IMPLEMENTASI MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VII SMP

Main Article Content

Tsuwaibatul Aslamiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi model Guided Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi bangun datar di kelas VII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), pada SMP Negeri 1 Bandar Khalifah. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. iDari ihasil ites kemampuan komunikasi matematis yang diberikan kepada siswa pada siklus I idiperoleh nilai rata-rata i65,26 dan meningkat pada siklus II yaitu sebesar i89,39 sehingga diperoleh peningkatan rata-rata sebesar i24,13. Selain itu diperoleh peningkatan ketuntasan belajar pada isiklus iI idiperoleh i15 orang siswa (48,39%) dan pada siklus II diperoleh i28 orang siswa (90,32%) sehingga diperoleh peningkatan sebesar i13 orang siswa (41,93%) dan isudah mencukupi syarat ketuntasaniklasikaliyaitu ≥85% isiswa yang mencapai tes kemampuan komunikasi matematis ≥70. Berdasarkan Gain skor diperolehipeningkatanirata-rataisebesar 0,69 yaitu dalam kategori sedang.

Article Details

How to Cite
Aslamiyah, T. . (2022). IMPLEMENTASI MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VII SMP. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1), 135–144. https://doi.org/10.32670/ht.v2i1.2639
Section
Articles

References

Arikunto,S., Suhardjono, & Supardi., (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Astuti, A., & Leonard., (2015). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif. Vol.2, No.2.

Hasratuddin, (2015). Mengapa Harus Belajar Matematika?. Medan: Perdana Publishing.

Illahi, M.T., (2016). Pembelajaran Discovery Strategy & Mental Vocational Skill. Yogyakarta : DIVA Press.

Isrok’atun., & Rosmala,A., (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Maula, I., (2019) Pembelajaran Matematika Guided Discovery. Sleman: Ar-ruzz Media.

Minarni,A.,& Napitupulu,E., (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontruktivisme. Medan: Globe Edit.

Susanto, A., (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Trianto, (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/ KTI). Jakarta: Kencana.

Ubaidah, N., & Aminudin, M., (2018). Penerapan Pembelajaran Guided Discovery Learning Berbantuan Shapes Doll Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Didaktik Matematika. Vol. 1, No.1.