama.Jurnal PKM.1(1).11-19.

Slameto.(2015).Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi.Jakarta:Rineka Cipta.

Susanto,A.(2013).Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar:Jakarta: Prenadamedia Group.

Syamsu,F D.(2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa.Genta Mulia.11(1).ISSN: 2301-6671.

Trianto.(2009).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.Jakarta:Kencana.

Wati,D A.,dkk.((2018).Efektifitas Antara Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Model Pembelajaran Pair Check Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII.Media Penelitian Pendidikan.12(1).